44 Tempat Wisata di Jogja Terbaru & Paling Hits Buat Liburan

44 Tempat Wisata di Jogja Terbaru & Paling Hits Buat Liburan

Yogyakarta tak pernah kehabisan ide menyajikan destinasi wisata yang memanjakan mata. Rekomendasi tempat wisata di Jogja yang hits dan terbaru, dengan panorama alam yang indah, kebudayaan yang masih melekat dan wisata buatan yang kekinian tentunya cocok untuk mengisi waktu liburan Anda.

Berkunjung ke Pulau Jawa, rasanya tak lengkap apabila belum mampir ke Yogyakarta. Kawasan dengan adat dan budaya yang masih kental ini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang akan mampu membuat kagum siapapun yang menyaksikan pesonanya. Mulai dari destinasi alam, bangunan bersejarah dan wisata kekinian bisa Anda temuka di Kota Jogja.

Apabila Anda masih bingung dan penasaran, berikut ini rekomnedasi tempat wisata populer di Jogja yang bisa dipilih sebagai referensi tujuan liburan.

1. Pantai Congot

Pantai Congot
Photo by Google Maps (Partho Djojodihardjo)

Destinasi pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Congot. Pantai ini mungkin masih sangat asing terdengar di telinga Anda. Namun, bagi pemancing mania keberadaan destinasi bahari ini sudah tidak asing lagi. Anda bisa memancing santai sekaligus mencicipi olahan seafood yang khas saat berkunjung ke pantai dengan hamparan pasir hitam ini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Loasi
Alamat: Dusun Pasir Mendit, Kec. Jetis, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

2. Pantai Sanglen

Pantai Sanglen
Photo by Google Maps (Drupadi Mandalika)

Masih seputar wisata bahari, kali ini Anda bisa singgah ke Pantai Sanglen. Pantai yang masih alami ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Anda bisa duduk duduk di atas bukit bebatuan dengan panorama laut biru yang sangat indah. Untuk Anda yang memiliki hobi berkemah, tentunya Anda harus membawa perbekalan sendiri mengingat masih jarang menjumpai warung di kawasan pantai ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

3. Watu Payung Turunan

Watu Payung Turunan
Photo by Google Maps (Qosim Nur Ajib)

Menikmati indahnya matahari terbenam tak melulu harus di pantai. Sebab, ketika Anda di Jogja, Watu Payung Turunan menjadi destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi. Area bukit dengan pemandangan yang indah ini memang populer dengan panorama sunset yang memukau. Anda bisa melihat momen matahari terbenam sekaligus kabut saat berada di tempat ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Turunan, Girisuko, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

4. Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal
Photo by Google Maps (wisata dan taksi jogja solikin Solikin)

Salah satu kawasan ekowisata yang ada di Jogja, Taman Sungai Mudal juga memiliki daya tarik tersendiri. Dengan suasananya yang masih alami, Anda bisa menikmati indahnya air terjun dan aliran sungai yang berasal dari Mudal. Mudal sendiri adalah mata air yang bersumber dari gua. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan disini, seperti berenang, hiking hingga melakukan kegiatan yang lain.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

5. HeHa Sky View

HeHa Sky View
Photo by Google Maps (Alexander ditha kusuma)

Melihat apiknya langit Jogja di malam hari, tentunya Heha Sky View dapat menjadi destinasi yang harus Anda kunjungi. Disini, Anda tak hanya bisa menyantap hidangan kuliner saja, Anda juga bisa berfoto dengan spot unik berhiaskan lampu malam di kota. Untuk Anda yang merencanakan dinner romantis, tempat wisata kekinian di Jogja ini bisa dijadikan tujuan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dlingo-Patuk No.2, Bukit, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

6. The Lost World Castle

The Lost World Castle
Photo by Google Maps (Arif Darmawan)

Bosan dengan wisata Jogja yang menyajikan pemandangan alam? Anda pun bisa melanjutkan perjalanan menuju ke The Lost World Castle. Destinasi satu ini sangat cocok bagi Anda yang suka berfoto karena menawarkan beragam spot kekinian yang bisa Anda jumpai. Ditambah lagi dengan berbagai wahana yang unik, pastinya akan membuat Anda betah untuk liburan yang berkesan.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

