Kota Jogja memiliki banyak tempat makan dan restoran yang menarik dan terkenal dengan kelezatan hidangannya, serta ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Tidak heran jika wisatawan selalu mampir ke Jogja untuk mencicipi kuliner khasnya.

Jogja menjadi kota yang paling favorit bagi wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur. Di samping objek wisatanya yang beragam, berbagai tempat makan yang murah dan lezat mudah untuk ditemukan. Tahukan Anda dimana saja rumah makan dan restoran yang terkenal enak di Jogja? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. House of Raminten

House Of Raminten
Image Credit: Google Maps (Erry Putri .A)

Rumah makan pertama yang sangat terkenal di Jogja adalah House of Raminten. Destinasi kuliner yang satu ini terkenal akan kelezatan olahan tradisionalnya. Meskipun desain interiornya terlihat kebarat baratan, para pelayan yang bertugas menggunakan pakaian tradisional. Hal yang lebih unik lagi, di setiap meja terdapat sebuah kentongan untuk memanggil mereka.

Makanan yang terkenal dan menjadi andalan di sana adalah nasi brongkos. Sedangkan camilan yang bisa Anda coba adalah bola tahu. Di samping makanannya, Anda juga bisa memesan wedang sereh sebagai minumannya. Rasanya yang hangat dan khas akan membuat momen makan bareng bersama dengan keluarga jauh lebih berkesan.

Lokasi: Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

2. Bong Kopitown

Bong Kopitown
Image Credit: Google Maps (djeto catur)

Bong Kopitown merupakan sebuah rumah makan yang memberikan sensasi berbeda kepada pelanggannya. Bagaimana tidak? Anda dapat merasakan sensasi makan di dalam penjara. Meskipun bukan penjara sesungguhnya, desain interior yang dilengkapi jeruji setidaknya memberikan kesan semacam itu.

Menu yang mereka tawarkan juga sangat beragam. Daftar olahan tersebut tidak ditulis dalam sebuah buku seperti biasanya, melainkan menggunakan bentuk koran. Hal ini cukup unik karena tidak semua rumah makan memberikan katalog menu dengan cara seperti ini. Penyajian makanannya juga unik karena menggunakan piring berbahan seng.

Menu favorit yang bisa Anda temukan di sana contohnya adalah Penang Fried Noodle, Chicken atau Beef Rice Claypot, dan Singapore Laksa Noodle. Makanan tersebut dimasak dengan baik sehingga cita rasa yang dihasilkan sangat lezat. Berbagai rempahnya menyatu dengan baik sehingga menghasilkan kudapan yang dijamin menggoyang lidah.

Lokasi: Jl. Sagan Kidul No.4, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

3. The Captain Urban Lounge

The Captain Urban Lounge
Image Credit: Google Maps (jojo jojo)

Restoran unik yang tak kalah terkenal di jogja adalah The Captain Urban Lounge. Desain rumah makannya yang menggunakan bagian kokpit pesawat membuatnya berbeda dengan restoran yang lain. Bagian kokpit inilah yang menjadi pintu masuk menuju ruangan di dalam resto tersebut. Pengalaman semacam ini terbukti mampu menarik banyak pelanggan.

Rumah makan tersebut menggunakan desain pesawat Fokker 28 dan di bagian dalamnya terdapat sebuah live music yang menyuguhkan alunan melodi yang mampu membangkitkan mood konsumen. Makanan yang mereka sajikan juga memiliki rasa yang lezat sehingga dijamin tidak membuat pelanggan merasa kecewa.

Lokasi: Jl. Damai No.41, Sari Harjo, Ngaglik, Wonorejo, Sariharjo, Kec. Sleman, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

4. Kastil Mang Engking

Kastil Mang Engking
Image Credit: Google Maps (Stella Elizabeth)

Sesuai dengan namanya, Kastil Mang Engking merupakan sebuah tempat makan yang menggunakan desain eksterior dan interior menyerupai sebuah kastil di negeri dongeng. Keunikannya inilah yang mampu memberikan pengalaman bagi Anda untuk menjadi raja dan ratu sehari sehingga tidak heran jika lokasi ini cukup ramai pengunjung.

Selain keunikannya itu, tempat tersebut menjadi surganya pecinta seafood. Anda dapat menemukan berbagai olahan berbahan ikan, udang, kepiting, hingga cumi cumi. Bumbu yang digunakan cukup kuat sehingga tidak akan meninggalkan rasa atau bau amis. Kualitas bahan bahannya tidak main main sehingga makanan yang dihasilkan selalu lezat.

Lokasi: Jl. Soragan No.13, Kembang, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

5. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong
Image Credit: Google Maps (Michaela Meme)

Bagi Anda yang merupakan penggemar sate, tidak ada salahnya untuk mampir ke Sate Klathak Pak Pong. Olahan ini merupakan kuliner khas Jogja bagian selatan. Kudapan tradisional yang disediakan oleh resto tersebut memiliki cita rasa yang otentik sehingga sangat cocok bagi Anda yang memang ingin berwisata kuliner.

