Jogja memang memiliki sisi lain yang tidak kalah mengasyikkan dibanding dengan tempat wisata yang ditawarkan. Selain panorama alam, banyak tersedia tempat nongkrong bersama teman-teman yang asyik. Berbagai tempat ngopi yang sangat ramai dengan para pemuda, baik pemuda asli Jogja atau wisatawan yang ingin merasakan sensasi nongkrong di Jogja. Yuk simak rekomendasinya!

1. Filosofi Kopi Jogja

Filosofi Kopi Jogja
Photo by Google Maps Sulis Tyowatiningsih

Saat mendengar namanya, mungkin anda akan teringat dengan judul dari sebuah film dan berkat itulah tempat ngopi ini mendapatkan banyak perhatian dari orang yang berkunjung. Saat berkunjung ke sini, anda akan merasakan kesan outdoor yang lebih terasa karena dipadukan dengan rumah adat Jawa Tengah, yaitu Joglo.

Lokasinya pun berdekatan dengan pemukiman warga, sehingga suasananya lebih menyatu dengan alam. Bahkan, anda masih bisa mendengarkan suara jangkrik yang sayup-sayup. Suasana damai dan tenang inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari Filosofi Kopi Jogja. Tidak heran jika banyak wisatawan, terutama dari kalangan anak muda yang berkunjung ke tempat ini.

Filosofi Kopi Jogja terbagi menjadi beberapa bagian, ada coffee bar yang disediakan lesehan di depannya, ada taman dengan lampu-lampu dan meja kursi yang santai, dan ada pula ruangan semi terbuka yang bisa anda gunakan untuk duduk-duduk sambil ngopi dengan santai. Di sini tidak menggunakan pendingin ruangan sama sekali dan mengandalkan pendingin alami.

Lokasi: Jl. Pandhawa, Tegal Rejo, Desa Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

2. Hestek Kopi

Hestek Kopi
Photo by Google Maps Ati Murni

Kedai kopi yang tidak kalah asyiknya adalah Hestek Kopi yang berlokasi di Jalan Kaliurang, Sleman. Menariknya, anda bisa membuat sendiri kopi yang anda inginkan, tapi tentunya tetap diawasi oleh barista. Meski tempat ini merupakan kedai kopi, namun juga menyediakan menu lain yang bisa dinikmati oleh orang yang bukan pecinta kopi otentik.

Anda tidak perlu khawatir tidak bisa ngopi di sini karena ada pilihan menu lainnya yang bisa anda nikmati. Selain itu, tempat ngopi ini juga menyediakan menu makanan berat, sehingga anda tidak perlu pindah kedai jika tiba-tiba merasa lapar saat ngopi bersama teman-teman. Tidak heran jika tempat ini selalu penuh dengan para pemuda yang sedang ngopi dan berbincang.

Lokasi: Jl. Kaliurang, Depok, Manggung, Desa Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

3. Blackbone Coffee

Blackbone Coffee
Photo by Twitter Sarah

Tempat ngopi yang satu ini sangat cocok untuk anda yang suka dengan suasana hening dan sepi. Pasalnya, Blackbone Coffee terletak di gang kecil di kawasan Jalan Kaliurang, sehingga anda akan disuguhkan dengan suasana yang hening. Tempat ini mengusung tema natural dengan pilihan warna yang kecokelatan yang dipadukan dengan lampu berwarna kuning.

Nuansa yang khas dengan tempat ngopi yang banyak ditemui saat ini. Hal lain yang menarik dari tempat ini adalah adanya diagram warna-warni yang menggambarkan varian rasa kopi yang disediakan di sini. Anda bisa menikmati berbagai macam varian kopi dengan cara penyajian yang beragam dan tentunya memiliki rasa yang enak.

Tempat ini juga sangat cocok jika anda gunakan untuk bercengkrama dengan teman-teman anda. Jika anda berkunjung ke Jogja, jangan sampai melewatkan untuk berkunjung ke menikmati seduhan kopi di tempat ini. Meskipun terletak jauh dari perkotaan, suasana dan varian kopi yang diberikan sangat menarik.

