20 Tempat Nongkrong di Jogja yang Unik & Paling Hits

20 Tempat Nongkrong di Jogja yang Unik & Paling Hits

Berkunjung ke Kota Jogja memang tidak melulu bertandang ke objek wisatanya. Tersedia beberapa tempat nongkrong yang unik, hits dan populer di Jogja yang bisa Anda kunjungi melepas penat.

Tidak hanya memiliki banyak objek wisata seru, Kota Jogja juga menghadirkan beberapa tempat nongkrong asyik yang cocok untuk para kawula muda menghabiskan chillin time bersama teman. Bahkan beberapa tempat hits berikut juga bisa dikunjungi oleh masyarakat segala usia dan menawarkan menu yang ramah di kantong. Apa saja tempat nongkrong yang populer? Simak ulasan berikut ini.

1. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro
Photo by Google Maps Dike

Jalan Malioboro memang begitu ikonik dan menjadi pusat dari Kota Jogja itu sendiri. Tidak heran jika para wisatawan selalu memasukkan Malioboro sebagai destinasi wajib untuk dikunjungi saat berada di Yogyakarta. Tentunya area jalan ini juga sangat cocok sebagai tempat berkumpul bersama teman sembari ngobrol kesana kemari.

Apalagi area Malioboro tidak banyak dilalui oleh kendaraan, dan di sini Anda bisa menemukan kuliner lezat khas Kota Jogja, oleh oleh, kerajinan tangan, musik jalanan, hingga batik yang khas daerah tersebut. Waktu yang paling tepat untuk nongkrong di Malioboro adalah pada malam hari. Karena suasana malam di sini begitu berkesan dengan ditemani gemerlap lampu jalanan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

2. Kawasan Nol Kilometer

Kawasan Nol Kilometer
Photo by Google Maps Rizki Adikusuma

Selain Malioboro, kawasan Nol Kilometer juga menjadi salah satu yang begitu ikonik dari Yogyakarta. Sehingga Anda tidak boleh melewatkannya saat berada di kota pelajar satu ini. Bahkan para anak muda lokal juga banyak ditemukan nongkrong dan menghabiskan waktu di kawasan ini kala malam hari.

Dimana pada kawasan tersebut, Anda bisa menemukan bangunan peninggalan Belanda yang dikenal dengan nama Loji. Adanya bangunan bangunan tua yang masih terawat ini membuat suasana malam di kawasan Nol Kilometer terlihat seperti pada zaman dahulu. Terlebih lampu lampu kekuningan yang menyinari jalan membuatnya terlihat makin romantis.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pangurakan No.1, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

3. Alun-Alun Kidul Jogja

Alun-Alun Kidul Jogja
Photo by Instagram _heritakwa

Tempat nongkrong lainnya yang menawarkan kemeriahan pada malam hari Kota Jogja yaitu Alun Alun Kidul atau Alkid yang ada di selatan Keraton Sri Sultan. Bahkan kawasan ini tidak hanya diramaikan oleh para wisatawan saja, melainkan pula masyarakat Jogja sendiri. Ada yang hanya sekadar menikmati suasana malam, dan ada yang ingin berwisata kuliner di sini.

Di sini, Anda bisa menikmati banyak kuliner lezat khas Jogja dan minuman hangat, sembari berbincang bincang bersama keluarga atau teman. Biasanya para pengunjung lebih memilih untuk memesan jagung bakar yang ditemani semangkuk wedang ronde. Selain itu, Anda juga bisa mencoba becak kayuh yang dipenuhi lampu warna warni untuk disewakan pada pengunjung.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Patehan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

4. Bukit Bintang

Bukit Bintang Jogja
Photo by Google Maps Dino Earl

Jika ingin mencari tempat dengan suasana romantis untuk dikunjungi bersama orang terkasih, maka Bukit Bintang di Jogja bisa menjadi pilihan yang tepat. Terlebih jika Anda bertandang kemari kala sore hari menjelang malam. Suasana sunset yang ditawarkan begitu eksotis dan bisa membangun keromantisan antara Anda dan pasangan.

