Bantul memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk melepas penat setelah lama beraktivitas. Inilah list tempat wisata hits di Bantul, Jogja terbaru yang layak dikunjungi untuk liburan yang berkesan.

Memilih lokasi wisata sebelum memulai liburan adalah hal yang menyenangkan. Meski demikian, segala fasilitas dan daya tariknya sangat perlu untuk dipertimbangkan. Salah satu daerah yang tak pernah sepi pengunjung adalah Yogyakarta. Bagi Anda yang datang ke sana dan singgah ke Kabupaten Bantul, yuk simak deretan tempat wisata populer berikut ini.

1. Perengan Park

Perengan Park
Image Credit: Google Maps (Uky Michio)

Perengan Park menjadi lokasi yang sangat pas untuk Anda yang bosan dengan nuansa perkotaan. Tempat ini menyediakan pemandangan hamparan sawah dan bunga yang warna warni sehingga dijamin menyejukkan mata. Destinasi ini masih sangat asri sehingga mampu membuat Anda terlepas dari rasa penat dan stress.

Pengunjung yang datang akan langsung disambut dengan udara yang sejuk. Untuk menikmati itu semua, Anda hanya perlu menyiapkan biaya yang ramah kantong. Selain menikmati pemandangan hamparan sawah, Anda juga bisa memilih berbagai spot berfoto ria. Setiap sudut Parengan Park dapat menjadi spot ideal yang sangat instagramable.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Malangan, Srigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

2. Persawahan Sukorame Mangunan

Persawahan Sukorame Mangunan
Image Credit: Google Maps (Dhian Tata)

Destinasi andalan berikutnya yang hits berada di daerah bantul adalah Persawahan Sukorame Mangunan. Dari sana Anda dapat melihat hamparan sawah yang hijau dan asri. Pemandangan ini semakin cantik apabila dilihat dari jembatan bambu yang membentang di sepanjang sawah. Spot ini menjadi lokasi favorit para pengunjung yang singgah.

Jembatan ini seakan menjadi salah satu spot ikonik di Persawahan Sukorame. Dilihat dari sudut manapun foto wisatawan akan terlihat memukau, terlebih saat waktu sudah menjelang sore. Sinar matahari yang keemasan akan menerpa hamparan sawah yang hijau. Momen yang disebut dengan golden hour ini kerap kali diburu sebagai waktu selfie terbaik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

3. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Image Credit: Google Maps (Farida Rohimawati)

Sudah tidak asing bagi para traveler mendengar nama Pantai Parangtritis. Lokasi ini sudah sejak lama menjadi andalan warga Bantul dan sekitarnya untuk bersenang senang. Panoramanya yang indah serta berbagai pilihan aktivitas membuat liburan semakin berkesan. Mulai dari berkuda, berenang, bermain pasir, bahkan surfing bisa dilakukan di sana.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

4. Pantai Depok

Pantai Depok
Image Credit: Google Maps (Arum 10mei)

Objek wisata yang bernuansa pantai di Bantul bukan hanya Parangtritis. Salah satu destinasi yang serupa adalah Pantai Depok. Lokasi ini masih belum banyak dikenal. Kendati demikian, berbagai kegiatan bisa Anda lakukan bersama dengan keluarga di sana. Anda dapat berjalan menyusuri tepian pantai disertai dengan deburan ombak yang memanjakan telinga.

Lokasi terbit juga dikenal akan kenikmatan kulinernya. Berbagai hidangan laut dapat Anda temukan di sana. Mulai dari ikan, kerang, udang, hingga kepiting siap memanjakan lidah pengunjung. Racikan bumbu yang kaya rempah akan membuat cita rasa semakin dalam sehingga sulit untuk dilupakan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

5. Pantai Pandansari

Pantai Pandansari
Image Credit: Google Maps (Latifah Nurul Hidayati)

View pantai memang tidak ada duanya. Pasir yang putih dipadukan dengan lautan yang biru mampu membius mata orang yang melihatnya. Salah satu spot menarik yang masih berbau pantai di wilayah Bantul adalah Pantai Pandansari. Berbeda dari lainnya, di sana terdapat sebuah mercusuar yang menjadi lokasi favorit para wisatawan.

Pengunjung hanya perlu naik menyusuri tangga hingga sampai ke puncak mercusuar. Memang hal ini akan menguras tenaga, namun pemandangan indah yang ada di atas akan langsung membayar semua jerih payah Anda. Pengalaman ini sangatlah unik karena tidak semua pantai memiliki fasilitas tersebut.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wonoroto, Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

6. Pantai Kuwaru

Pantai Kuwaru
Image Credit: Google Maps (Rudi Setyawan)

Masih ingin pergi ke pantai yang berbeda? Anda dapat berkunjung ke Pantai Kuwaru. Lokasi ini masih jarang dikenal karena keberadaannya baru saja dikembangkan. Meskipun begitu, fasilitas di sana cukup lengkap. Terdapat persewaan ATV, toko souvenir, hingga kolam renang yang akan membuat liburan lebih berwarna.

