Inilah rekomendasi tempat wisata hits di Gunung Kidul, mulai dari objek wisata alam dengan panorama indah hingga wisata kekinian terbaru yang wajib dikunjungi untuk liburan yang seru.

Gunung Kidul merupakan daerah di timur Jogja yang terkenal akan keindahan alamnya. Saat berada di kabupaten ini, Anda pun akan disuguhkan banyak sekali destinasi wisata menarik. Salah satu destinasi yang paling terkenal adalah pantainya. Namun tak hanya pantai saja, banyak tempat menarik lainnya yang bisa Anda jelajahi. Berikut ini daftar tempat wisata populer di Gunung Kidul yang wajib Anda jelajahi.

1. Gua Rancang Kencono

Gua Rancang Kencono
Image Credit: Google Maps (Soeka Jalan)

Gua yang berada di Gunung Kidul ini memiliki keunikan tersendiri. Diantaranya adalah adanya pohon sangat besar yang berdiri di tengah tengah gua. Hal ini membuat gua satu ini nampak istimewa dan wajib untuk Anda jelajahi. Tak hanya itu saja, Gua Rancang Kencono ini juga terlihat sangat megah dan eksotis.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mungguran II, Bleberan, Kec. Playen, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

2. Watu Payung

Watu Payung Turunan
Image Credit: Google Maps (Qosim Nur Ajib)

Wisata lain yang bisa Anda singgahi adalah Watu Payung yang memiliki keindahan akan lanskap perbukitan dan gunungnya yang indah. Disini, Anda bisa berfoto dengan berbagai macam spot yang memang sengaja disediakan oleh pihak pengelola. Liburan di tempat ini akan mampu menghilangkan letih dan penat yang Anda rasakan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Turunan, Girisuko, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

3. Hutan Jati Banyusoco

Hutan Jati Banyusoco
Image Credit: Google Maps (Gunawan Arazma)

Saat berada di Gunung Kidul, pastikan untuk mampir ke Hutan Jati Banyusoco. Wisata ini memiliki pemandangan berupa pepohonan jati yang rindang. Ketika musim kemarau tiba, Anda pun akan mendapati daun jati yang berguguran. Sehingga, Anda pun akan merasa seakan akan sedang berada di luar negeri.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pacar II, Banyusoco, Kec. Paliyan, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

4. Kalisuci Cave Tubing

Kalisuci Cave Tubing
Image Credit: Google Maps (Inggrit -)

Ingin berpetualang sembari menikmati pemandangan yang memanjakan mata? Tentunya Cave Tubing Kalisuci ini akan menjadi tempat yang tepat. Pasalnya, ketika berada disini Anda pun akan bisa melakukan kegiatan rafting dengan panorama alam yang sangat indah. Mulai dari airnya yang biru hingga tebing tebing menjulang indah akan sangat cocok untuk menjernihkan pikiran.

Harga Tiket: Rp 80.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jetis, Jonge, Pacarejo, Kec. Semanu, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

5. Pantai Timang

Pantai Timang
Image Credit: Google Maps (Bernard Rouhi)

Pantai yang berada di Gunung Kidul ini memang sedang naik daun. Memiliki ciri khas ombaknya yang besar akan menjadikan wisata bahari ini memiliki keunikan tersendiri. Menariknya lagi, ketika berada disini Anda bisa mencoba gondola kayu yang menegangkan. Pastikan jika Anda menyukai kegiatan yang memicu adrenalin, wajib mencoba wahana ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Selatan Jawa, Pantai, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

6. Pantai Baron

Pantai Baron
Image Credit: Google Maps (Chandra P1)

Wisata bahari dengan karakteristik konturnya membentuk huruf U ini juga tak bisa Anda lewatkan begitu saja. keunikan lain yang bisa Anda dapatkan disini adalah airnya yang memiliki dua jenis yakni air tawar dan air asin. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di pantai Baron, diantaranya seperti bermain air hingga melihat pemandangan dari atas mercusuar.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

7. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk
Image Credit: Google Maps (Air Terjun Sri Gethuk)

Perjalanan berikutnya bisa Anda lanjutkan dengan mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk. Destinasi satu ini memiliki air terjun dengan ketinggian yakni sekitar 50 meter. Dengan adanya pepohonan hijau yang mengelilingi, tentunya akan menjadi wisata yang sangat asri. Ditambah lagi dengan airnya yang jernih akan membuat Anda ingin bermain air di lokasi ini.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mungguran II, Bleberan, Kec. Playen, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

8. Air Terjun Luweng Sampang

Curug Luweng Sampang
Image Credit: Google Maps (sotographer jalan jalan)

Jika Anda adalah salah satu orang yang gemar berpetualang, Air Terjun Luweng Sampang dapat menjadi destinasi selanjutnya yang Anda kunjungi. Air terjun dengan ketinggian sekitar 5 meter ini memiliki keunikan tersendiri. Hal ini dikarenakan lokasinya yang diapit dengan bebatuan kapur.