7. Taman Pelangi Jogja

Taman Pelangi Jogja
Photo by Google Maps (Hasim Ikhwanudin)

Wisata malam di Jogja memang tak pernah ada habisnya. Anda pun bisa mengajak si kecil untuk berjalan-jalan di Taman Pelangi di Sleman. Ada banyak wahana dan permainan seru di tempat ini. Selain itu, daya tarik dari taman adalah adanya hiasan lampung menggantung yang indah nan berwarna-warni. Sehingga waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah sore menjelang malam.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

8. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta
Photo by Google Maps (Muhammad Muhlison)

Di Jogja sendiri juga banyak destinasi wisata edukasi yang bisa Anda kunjungi bersama si kecil. Salah satunya adalah Taman Pintar Yogyakarta. Disini, Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam ilmu pengetahuan yang dikemas dengan konsep hiburan yang menyenangkan. Pastinya si kecil tak akan bosan berkunjung ke Taman Pintar ini.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

9. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat
Photo by Google Maps (Anna Widuri)

Pantai Kesirat memiliki bentuk yang sangat unik. Bagaimana tidak, Anda akan disuguhkan dengan wisata bahari dengan bentuk yang terdiri dari jajaran tebing tebing yang menjulang tinggi. Untuk Anda pemburu sunset, sebaiknya Anda mampir ke destinasi bahari satu ini dan menikmati keindahan matahari terbenam dengan berlatar belakang air laut dan tebing. Pantai Kesirat juga menjadi tempat favorit untuk kegiatan camping.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karang, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

10. Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok
Photo by Google Maps (Francesca Nathania)

Jika Anda ingin liburan atau camping, Pantai Watu Kodok dapat menjadi destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi di Jogja. Pantai satu ini memiliki nama yang sangat unik lantaran di sini terdapat batu karang besar yang memiliki bentuk menyerupai kodok. Pemandangan pantai lengkap dengan ombaknya akan mampu memanjakan mata siapa pun yang berkunjung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kelor Kidul, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

11. Pantai Jogan

Pantai Jogan
Photo by Google Maps (Njoman Widiada)

Pantai Jogan memiliki keunikan tersendiri dibanding pantai lainnya di Jogja. Hal ini lantaran adanya air terjun yang berada di pinggir pantai membuatnya akan terlihat sangat eksotis. Keindahan tersebut belum tentu bisa Anda jumpai di tempat lain. Destinasi bahari ini juga identik dengan ombaknya yang cukup besar. Anda pun bisa merasakan sensasi dan hawa segar khas pantai saat berlibur di tempat ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pantai, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

12. Pantai Ngandong

Pantai Ngandong
Photo by Google Maps (LKD)

Saat berlibur di Jogja, Anda akan menemukan banyak sekali objek wisata pantai. Pantai Ngandong menjadi tempat liburan favorit karena lokasinya yang masih jarang dijamah pengunjung dan pemandangan bukit hijaunya yang indah. Anda pun bisa dengan puas bermain air disini. Selain itu, pantai satu ini juga menjadi pelabuhan nelayan, sehingga Anda pun bisa melihat aktivitas nelayan saat berkunjung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Selatan Jawa, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

13. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo
Photo by Google Maps (Manifesto 666)

Pantai lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Wediombo yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jogja. Di kawasan pantai ini, Anda bisa melakukan berbagai macam hal seperti berenang di kolam yang alami hingga menikmati pasir putih yang hangat. Keindahan dari pantai ini pun tak perlu diragukan lagi, pastinya mampu memanjakan mata. Terlebih dengan airnya yang sangat jernih.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

14. Candi Sewu

Candi Sewu
Photo by Google Maps (adi zein)

Wisata budaya dan purbakala juga menjadi salah satu hal yang tidak bisa Anda lewatkan saat berkunjung ke Jogja. Salah satu yang bisa Anda kunjungi adalah Kompleks Candi Sewu yang sangat megah. Keindahan dan kemegahan dari berbagai relief dinding candi tersebut akan membuat Anda takjub dan terpesona, ditambah dengan pemandangan alam yang indah di sekitar bangunan bersejarah ini.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.KM.16, Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

15. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk
Photo by Google Maps (Air Terjun Sri Gethuk)

Wisata air nampaknya juga menjadi andalan di Jogja. Selain pantai, Anda juga bisa mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk yang berada di Kabupaten Gunung Kidul. Meskipun air terjun ini tidak terlalu besar, namun keindahan dan pemandangan yang alami akan mampu membius Anda. Pastikan untuk tidak melewatkan pesona destinasi alam ini.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mungguran II, Bleberan, Kec. Playen, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

16. Merapi Park

Merapi Park
Photo by Google Maps (Ciani Limaran)

Merapi Park juga menjadi salah satu daftar wisata unik yang ada di kota Jogja. Destinasi ini memiliki banyak sekali miniatur miniatur dari beberapa tempat populer yang ada di dunia. Sehingga, Anda cukup datang ke destinasi ini, maka Anda pun akan berasa berkeliling dunia. The World Landmarks ini memang cocok dikunjungi bagi Anda yang memiliki hobi berswafoto.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang No.KM.22.5, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

17. Pantai Timang

Pantai Timang
Photo by Google Maps (Bernard Rouhi)

Saat berada di Pantai Timang, Anda tidak akan menemukan hamparan pasir putih. Hal ini dikarenakan daya tarik dari Pantai Timang adalah wahananya yang terbilang cukup ekstrim. Anda bisa menyebrangi lautan dengan menggunakan Gondola yang melayang. Pastinya hal ini akan memacu adrenalin Anda, terlebih lagi ketika melewati ombak yang besar. Namun pengelola telah menyediakan pengaman ekstra bagi pengunjung yang bermain di wahana ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Selatan Jawa, Pantai, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

18. Pantai Drini

Pantai Drini
Photo by Google Maps (Setyo Aji)

Selanjutnya, Anda bisa menuju ke destinasi wisata bahari yang lain. Masih seputar pantai, yaitu Pantai Drini. Namun saat berada disini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan bawah laut yang mempesona. Bagi Anda yang menyukai kegiatan snorkeling, pantai ini menjadi lokasi yang pas. Wisata pantai di Jogja ini juga memiliki fasilitas lengkap guna menunjang liburan pengunjung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

19. Pantai Samas

Pantai Samas
Photo by Google Maps (Tommy Suryaputra)

Apabila Anda ingin melihat keberadaan penyu-penyu yang dilindungi, Pantai Samas adalah lokasi yang tepat dituju. Di pantai ini, Anda akan disuguhkan dengan keindahan alamnya yang mempesona. Perahu perahu nelayan dan juga view sunset-nya yang mempesona akan membuat Anda tak ingin beranjak dari tempat ini.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sogo Sanden, Srigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

20. Pantai Nguluran

Pantai Nguluran
Photo by Google Maps (Budi Sutrisno)

Memiliki ikon jembatan kaca yang terkenal di bibir pantai, membuat Pantai Nguluran kerap kali dijadikan jujukan untuk wisatawan yang hobi fotografi. Keberadaannya yang sangat eksotis membuat pantai ini kerap kali dijadikan lokasi untuk mengambil foto pre-wedding. Tak mengherankan, Pantai Nguluran pun mulai populer di daerah Jogja.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bolang, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

21. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung
Photo by Google Maps (Idneh Craft)

Meskipun destinasi alam Bukit Panguk Kediwung belum begitu dikenal, Anda wajib untuk datang mengunjunginya ketika berada di kabupaten Bantul, Jogja. Pasalnya pemandangan matahari terbitnya yang mempesona akan membuat Anda terpukau. Ditambah lagi kabutnya yang menyelimuti bukit akan menjadi latar belakang yang sangat cantik di kamera.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kediwung, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

22. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger
Photo by Google Maps (Wahyu ais)

Tak hanya memiliki pantai dengan pemandangan yang unik dan beragam, Jogja juga memiliki banyak kawasan hutan pinus. Salah satunya adalah Hutan Pinus Pengger yang ada di pinggir kota Jogja. Bagi Anda yang ingin menikmati udara segar sembari menjelajah dan duduk di hammock, Hutan Pinus Pengger ini dapat menjadi destinasi yang tepat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

23. Bukit Bintang Jogja

Bukit Bintang Jogja
Photo by Google Maps (Megawan Handra)