Meskipun sate klathak adalah menu utamanya, berbagai olahan lain seperti gulai, tongseng, dan tengkleng tidak kalah populer. Pemilik resto memberikan berbagai pilihan lauk bagi Anda yang kurang menyukai sate. Deretan minuman segar juga dapat Anda pilih untuk melepas dahaga setelah menyantap makanan tersebut.

Lokasi: Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Kec. Pleret, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

6. Nasi Goreng Beringharjo

Nasi Goreng Beringharjo
Image Credit: Instagram.com @hungrycouplee

Nasi goreng adalah makanan yang dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Mulai dari restoran bintang lima hingga abang abang kaki lima menyediakannya. Harganya juga sangat beragam tergantung lokasi serta toping yang Anda tambahkan ke dalamnya. Bagi Anda pecinta makanan ini, tidak ada salahnya untuk datang ke kedai Nasi Goreng Beringharjo.

Kuliner ini cukup legendaris di Jogja karena sudah berdiri sejak tahun 1960. Meskipun sudah lama, pemilik warung masih mempertahankan resep andalannya sehingga cita rasanya masih sangat otentik. Aroma yang keluar dari penggorengan dengan bunyi desisan nasi yang terkena panas dijamin menggugah selera calon pembelinya.

Selain nasi goreng, Anda juga bisa membeli berbagai olahan lain yang disediakan. Makanan yang juga bisa dipesan diantaranya adalah bihun goreng dan bakmi goreng. Untuk masalah harganya Anda tidak perlu khawatir, karena kabarnya dengan uang sebesar 10.000 rupiah saja Anda sudah bisa mendapatkan salah satu menu yang mereka sediakan.

Lokasi: Jl. Limaran, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

7. Pondok Makan Pelem Golek

Pondok Makan Pelem Golek
Image Credit: Google Maps (Nur Laeli)

Pondok Makan Pelem Golek merupakan sebuah tempat yang cocok bagi Anda yang suka makan di tengah nuansa alam. Di destinasi tersebut Anda bisa mendengar bunyi kricik air terjun dan mendengarkan kicauan burung yang merdu. Lokasinya yang berada di tepian sungai memberikan nuansa yang tenang dan nyaman bagi orang yang berkunjung ke sana.

Deretan menu lezat juga dapat Anda temukan. Pilihannya cukup beragam sehingga Anda bisa memilih mana yang paling sesuai dengan selera. Sejauh ini, gurame tabur permata dan udang saus lada hitam adalah olahan yang paling banyak digandrungi oleh pembeli. Berbagai minuman juga tersedia mulai dari yang panas hingga dingin.

Lokasi: Jl. Palagan Tentara Pelajar KM.7 No.99, Mudal, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

8. Sawa Steaks and Grills

Sawa Steaks and Grills
Image Credit: Facebook.com @rita.h.yuniarti

Bagi Anda yang merupakan pecinta steak, tempat makan yang bisa Anda coba adalah Sawa Steaks and Grills. Daging yang mereka gunakan cukup berkualitas. Belum lagi saus yang dipakai memiliki rasa yang lezat sehingga steak yang dihadirkan dijamin menggugah selera. Selain hidangan lezatnya, mereka juga memiliki desain interior yang unik.

Meskipun berada di Jogja, Anda akan merasa singgah ke Bali. Mulai dari bagian depan, Anda akan disambut dengan gapura dan deretan tanaman yang eksotis. Bahkan nuansanya akan jauh lebih romantis di malam hari. Gemerlap lampu akan bersinar terang di dalam kegelapan sehingga sangat cocok untuk nuansa dinner bersama dengan pasangan.

Lokasi: Jl. Damai No.56, Wonorejo, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

9. Jejamuran

Jejamuran
Image Credit: Google Maps (Uco Sugianto)

Lokasi selanjutnya yang bisa Anda pilih untuk makan bersama keluarga adalah di Jejamuran. Sesuai dengan namanya, resto tersebut menyediakan berbagai kudapan yang berbahan dasar jamur. Kabarnya jamur tersebut merupakan hasil budidaya mereka sendiri sehingga kualitasnya dijamin segar dan fresh.

Apabila Anda datang ke sana, jangan lupa untuk memesan sate jamur, keripik jamur, omelet jamur, dan gulai jamur. Hidangan yang disebutkan tadi merupakan primadona yang selalu disukai oleh konsumen. Bahkan uniknya, berbagai minuman yang tersedia di sana juga mengandung jamur sehingga patut untuk Anda coba.

Lokasi: Jl. Pendowoharjo, Niron, Pandowoharjo, Kec. Sleman, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

10. Jadah Tempe Mbah Carik

Jadah Tempe Mbah Carik
Image Credit: Google Maps (Chef Ramarta)

Mampir ke Jogja tidak akan lengkap apabila Anda tidak mencoba kuliner khas mereka. Salah satu tempat makan tradisional yang terkenal adalah Jadah Tempe Mbah Carik. Di sana menyediakan jadah tempe yang kabarnya menjadi olahan favorit Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Rasanya yang lezat membuat beliau menyukainya.