Lokasi tersebut juga cocok untuk Anda gunakan bersantai sembari bermain pasir di tepian. Ditemani dengan deretan cemara serta deburan ombak yang merdu akan membawa penat Anda hilang. Dengan begitu, liburan Anda akan terasa semakin komplit. Akhiri petualangan Anda di sana dengan berbelanja cinderamata untuk keluarga dan sanak keluarga di rumah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kawaru, Poncosari, Kec. Srandakan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

7. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo
Image Credit: Google Maps (Itmam)

Tahukan Anda lokasi apa itu Gumuk Pasir Parangkusumo? Destinasi ini menjadi salah satu tempat yang unik untuk dikunjungi. Hamparan pasir yang luas ini terbentuk akibat aktivitas gunung berapi. Lokasinya juga tidak jauh dari Pantai Parangtritis. Bahkan kabarnya, objek wisata seperti ini adalah satu satunya di Asia Tenggara.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo RT.1, Grogol 10, Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

8. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan
Image Credit: Google Maps (arie Interdesign)

Hutan pinus memang merupakan spot untuk berlibur yang menyenangkan. Hamparan pohon yang tertata dengan rapi serta aroma dedaunan yang khas akan membuat pengunjung merasa tenang. Belum lagi destinasi ini menyediakan banyak spot foto yang unik dan menarik. Dijamin hasil jepretan Anda akan terlihat jauh lebih aesthetic.

Nuansa alam yang sangat lekat akan membuat orang merasa penasaran. Hal inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa lokasi tersebut cukup hits. Bahkan mulai dari anak anak hingga orang tua merasa senang untuk singgah di sana. Udara sekitar yang sejuk semakin memanjakan pengunjung yang datang.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

9. Goa Cerme

Goa Cerme
Image Credit: Google Maps (Andhi Rep)

Mengunjungi goa adalah pilihan liburan yang menyenangkan. Bantul sebagai salah satu wilayah yang kaya akan destinasi wisata juga ternyata memiliki sebuah gua yang sangat hits. Lokasi ini dikenal dengan nama Goa Cerme. Bentukan alam ini memiliki panjang 1,3 km dan di dalamnya juga terdapat air terjun bawah tanah yang sangat indah.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Srunggo, Srunggo, Selopamioro, Kec. Imogiri, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

10. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan
Image Credit: Google Maps (Surya Saputera)

Kebun Buah Mangunan menjadi destinasi wisata andalan yang selalu ramai terlebih saat musim panen tiba. Anda beserta keluarga dapat menikmati berbagai buah yang matang dengan citarasa yang nikmat. Pemandangan sekitar juga akan membuat liburan semakin berkesan. Dari sana, pengunjung juga dapat melihat Gunung Sewu yang berdiri megah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

11. Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu
Image Credit: Google Maps (Budi Sutrisno)

Bukit Lintang Sewu Mangunan masuk dalam deretan destinasi wisata menarik yang bisa Anda temukan di Bantul. Sesuai dengan namanya, lokasi tersebut adalah spot yang cocok bagi Anda yang ingin melihat hamparan bintang dengan jelas. Lokasi ini nyaris mirip dengan Bukit Bintang Gunung Kidul. Dari puncaknya pengunjung dapat melihat pemandangan jogja yang gemerlap.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karang Asem, Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

12. Puncak Becici Dlingo

Puncak Becici
Image Credit: Google Maps (Dwi Darmawan)

Masih di wilayah Bantul, lokasi wisata andalan masyarakat lokal maupun pendatang yang berikutnya adalah Puncak Becici Dlingo. Bagi Anda yang belum tahu, tempat ini menyediakan perpaduan hamparan sawah yang luas dan deretan pepohonan pinus yang asri. Mata pengunjung akan langsung dimanjakan begitu masuk ke lokasi wisata yang satu ini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunungcilik, RT.07/RW.02, Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

13. Bukit Watu Lumbung

Bukit Watu Lumbung
Image Credit: Google Maps (Rohmat Santoso)

Bagi Anda yang suka dengan tempat wisata yang bernuansa vintage, Bukit Watu Lumbung bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan. Dulunya lokasi tersebut adalah kawasan hutan jati namun saat ini sudah difungsikan sebagai destinasi wisata yang sangat menarik. Di tengah kepungan pohon jati, Anda bisa menemukan rumah kayu bergaya lampau yang unik.