Disini, Anda pun akan mendapati airnya yang sangat jernih. Bahkan bagi Anda yang suka menjelajah, Anda bisa menyusuri sungai yang berada di bawah air terjun. Nantinya Anda bisa menemukan terowongan kecil. Konon katanya, terowongan tersebut menjadi tempat Sunan Kalijaga untuk bertapa.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Juminahan, Kayen, Sampang, Kec. Gedang Sari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

9. Gunung Api Purba Nglanggeran

Bukit Nglanggeran
Image Credit: Google Maps (Bagus Reza Erlangga)

Geopark yang ada di Gunung Kidul ini menjadi destinasi wisata berikutnya yang bisa Anda jelajahi. Bagi Anda yang memiliki hobi mendaki dan hiking, tentunya keindahan dari destinasi ini tak perlu diragukan lagi. Disini, Anda bisa menikmati panorama matahari terbit yang sangat eksotis.

Anda juga bisa mendirikan tenda di puncak gunung satu ini. Wisata tersebut menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin melihat keindahan Gunung Kidul dari sisi atas. Tentunya, perjalanan menuju ke tempat ini dibutuhkan tenaga yang ekstra. Sehingga bagi Anda yang tertarik, wajib untuk menyiapkan stamina terlebih dahulu.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nglanggeran Kulon, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

10. Gunung Bagus Paliyan

Gunung Bagus Paliyan
Image Credit: Google Maps (Binar Atmaja)

Destinasi berikutnya adalah Gunung Bagus Paliyan. Wisata satu ini memang dikenal lantaran memiliki pemandangan yang bagus. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa bukit ini seperti bukit yang ada di serial Teletubbies. Destinasi indah ini banyak dikunjungi wisatawan lantaran menawarkan keindahan alam dan lokasinya yang sangat instagramable.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Candi, Giring, Kec. Paliyan, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

11. Goa Jomblang

Goa Jomblang
Image Credit: Google Maps (Shin여행로그)

Dikenal sebagai goa yang eksotis, Anda juga bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Goa Jomblang ketika berada di Gunung Kidul. Di dalam goa ini terdapat lubang, yang mana ketika siang hari, cahaya matahari akan masuk melalui celah lubang tersebut dan memberikan panorama yang sangat eksotis.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jetis, Pacarejo, Kec. Semanu, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

12. Gunung Ireng Patuk

Gunung Ireng Patuk
Image Credit: Google Maps (Muhammad Imamudin)

Wisata lain yang bisa Anda sambangi ketika berada di Gunung Kidul adalah Gunung Ireng Patuk. Destinasi ini bukan termasuk jenis gunung yang sulit untuk Anda daki. Sebab, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja dari pintu masuk agar bisa sampai ke puncak gunung.

Bukit yang menjadi puncak tertinggi dari satu desa di Gunung Kidul ini kerap dikunjungi oleh pelancong yang ingin melihat keindahan matahari terbit. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menyaksikan panorama sunset bisa datang di pagi hari dan menikmati keindahan dari pemandangan yang ada di lokasi ini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngrancahan, Pengkok, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

13. Lembah Karst Mulo

Lembah Karst Mulo
Image Credit: Google Maps (Sisor Yanti)

Gunung Kidul menjadi salah satu kawasan yang mempunyai topografi pegunungan kapur. Tak mengherankan disini Anda juga bisa menemukan karst yang sangat luas. Lembah Karst Mulo dapat menjadi destinasi indah yang bisa Anda kunjungi. Megahnya tebing tebing yang ada disini membuat Anda seakan akan berada di Jurassic Park.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mulo, Kec. Wonosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

14. Bukit Kosakora

Bukit Kosakora
Image Credit: Twitter.com @fendipratama_oi

Di kawasan satu ini juga terdapat bukit dengan pemandangan yang sangat mempesona. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun Anda akan disuguhkan dengan pantai yang memiliki air jernih berwarna biru hingga perbukitan Gunung Kidul yang luar biasa indahnya. Anda bisa datang di kala senja tiba. Sebab keindahan matahari terbenam akan membuat Anda takjub.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

15. Bukit Bintang

Bukit Bintang Jogja
Image Credit: Google Maps (Megawan Handra)

Jika Anda ingin melihat indahnya malam di Gunung Kidul, datanglah ke Bukit Bintang. Destinasi satu ini memiliki keindahan tersendiri di malam hari. Kerlap kerlip lampu dan langit yang berhiaskan bintang tentunya akan membuat Anda betah. Banyak pelancong datang kemari untuk berburu sunset sekaligus menikmati megahnya Gunung Merapi di lokasi ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Srimulyo, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

16. Gunung Gentong

Gunung Gentong
Image Credit: Google Maps (Great Anime)

Gunung Gentong adalah salah satu tempat yang menjadi lokasi bersemedi Raja Majapahit terakhir yakni Prabu Brawijaya V. Sehingga tempat bersejarah ini tak ayal membuat banyak pengunjung ingin datang dan menikmati keindahannya secara langsung. Gunung Gentong identik dengan gunung yang memiliki banyak bebatuan. Disini, Anda bisa berfoto dengan latar belakang yang mengagumkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Manggung, Ngalang, Kec. Gedang Sari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