Bahkan setelah malam tiba, Bukit Bintang semakin memancarkan pesonanya dan dipadati oleh pengunjung. Karena dari ketinggian sekitar 150 meter di atas bukit ini, Anda bisa menyaksikan indahnya Kota Jogja yang gemerlap di malam hari. Sembari mengagumi keindahan ini, Anda bisa sembari menikmati jagung bakar ditambah minuman hangat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Srimulyo, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

5. Tugu Jogja

Tugu Jogja
Photo by Google Maps Ibzi Afra

Sebagai landmark Yogyakarta, Tugu ini menjadi salah satu tujuan nongkrong asyik baik bagi para wisatawan maupun warga lokal sendiri. Yang mana tugu ini berada pada garis Gunung Merapi dan Keraton, sehingga membuatnya menjadi jantung kota yang istimewa. Tidak heran jika kawasan ini begitu populer di kalangan wisatawan.

Apalagi jika berkunjung ke sini saat malam hari, karena Tugu Jogja akan terlihat jauh lebih mempesona dengan tambahan lampu lampu kota yang bercahaya cantik. Biasanya kegiatan nongkrong di tugu ini akan dibarengi dengan aktivitas berburu foto. Bahkan ada yang rela menunggu jalan agak sepi untuk mendapat foto ciamik di Tugu Jogja.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

6. Filosofi Kopi Jogja

Filosofi Kopi Jogja
Photo by Google Maps Filosofi Kopi Jogja

Filosofi Kopi merupakan cafe yang meraih kesuksesan di daerah Jakarta. Melanjutkan kesuksesan tersebut, Filosofi Kopi hadir di Kota Jogja bagi para pecinta kopi di sini. Cafe ini begitu populer di Yogyakarta, karena konsep desainnya yang menggabungkan budaya Jawa dengan suasana modern sekaligus.

Jadi jika Anda sedang berkunjung ke Kota Jogja, jangan lewatkan untuk mencicipi kopi di cafe satu ini. Rasa kopinya yang begitu khas, akan semakin lezat saat Anda menyesapnya di tempat dengan ditemani suasana desa di area outdoornya. Filosofi Kopi di Jogja memang dibangun di area pedesaan yang menciptakan suasana damai dan membuat pengunjung betah.

Harga Tiket: – ; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pandhawa No.001/17, Tegal Rejo, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

7. Angkringan KR Jogja

Angkringan KR Jogja
Photo by Google Maps Fadjari Wibowo

Angkringan KR yang ada di seberang kantor Harian Kedaulatan Rakyat (KR) ini terbilang cukup fenomenal di kalangan anak muda Jogja sendiri. Bahkan tempat ini selalu penuh dengan pengunjung, terutama pada akhir pekan. Kebanyakan pengunjungnya adalah suatu komunitas yang terdiri atas para anak anak muda. Namun Angkringan KR sebenarnya juga cocok dikunjungi berbagai kalangan usia.

Bahkan untuk Anda yang sedang mengantongi uang pas pasan, tidak perlu khawatir apabila nongkrong di sini. Pasalnya angkringan satu ini menawarkan banyak menu yang murah meriah, mulai dari nasi kucing, nasi oseng tempe, nasi usus goreng, nasi kikil, sego sambel, nasi rica ayam, dan nasi langgi yang akan mengenyangkan perut.

Harga Tiket: – ; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. P. Mangkubumi, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

8. Angkringan Ndalem JAC

Angkringan Ndalem JAC
Photo by Google Maps Kimcil Hunter

Tidak hanya Angkringan KR, Angkringan Ndalem JAC juga bisa menjadi salah satu tempat nongkrong seru yang layak dikunjungi. Apalagi angkringan satu ini menghadirkan konsep yang berbeda. Jika biasanya menyantap makanan angkringan lebih banyak dilakukan di bawah tenda yang ada di pinggir jalan, maka lain halnya dengan Angkringan Ndalem JAC.