Ciri khas jadah tempe adalah teksturnya yang kenyal dan gurih ditambah dengan rasa yang mengarah ke manis. Sensasi gurih dan kenyal berasal dari jadah sedangkan manisnya berasal dari tempe. Bagi Anda yang tertarik mencobanya bisa berkunjung ke Jadah Tempe Mbah Carik yang berlokasi di sekitaran jalan Kaliurang.

Lokasi: Jl. Kaliurang No.KM/12.5, Legolan, Umbulmartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

11. Rosella Easy Dining

Rosella Easy Dining
Image Credit: Facebook.com @rosella-easy-dining-cottage

Rosella Easy Dining menjadi tempat yang pas bagi Anda yang hendak makan dengan nuansa yang tenang. Resto yang satu ini berada di areal persawahan sehingga jauh dari kebisingan kendaraan bermotor. Di sana Anda bisa mencoba olahan tradisional Indonesia yang disajikan secara Rijsttafel seperti kebudayaan zaman kolonial.

Lokasi: Jl. Kabupaten KM.3,5 No.50, Ngawean, Trihanggo, Kec. Gamping, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

12. Sasanti Restaurant and Gallery

Sasanti Restaurant and Gallery
Image Credit: Google Maps (Dhammika Gammanpila)

Tempat makan yang menarik di daerah Palagan salah satunya adalah Sasanti Restaurant and Gallery. Di tempat ini Anda bisa berwisata kuliner sembari menikmati berbagai karya seni yang dibuat oleh pengrajin Yogyakarta. Kabarnya, restoran yang satu ini dikelola oleh chef yang sudah bertaraf internasional.

Tampaknya hal inilah yang kemudian membuat berbagai olahan makanan di sana cukup lezat. Menu yang terkenal diantaranya adalah barbeque ribs, lamb rack, dan steak. Di samping makanannya yang tidak mengecewakan, desain interior ruangannya juga terbilang unik. Anda dapat merasakan dua kebudayaan yaitu Bali dan Jogja yang berpadu dengan baik di sana.

Lokasi: Jl. Palagan Tentara Pelajar No.52, Panggung Sari, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

13. Resto Tradisional Joglo Melati

Resto Tradisional Joglo Melati
Image Credit: Google Maps (Haryo Widianwardhana)

Resto Tradisional Joglo Melati masuk dalam list tempat makan terbaik di Jogja. Resto tersebut sudah berdiri sejak tahun 1995 dan hingga saat ini masih terus berkembang. Untuk makan di sini, Anda akan ditawarkan berbagai bentuk paket yang di dalamnya memuat berbagai makanan dan minuman yang lezat.

Lokasi tersebut juga dikenal menjadi tempat orang orang menggelar acara karena di sana terdapat bangunan joglo yang dapat menampung banyak orang. Tidak heran apabila event seminar, pernikahan, rapat, dan ulang tahun kerap dilaksanakan di situ. Bagi Anda yang tertarik, rumah makan ini berada di sekitaran jalan Kebon Agung Sleman.

Lokasi: Jl. Kebon Agung No.170, Karang Geneng, Sendangadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

14. Omah Dhuwur Restaurant

Omah Dhuwur Restaurant
Image Credit: Google Maps (Arief Hamzah)

Omah Dhuwur Restaurant merupakan rumah makan yang terkenal untuk kalangan atas. Meskipun begitu, banyak turis dan warga lokal yang gemar berkunjung ke sana. Pilihan hidangannya sangat beragam dan rasanya juga sangat lezat. Resto ini dinamakan Omah Dhuwur karena bangunannya yang tinggi sehingga pelanggan harus naik tangga terlebih dahulu.

Lokasi: Jl. Mondorakan No.252, Bodon, Jagalan, Kec. Kotagede, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

15. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto
Image Credit: Google Maps (Mangut Lele Mbah Marto)

Rumah makan yang tidak boleh Anda lewatkan ketika datang ke Jogja salah satunya adalah Mangut Lele Mbah Marto. Sesuai dengan namanya, destinasi kuliner yang satu ini mengangkat mangut lele sebagai hidangan andalan mereka. Bagi Anda yang belum tahu, mangut lele merupakan hidangan berbahan dasar lele yang dimasak dengan santan kuah kuning.

Cita rasanya yang pedas dan gurih membuat orang yang menyantapnya merasa ketagihan. Akan jauh lebih nikmat apabila dipadukan dengan nasi putih yang hangat. Bagi Anda yang kurang suka rasa pedas bisa juga memilih menu lain seperti lele bakar, lele asap, lele goreng, dan masih banyak lagi. Meskipun bukan menu utama, namun rasanya tidak kalah lezat.

Lokasi: Jl. Sewon Indah, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

Berbagai tempat makan dan restoran yang telah disebutkan cukup populer di kalangan wisatawan serta penduduk lokal Jogja. Setiap menu yang diberikan memiliki cita rasa yang khas. Pilihannya juga sangat beragam sehingga Anda dan keluarga dapat menemukan berbagai olahan yang sesuai dengan favorit masing masing.

Give a Comment