17. Rafting Kali Oyo

Rafting Kali Oyo
Image Credit: Google Maps (Riski Wahyu Purnomo)

Bagi Anda yang menyukai kegiatan yang memacu adrenalin, tentunya Rafting Kali Oyo menjadi salah satu destinasi menarik yang wajib untuk Anda kunjungi. Hal tersebut dikarenakan wisata ini menyimpan keindahan tersendiri yang bisa Anda jelajahi sembari menikmati pesona air terjun kecil yang akan membuat Anda terpukau.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Putat, Selopamioro, Kec. Imogiri, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

18. Goa Gelatik Lorong Sewu

Goa Gelatik Lorong Sewu
Image Credit: Google Maps (N Hidayat)

Wisata goa lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Goa Gelatik Lorong Sewu. Dinamakan Goa Lorong karena disini banyak sekali ditemukan berbagai macam lorong, baik yang memiliki bentuk vertikal dan horizontal. Goa ini pun juga sering kali dibuat sebagai tempat untuk bertapa.

Namun, untuk Anda yang suka berpetualang, berjalan jalan dan menjelajah goa ini juga menjadi salah satu hal yang wajib untuk Anda lakukan. Pasalnya, keindahan yang ada di dalam goa akan membuat Anda takjub. Anda tak perlu khawatir untuk tersesat, karena ketika berada disini Anda akan didampingi dengan pemandu yang telah berpengalaman.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunungbang, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

19. Goa Pindul

Goa Pindul
Image Credit: Google Maps (hornet wang)

Destinasi satu ini menjadi salah satu wisata favorit bagi pelancong. Hal in dikarenakan Goa Pindul dikenal sebagai salah satu goa bawah tanah yang memiliki aliran sungai sangat eksotis. Tak heran saat berada disini, Anda pun akan menemukan banyak wisatawan yang melakukan kegiatan cave tubing.

Cave tubing sendiri adalah salah satu kegiatan yakni penelusuran gua dengan memakai pelampung di atas sungai yang berada di bawah tanah tersebut. Untuk sensasinya sendiri tak perlu diragukan lagi. Karena Anda akan mendapati keseruan ditambah dengan pemandangan yang sangat indah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gelaran 2, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

20. Kebun Bunga Amarilis

Kebun Bunga Amarilis
Image Credit: Google Maps (metry Rm)

Tak hanya mengunjungi wisata yang memacu adrenalin, ketika Anda berada di Gunung Kidul, Anda juga bisa singgah di Kebun Bunga Amarilis. Kebun bunga yang cukup populer ini menyuguhkan berbagai jenis bunga yang sangat indah. Warna oranye yang menyala tersebut membuatnya sangat cantik apabila Anda melihatnya dari kejauhan.

Saat yang tepat untuk berkunjung ke destinasi satu ini adalah ketika Bulan Juli hingga Oktober. Sebab, waktu tersebut adalah saat saat dimana bunga bunga yang ada di Kebun Bunga Amarilis sedang bermekaran. Anda pun tak perlu jauh jauh ke Belanda untuk menikmati hamparan bunga yang indah tersebut.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngasemayu, Salam, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

21. Taman Bunga Nawari

Taman Bunga Nawari
Image Credit: Google Maps (kasiyanta deka)

Selain Kebun Bunga Amarilis, Anda juga bisa mengunjungi Taman Bunga Nawari. Taman satu ini dipenuhi dengan bunga matahari yang sangat indah. Lebihnya lagi, disini Anda akan menemukan taman yang sangat luas. Sehingga Anda bisa berfoto dengan bunga matahari yang berjajar dengan cantik tersebut.

Untuk Anda yang tertarik mengunjunginya, Anda bisa datang mulai pukul 9 pagi. Karena saat tersebut, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan berupa bunga matahari yang sangat unik. Sebab bunga tersebut akan menghadap ke arah matahari. Pastikan membawa kamera dan mengabadikan momen tersebut.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngasemayu, Salam, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

22. Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang
Image Credit: Google Maps (Opik Tri Handono)

Air terjun yang berada di area terasering persawahan ini tentunya akan membuat siapa saja menjadi penasaran. Bagi Anda yang tertarik, tentunya Anda bisa datang ke Air Terjun Kedung Kandang. Curug yang terbilang lumayan landai ini memiliki enam tingkatan dan tiga kolam besar yang mengelilinginya.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gn. Butak, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Itulah beberapa tempat wisata yang menarik Anda kunjungi saat berada di Gunung Kidul untuk berlibur. Daerah yang ada di Jogja tersebut, saat ini telah banyak dilirik oleh wisatawan. Hal ini dikarenakan memiliki potensi wisata alam yang sangat mengagumkan. Ketika berada disini, Anda pun tak perlu bingung lagi untuk menentukan tempat berlibur.

Give a Comment