Lokasi: Jl. Sitisonyo, Desa Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

4. Klinik Kopi

Klinik Kopi
Photo by Twitter @rzqytm

Klinik Kopi adalah kedai kopi yang pernah muncul di film Ada Apa Dengan Cinta 2 yang menjadi lokasi ngopinya Cinta dan Rangga. Sebelum menjadi latar syuting film AADC 2, kedai kopi ini memang sudah ramai dikunjungi oleh para pecinta kopi. Sebab, kedai ini menyajikan kopi yang otentik tanpa campuran apa pun, sehingga kedai ini menjadi salah satu wisata kuliner di Jogja.

Hal lain yang menarik untuk anda coba adalah proses penyajian dari jenis kopi yang anda inginkan. Setelah memilih biji kopi yang ingin diseduh, anda tidak bisa menunggu kopi disajikan. Akan tetapi, anda diharuskan melihat biji kopi tersebut diproses hingga menjadi sajian kopi yang bisa anda nikmati.

Selama proses tersebut, barista tidak akan membiarkan anda diam melongo mengamati kopi yang diproses. Namun, barista akan menceritakan sejarah panjang dari biji kopi yang anda pilih tersebut hingga menjadi hidangan yang bisa anda nikmati. Alhasil, anda tidak hanya menikmati kopinya, tapi juga tahu sejarahnya.

Lokasi: Jl. Kaliurang, Ngabean Kulon, Desa Sinduharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

5. Dongeng Kopi Jogja

Dongeng Kopi Jogja
Photo by Google Maps Dede

Tempat ngopi hits yang bisa anda kunjungi selanjutnya adalah Dongeng Kopi Jogja yang terletak di Jalan Wahid Hasyim. Dongeng Kopi mengusung tagar #MakeYourOwnCoffee yang memiliki makna akan memberikan racikan kopi sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Cafe ini memanfaatkan buku, kopi, dan gadget untuk desain bangunanya, sehingga image yang melekat untuk Dongeng Kopi Jogja adalah identik dengan buku. Tidak heran jika kemudian tempat ini menjadi markas bagi Indie Book Corner (IBC) yang merupakan sebuah jasa penerbitan yang akan membantu penerbitan karya anda secara indie. Menarik, bukan?

Lokasi: Jl. Grogolan, Desa Umbulmartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

6. English Ivy Coffee

English Ivy Coffee
Photo by Google Maps Sagita Putri

Tempat selanjutnya yang bisa anda kunjungi untuk ngopi asyik di Jogja adalah English Ivy Coffee. Tempat ngopi yang satu ini tidak terlalu besar, tapi bangunannya unik dan berpadu dengan perkampungan warga dan nuansa sawah. Dindingnya juga terbuat dari kaca, sehingga anda bisa melihat pemandangan yang ada di luar bangunan.

Di dalamnya juga tidak terdapat sekat sama sekali. Selain itu, penggunaan furnitur dan aksesoris yang minimalis menjadi keunikan tersendiri untuk dikunjungi. Di sini tersedia banyak tersedia opsi minuman dan berbagai kudapan, mulai dari kopi hitam yang kental hingga teh yang memiliki cita rasa khas. Menarik, bukan?

Lokasi: Jl. Sidomukti, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

7. Ekologi Desk & Coffee

Ekologi Desk & Coffee
Photo by Google Maps Fadhila Hasna Athaya

Kedai kopi yang satu ini terkenal sebagai surganya para freelancer karena bisa digunakan sebagai co-working space. Selain itu, tempat ini juga sangat nyaman untuk mengerjakan tugas kuliah atau kerja. Tidak heran jika tempat ini sering ramai dikunjungi oleh para mahasiswa dan freelancer. Hal ini juga didukung dengan fasilitas free WiFi yang bisa diakses kapan saja.