Angkringan Ndalem JAC berada di Tamansari dan menempati Pendopo Ndalem Pakuningratan. Yang mana angkringan tersebut biasanya menjadi tempat berkumpul JAC (Jogja Automotive Community). Selain menyediakan makanan khas angkringan, angkringan elite satu ini juga menyuguhkan hidangan khas Jawa Mataram zaman dahulu.

Harga Tiket: – ; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sompilan No.12, Ngasem, Kadipaten, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

9. Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man
Photo by Gooogle Maps Raymond Dharma

Masih berupa angkringan, Angkringan Lik Man juga menjadi salah satu tempat yang begitu populer karena menyediakan kopi joss khasnya. Yang mana kopi di sini disajikan dengan diseduh air panas, kemudian dicelupkan bata arang yang membuat cita rasanya khas dan nikmat. Angkringan Lik Man bisa Anda kunjungi di jam operasionalnya, yaitu dari sore hingga dini hari.

Harga Tiket: – ; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Poncowinatan No.7, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

10. Secret Garden Coffee and Chocolate

Secret Garden Coffee and Chocolate
Photo by Google Maps Anisah Fitri

Ingin mencari tempat nongkrong yang jauh lebih modern? Secret Garden Coffee and Chocolate bisa menjawab keinginan tersebut. Apalagi cafe outdoor satu ini mengusung tema yang romantis, sehingga banyak juga orang yang menjadikannya sebagai tempat untuk melaksanakan acara pernikahan. Uniknya lagi, dapur cafe ini mengusung tema open kitchen yang menjadi hiburan tersendiri.

Harga Tiket: – ; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Prof. DR. Ki Amri Yahya No.2, Pakuncen, Kec. Wirobrajan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

11. Lawas 613 Café

Lawas 613 Café
Photo by Google Maps Stephen Machgerury

Meski dilihat dari luas bangunannya cafe satu ini memiliki ukuran yang cukup mungil, namun tidak serta merta membuat pesonanya menjadi luntur. Mempunyai tampilan visual yang modern dari bagian luar, Anda akan terkejut mendapati bagian dalamnya yang menguarkan suasana vintage. Selain menghadirkan menu menu lezat, di sini Anda bisa berburu foto apik.

Harga Tiket: – ; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Prawirotaman 2 No.613, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

12. Tempo del Gelato

Tempo del Gelato
Photo by Google Maps Tempo Gelato Prawirotaman

Beberapa tahun belakangan, ditemukan banyak kedai gelato yang berdiri di Kota Jogja. Salah satu yang begitu populer sebagai tempat nongkrong adalah Tempo del Gelato yang ada di kawasan Jalan Prawirotaman. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai es krim gelato dengan rasa yang unik dan lezat seperti rasa leci, rasa kemangi, hingga rasa jahe.

Harga Tiket: – ; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Prawirotaman No.38B, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

13. House of Raminten

House of Raminten
Photo by Google Maps The House Of Raminten

Menjadi ikon kuliner dari daerah Yogyakarta, House of Raminten sering dijadikan sebagai tempat nongkrong oleh para wisatawan. Restoran satu ini menawarkan hidangan angkringan khas dari Kota Jogja dengan pengalaman makan yang unik. Sebab Anda akan ditemani lagu Jawa sebagai latar belakang beserta wangi dupa.

Harga Tiket: – ; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

14. Brick Cafe Jogja

Brick Cafe Jogja
Photo by Google Maps Wiwit Puspitasari Dewi

Tempat menarik selanjutnya yang tidak kalah populer yaitu Brick Cafe Jogja. Jika melihat dari luar gedungnya, Anda akan diingatkan dengan suasana vintage british style yang kerap ditampilkan cafe cafe di Inggris dan Eropa. Sehingga banyak pengunjung yang menyempatkan diri untuk mengambil foto di depan sini. Bagian interiornya pun tidak kalah menarik sebagai spot foto.