Menikmati Jogja dari ketinggian memang sudah tak perlu diragukan lagi keindahannya. Menjadi salah satu tempat romantis yang ada di Jogja, Anda pun wajib menghabiskan waktu di Bukit Bintang bersama pasangan. Disini, banyak sekali spot foto yang instagramable dan pastinya tidak akan membuat Anda bosan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Srimulyo, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

24. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark
Photo by Google Maps (Lupiyo Hartadi)

Bingung mencari tempat berlibur bersama dengan keluarga? Anda bisa mengunjungi Sindu Kusuma Edupark. Tempat rekreasi ini memiliki banyak wahana permainan yang seru. Selain itu, Anda pun bisa menjelajah seharian mengelilingi wisata edupark ini dan mencoba banyak permainan yang tersedia. Pastinya bakal seru banget menghabiskan waktu di tempat ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jambon, Kragilan, Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

25. Puncak Becici

Puncak Becici
Photo by Google Maps (Dwi Darmawan)

Puncak Becici di Bantul yang dikenal memiliki panorama yang indah ini menjadi salah satu jujukan wisatawan ketika ingin menikmati panorama matahari terbenam. Dengan spot ayunan yang berada di puncak bukit, tentunya akan memiliki keseruan tersendiri ketika Anda mengabadikannya. Bahkan mantan presiden Amerika, yakni Barack Obama menjadikan lokasi ini sebagai tempat wisata favoritnya ketika di Jogja.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunungcilik, RT.07/RW.02, Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

26. Pantai Siung

Pantai Siung
Photo by Google Maps (Felisitas Brillianti)

Bebatuan karang yang Anda temui di Pantai Siung, Gunung Kidul tentu saja menjadi salah satu keistimewaan tersendiri. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mengunjungi pantai dengan view yang berbeda, Pantai Siung adalah tujuan tepatnya. Disini Anda juga bisa untuk melihat indahnya sunset dengan latar belakang gugusan karang yang mempesona.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

27. Pantai Krakal

Pantai Krakal
Photo by Google Maps (Zulfi Faizati Nurunnimah)

Jika Anda ingin melihat fenomena matahari tenggelam dan juga snorkeling sekaligus pada satu tempat, Pantai Krakal adalah lokasi yang wajib Anda tuju. Disini Anda akan disuguhkan keindahan bawah laut yang mempesona. Tidak hanya itu saja, Anda pun juga bisa berfoto dengan batu karang yang sangat ikonik di kawasan wisata ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

28. Pantai Glagah

Pantai Glagah
Photo by Google Maps (Rj Sadmoko)

Pantai Glagah dikenal dengan pasir hitam dan juga gugusan tetrapod ini sayang untuk Anda lewatkan ketika berada di Jogja. Adanya tetrapod yang berfungsi untuk memecah ombak dan mencegah terjadinya abrasi ini ternyata sangat bagus untuk dijadikan latar belakang ketika berfoto. Tentunya, Anda harus mampir untuk menikmati destinasi bahari yang menawan di Kulon Progo.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Glagah, Glagah, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

29. Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara
Photo by Google Maps (Frozen Cold)

Saat Anda ingin berlibur di satu pantai namun juga ingin untuk mendapatkan banyak hal yang menarik, Pantai Goa Cemara adalah jawabannya. Anda bisa berkunjung mulai siang hari untuk bermain air di bibir pantai sekaligus melihat indah dan rimbunnya pohon cemara yang ada di kawasan pantai ini.

Namun, Anda jangan terburu-buru untuk beranjak. Pasalnya, ketika menjelang sore tiba Anda bisa menaiki mercusuar yang ada di pantai ini. Kemudian, menjelang senja tiba Anda pun bisa menunggu momen terbenamnya matahari yang cantik. Berfoto dengan tema siluet pastinya akan menjadi salah satu kegiatan yang wajib Anda lakukan disini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

30. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang
Photo by Google Maps (Rifky Zulfa)

Saat Anda berada di Gunung Kidul, menikmati keindahan pantai akan menjadi daya tarik tersendiri yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya dengan menyusuri dan menjelajah Pantai Sepanjang yang memiliki bentang pantai sangat luas. Saat berada disini, pastinya Anda akan puas berjalan-jalan di area pantai yang tidak terlalu ramai pengunjung ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Nglolang, Sanglen, Ngalos, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

31. Kalibiru

Kalibiru
Photo by Google Maps (m.khalil al-wazir)

Menikmati deretan bukit dan pegunungan dari ketinggian tentunya menjadi salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan ketika menghabiskan waktu di Jogja. Untuk Anda yang ingin merasakan sensasi tersebut ada baiknya Anda mengunjungi tempat wisata Kalibiru yang ada di Kulon Progo, Jogja.