Tempat ini didesain dengan sangat nyaman menggunakan kayu dan kaca untuk dijadikan dindingnya. Dengan demikian, anda bisa menikmati pemandangan alam dari dalam kedai dengan sangat leluasa. Jika anda sedang berkunjung ke Jogja, tempat ini tidak boleh terlewatkan untuk anda kunjungi.

Lokasi: Jl. Pandean Sari, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

8. SUA Coffee

SUA Coffee
Photo by Google Maps Rifqi Syamsurijjal

SUA Coffee juga tidak kalah asyik untuk dijadikan tempat ngopi dan nongkrong bersama teman-teman. Penyajiannya juga cukup unik karena anda akan diberikan bakpia sebagai makanan pendamping saat memesan minuman, termasuk kopi. Varian kopi yang paling sering dipesan adalah manual brew dan single origin, sehingga ana harus mencobanya.

Untuk harganya mulai Rp 15 ribu hingga Rp 28 ribu, tergantung varian kopi yang anda pesan. Anda juga akan merasakan kenyamanan di dalam kedai ini sembari menikmati seduhan kopi dan obrolan bersama teman-teman. Tempat ini menjadi salah satu sarangnya para pemuda Jogja yang ingin ngopi. Tertarik mencoba juga?

Lokasi: Jl. Kranji Serang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

9. Raya’s Kitchen & Coffee

Raya’s Kitchen & Coffee
Photo by Google Maps Anak Kemarin Sore

Anda ingin tahu bagaimana bentuk warung kopi Jawa di masa lalu? Raya’s Kitchen Coffee menjadi tempat yang tepat untuk anda kunjungi. Di sini, anda akan mendapati bangunan warung kopi jadul yang khas dengan Jawa. Bangunannya menggunakan konsep modern dan vintage dengan sajian kopi yang beraneka ragam.

Selain nyaman untuk ngopi, tempat ini juga cocok untuk digunakan sebagai tempat berkumpul bersama teman-teman. Selain itu, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau karena rata-rata kopinya dijual dengan harga Rp 10 ribu. Jika tertarik untuk mengunjungi tempat ini, anda bisa menuju Jalan Sulawesi di kawasan Sariharjo dan jangan lupa untuk memesan menu andalan.

Lokasi: Sariharjo, Purwosari, Desa Sinduadi, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

10. Neo Coffee & Kitchen

Neo Coffee & Kitchen
Photo by Google Maps Ang Tek Khun

Tempat menarik selanjutnya yang bisa anda kunjungi adalah Neo Coffee & Kitchen yang berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo. Lokasinya sangat mudah dijangkau dan menggunakan nuansa yang sangat nyaman, sehingga anda akan dibuat betah berlama-lama di sini. Selain itu, menu yang ditawarkan juga sangat beragam, sehingga anda bisa memilih sesuai selera.

Neo Coffee & Kitchen menawarkan tiga konsep ruangan, yaitu indoor, outdoor, dan VIP room. Jadi, anda bisa memilih ruangan mana yang ingin digunakan sesuai dengan kenyamanan anda. Jika anda lebih suka menikmati kopi sembari merasakan udara segar, anda bisa memilih outdoor.

Lokasi: Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo, Klitren, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

Sama halnya jika anda ingin berada di ruangan, maka bisa memilih indoor. Sementara itu, VIP room didesain sebagai ruangan yang lebih eksklusif dan berbeda dengan lainnya. Ruang ini bisa anda pilih jika anda menginginkan suasana yang lebih eksklusif untuk ngopi dan bercengkerama dengan teman.

Ngopi adalah aktivitas yang biasa dilakukan oleh para pemuda, tidak terkecuali dengan pemuda yang ada di Jogja. Hal ini terbukti dari banyaknya kedai kopi yang bisa dikunjungi di sini. Para wisatawan juga bisa mengunjungi café tersebut untuk merasakan sensasi ngopi di kota yang kental dengan kebudayaan Jawa ini.

Give a Comment