Harga Tiket: – ; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Damai No.8, Tambakan, Sinduharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

15. Kalimilk

Kalimilk
Photo by Instagram jogjasaiki

Apabila Anda sedang menjalankan program diet namun tetap ingin menghabiskan waktu nongkrong bersama dengan teman, maka Kalimilk bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena warung susu satu ini menyuguhkan berbagai menu sehat dan menyegarkan untuk pengunjung. Warung susu ini sendiri sudah memiliki sekitar tiga cabang di Kota Jogja.

Harga Tiket: – ; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Nglempong Sari Jl. Monjali No.251, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

16. Lokal Resto

Lokal Resto
Photo by Google Maps 오요셉

Lokal Resto pernah menjadi lokasi pengambilan gambar dari film Ada Apa Dengan Cinta 2. Ini membuat Lokal Resto semakin populer di Yogyakarta, baik untuk wisatawan maupun masyarakat lokal sendiri. Di resto sini, Anda bisa memesan berbagai macam makanan, mulai dari makanan pembuka, makanan utama, hingga penutup yang harganya bersahabat.

Harga Tiket: – ; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jembatan Merah No.104C, Soropadan, Condong Catur, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

17. Jejamuran

Jejamuran
Photo by Google Maps Mamitaka

Sesuai dengan namanya, restoran yang populer sebagai tempat nongkrong di kalangan wisatawan ini menyajikan berbagai olahan jamur. Jadi bagi Anda yang merupakan penikmat menu makanan dengan bahan jamur, tentu tidak boleh melewatkannya. Beberapa menu seperti rendang jamur, tongseng jamur, sate jamur, hingga pepes jamur bisa Anda temukan di sini.

Harga Tiket: – ; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pendowoharjo, Niron, Pandowoharjo, Kec. Sleman, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

18. Mezzanine Eatery and Coffee

Mezzanine Eatery and Coffee
Photo by Google Maps Angilina Marta

Memiliki konsep yang cukup berbeda dari berbagai cafe lainnya, Mezzanine Eatery and Coffee menjadi banyak dipilih sebagai tempat chillin bersama teman. Dimana tempat satu ini mengusung konsep glass house dengan berbagai hiasan tanaman hijau di dalamnya. Makanan yang disajikan juga lezat, membuatnya menjadi tempat sempurna untuk mengobrol.

Harga Tiket: – ; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Palagan Tentara Pelajar No.Km.8 No.30, Karang Moko, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

19. Bale Raos

Bale Raos
Photo by Google Maps Zakiyah Insani

Anda mungkin penasaran bagaimana cita rasa hidangan yang biasanya dimakan oleh Sri Sultan serta keluarga raja. Tidak perlu penasaran lagi, langsung saja kunjungi Bale Raos yang ada di kawasan Keraton Yogyakarta ini. Pasalnya di sini menyajikan berbagai menu yang disukai oleh sultan. Meski begitu, Bale Raos menawarkan harga yang cukup terjangkau.

Harga Tiket: Rp – ; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Magangan Kulon No.1, Panembahan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

20. Saorsa Kopi

Saorsa Kopi
Photo by Google Maps Kukuh Himawan Samudro

Nongkrong sambil ditemani secangkir kopi memang perpaduan yang apik. Untuk menemukan kopi lezat di Yogyakarta bukan perihal yang sulit, datang saja ke Saorsa Kopi. Cafe satu ini memberikan pengunjungnya 3 pilihan ruang, bisa semi outdoor, outdoor, dan indoor. Masing masing menyajikan ciri khas tersendiri yang amat instagramable.

Harga Tiket: – ; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Nitiprayan No.RT 01, Tegal Kenanga, Tirtonirmolo, Kec. Kasihan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

Itulah beberapa tempat nongkrong hits yang bisa ditemukan di Kota Jogja. Jika dikulik lebih lanjut, Yogyakarta sekarang sudah memiliki sangat banyak tempat nongkrong baru yang berupa cafe, restoran, hingga angkringan pinggir jalan. Kendati demikian, beberapa tempat di atas masih menjadi favorit baik bagi wisatawan maupun masyarakat Jogja sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published