Tempat ini sangat cocok untuk digunakan bagi Anda yang ingin bersantai serta mengambil banyak foto. Berbagai sudut lokasi sangatlah instagramable. Tidak heran apabila banyak anak muda yang tertarik mengunjunginya. Pengunjung yang datang juga bisa mendapatkan souvenir unik apabila mengikuti mini challenge seperti menanam pohon dan memasak.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Panglima Sudirman, Duwuran, Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

14. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung
Image Credit: Google Maps (Idneh Craft)

Bukit Panguk Kediwung berlokasi di sekitar hutan pinus dan Kebun Buah Mangunan. Hal inilah yang membuat lokasi tersebut seakan menjadi paket komplit liburan yang sayang untuk dilewatkan. Anda dapat melihat matahari terbit dan tenggelam dari atas bukit. Pemandangannya dijamin cantik dan sangat memikat.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kediwung, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

15. Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur
Image Credit: Google Maps (Dien Muhammad Raharjo)

Bukan hanya bukit, lokasi terbaik untuk melihat matahari terbit dan tenggelam salah satunya adalah Tebing Watu Mabur. Lokasi ini juga kerap digunakan sebagai lokasi berkemah. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki banyak waktu di Bantul bisa menyempatkan waktu untuk bermalam di lokasi tersebut.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lemahbang RT28, Lembah Bang, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

16. Watu Goyang

Watu Goyang
Image Credit: Google Maps (Zikri Khairan)

Watu goyang menjadi lokasi selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan apabila berkunjung ke Bantul. Sesuai dengan namanya, di lokasi ini terdapat sebuah batu yang mudah bergoyang dan lokasinya berada di tepian bukit. Oleh karena itu pengunjung yang ingin berfoto lebih baik melakukannya dari tepian saja karena batu rawan jatuh.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cempluk, Jl. Watu Goyang No.1, Griloyo, Mangunan, Kec. Imogiri, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

17. Jurang Tembelan Kanigoro

Jurang Tembelan Kanigoro
Image Credit: Google Maps (Kurnia chasanah)

Bantul dengan segala keindahan alamnya sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Salah satu spot yang dapat Anda kunjungi untuk menikmatinya adalah Jurang Tembelan Kanigoro. Lokasi ini berada di sekitar objek wisata Hutan Pinus Mangunan. Tempat ini menyediakan gardu pandang bagi Anda yang ingin melihat hamparan kota jogja dari ketinggian.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

18. Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger
Image Credit: Google Maps (Wahyu ais)

Sesuai dengan namanya, Pinus Pengger merupakan destinasi hits yang mengusung tema hutan pinus. Lokasi ini sangat identik dengan spot jalinan kayu yang berbentuk menyerupai tangan raksasa. Dari sana pengunjung dapat melihat hamparan pinus dari ketinggian serta mengabadikannya lewat foto.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

19. Air Terjun Ledok Pokoh

Grojogan Lepo Dlingo
Image Credit: Google Maps (Sigit Ariyanto)

Air terjun ledok pokoh adalah objek wisata yang tak pernah sepi pengunjung. Lanskap yang unik dipadukan dengan deburan air yang mengalir dari ketinggian mampu membuat pengunjung terkesima. Ternyata di tempat ini juga terdapat 4 kolam alami yang menarik untuk dikunjungi. Para wisatawan dapat berendam sembari menikmati pemandangan pepohonan di sekitarnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Pokoh I, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

20. Kolam Air Panas Parang Wedang

Kolam Air Panas Parang Wedang
Image Credit: Google Maps (fahri noob)

Berendam dengan air panas memang diyakini dapat melepas rasa lelah yang melekat pada tubuh. Hal inilah juga yang dapat Anda rasakan di Kolam Air Panas Parang Wedang. Lokasinya mudah dijangkau karena berada di sekitaran destinasi wisata. Biaya masuknya juga cukup murah sehingga tidak akan membuat dompet Anda tipis.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Parangtritis, Pantai, Parangtritis, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

21. Masjid Kotagede

Masjid Kotagede
Image Credit: Google Maps (Noviana)

Wisata religi bisa menjadi pilihan wisata yang menarik. Salah satu masjid yang sudah tua dan cukup berumur di wilayah Bantul adalah Masjid Kotagede. Di lokasi ini Anda dapat menemukan berbagai koleksi barang bersejarah misalnya bedug yang sudah berusia ratusan tahun. Keunikan inilah yang membuat masjid tersebut layak dijadikan tempat wisata.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sayangan, Jagalan, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

22. Makam Raja Raja Imogiri

Makam Raja Raja Imogiri
Image Credit: Google Maps (Heni Murhanayanti)

Ziarah menjadi pilihan berlibur yang digemari oleh banyak orang. Belum lagi di kompleks makam raja raja Imogiri kental dengan unsur sejarah dan edukasi. Tidak heran apabila tempat ini selalu ramai untuk dikunjungi. Area pemakaman ini dianggap sakral dan suci karena menjadi tempat peristirahatan raja raja Mataram dan keluarganya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karang Kulon, Wukirsari, Kec. Imogiri, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

Memiliki berbagai keunikan, kabupaten Bantul sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata andalan untuk liburan Anda. Daftar lokasi tadi masih belum memuat semua informasi objek wisata di wilayah tersebut. Habiskan waktu liburan Anda bersama dengan keluarga dengan penuh persiapan. Pastikan waktu yang akan dihabiskan di sana akan berkesan dan dapat dikenang selamanya.

Give a Comment