Tempat wisata yang telah populer ini menyajikan pemandangan alam yang luas biasa indahnya. Ditambah lagi, Anda akan disuguhkan dengan banyak spot foto yang kekinian dan instagramable. Berjalan jalan disini akan membuat Anda puas seharian. Pastikan untuk datang dan singgah ke Kalibiru saat berada di Jogja.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

32. Tebing Breksi

Tebing Breksi
Photo by Google Maps (Theodorus Aji Baruno)

Destinasi selanjutnya yang bisa Anda kunjungi saat berada di Jogja adalah Tebing Breksi. Tebing yang berasal dari bekas tambang kapur ini mendadak berubah menjadi salah satu destinasi wisata kekinian yang menarik wisatawan. Bahkan bisa dibilang Tebing Breksi menjadi lokasi yang cukup populer dikunjungi oleh wisatawan.

Pasalnya, disini Anda akan menemukan banyak sekali spot spot foto yang unik. Bahkan wisata di Jogja ini pun sangat indah dikala pagi ataupun sore hari. Bagi Anda yang menyukai selfie atau hobi fotografi, pastikan untuk mengunjungi Tebing Breksi sebagai salah satu lokasi untuk berlibur selama berada di Jogja.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

33. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut
Photo by Google Maps (Febry Fidelia)

Pemandangan alam yang indah, tebing yang eksotis dan airnya yang jernih adalah beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Air Terjun Kedung Pedut. Destinasi satu ini memang berada jauh dari pusat kota Jogja. Akan tetapi, saat Anda berwisata ke tempat satu ini dijamin sangatlah worth it.

Anda pun bisa bermain air sembari menikmati udara yang sejuk dan panorama alam yang memanjakan mata. Bagi Anda yang sedang dilanda penat, berlibur di air terjun satu ini dapat menjadi salah satu rekomendasi yang sangat tepat. Pasalnya, Anda akan bisa merasakan rileks saat menghabiskan waktu di lokasi ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

34. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan
Photo by Google Maps (Surya Saputera)

Saat Anda ingin menjelajah daerah Jogja dengan sederet wisatanya yang memukau, Kebun Buah Mangunan tampaknya harus masuk ke daftar yang Anda tuju. Sebab, pemandangan alam dari lokasi wisata ini sangatlah indah dan menakjubkan. Salah satu daya tarik yang dicari pengunjung saat berada disini adalah kabutnya.

Anda akan bisa melihat indahnya panorama sekitar diselingi dengan kabut yang indah layaknya membungkus daratan. Disini, Anda juga bisa menemukan banyak spot foto yang instagramable. Pastikan untuk mengenakan pakaian hangat, karena cuaca di lokasi ini cukup dingin. Untuk panorama yang terbaik, Anda bisa mengunjunginya di waktu pagi hari.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

35. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko
Photo by Google Maps (Ian Ardi)

Selain melihat sunset dari pantai dan juga bukit, Anda juga bisa menikmati indahnya matahari terbenam saat berada di Candi Ratu Boko. Destinasi wisata yang sarat akan kultur dan budaya ini ternyata memiliki sisi eksotisme tersendiri bagi wisatawan. Bagi Anda yang ingin mengunjunginya, Anda pun bisa datang menjelang senja tiba.

Candi ini masih dalam satu pengelolaan dengan Candi Prambanan. Bahkan Anda pun bisa membeli tiket terusan menuju ke candi ini saat sedang menjelajah Candi Prambanan. Disini, Anda bisa berfoto di gerbang dengan pemandangan serta latar belakang sunset yang indah. Jangan sampai Anda melewatkan destinasi yang sangat romantis ini.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Piyungan – Prambanan No.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

36. Goa Pindul

Goa Pindul
Photo by Google Maps (hornet wang)

Goa Pindul yang terkenal dengan cave tubingnya juga menjadi rekomendasi destinasi wisata di Jogja bagi Anda yang memiliki jiwa petualang. Disini, Anda akan menjelajah goa yang memiliki panjang mencapai 350 meter dengan lebih 5 meter. Ketika menjelajah, Anda akan disuguhkan dengan tiga zona yang ada pada goa.

Zona yang pertama adalah zona terang, zona gelap dan yang terakhir zona remang. Keindahan dari goa ini terletak pada stalagmit dan stalaktit yang dimilikinya. Bagi Anda yang tertarik menjelajah kemegahan goa ini, Anda bisa mengikuti cave tubing dengan menggunakan ban pelampung selama 45 menit.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gelaran 2, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

37. Goa Jomblang

Goa Jomblang
Photo by Google Maps (Shin여행로그)

Daya tarik dari Goa Jomblang adalah cahaya matahari yang masuk menyinari goa layaknya cahaya surga. Dengan adanya cahaya yang menembus lubang tersebut membuat banyak wisatawan menjadi penasaran berkunjung. Alhasil tempat ini pun ramai dikunjungi oleh pelancong, terutama yang hobi fotografi dan menjelajah alam.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jetis, Pacarejo, Kec. Semanu, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

38. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Photo by Google Maps (Farida Rohimawati)

Wisata pantai yang hits di Jogja ini sudah tidak asing lagi pastinya. Sebab, keindahan dari Pantai Parangtritis telah tersohor hingga ke seluruh penjuru. Tempat wisata yang identik dengan ombaknya yang besar tersebut nampak selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama ketika hari libur tiba.

Bagi Anda yang ingin berjalan jalan dan menyusuri pantai, ada baiknya Anda datang di hari biasa saja untuk menghindari keramaian. Selain itu, disini Anda tak hanya bisa bermain air dan pasir saja melainkan Anda juga bisa naik andong atau delman. Meskipun di Jogja telah banyak wisata baru bermunculan, Pantai Parangtritis tetap menjadi salah satu destinasi yang eksis hingga sekarang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

39. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi
Photo by Google Maps (WrackAce Marz)

Berada di Kaliurang, destinasi satu ini juga wajib Anda kunjungi. Museum Gunung Merapi adalah tempat wisata yang terbentuk karena bencana Gunung Merapi beberapa tahun silam. Di dalam sini, Anda bisa untuk melihat berbagai macam benda benda yang hangus akibat terkena letusan gunung berapi.

Adanya museum ini dapat menjadi salah satu wisata edukasi dan juga sarana informasi maupun pendidikan terkait geologi serta gunung api. Selain memamerkan beberapa benda yang hangus saat peristiwa meletusnya gunung berapi, saat berada disini Anda juga akan disuguhkan dengan karya seni tentang asal muasal dari Gunung Merapi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang No.Km, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

40. Taman Sari Jogja

Taman Sari Jogja
Photo by Google Maps (Alyx Azhar)

Ketika Anda berada di pusat kota Jogja, kurang lengkap rasanya apabila tidak mengunjungi Taman Sari Jogja. Hal ini dikarenakan tempat yang dulunya menjadi sarana rekreasi dan meditasi dari keluarga keraton, saat ini telah dibuka untuk umum. Tentunya desain dan arsitektur dari Taman Sari ini akan membuat Anda terpukau.

Awalnya, tempat wisata di Jogja ini memang dibangun untuk menghargai jasa jasa dari istri Sultan yang telah membantu ketika masa perang berlangsung. Namun, saat ini destinasi wisata Taman Sari menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi lantaran memiliki panorama dan bangunan yang sangat estetik.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Patehan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

41. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
Photo by Google Maps (dyah ayu shafitri)

Salah satu destinasi budaya lainnya yang bisa Anda singgahi ketika berada di Jogja pastinya adalah Keraton Yogyakarta. Keraton ini merupakan salah satu bangunan bersejarah yang bisa Anda jumpai ketika berjalan jalan di pusat kota Jogja. Disini, terdapat museum yang berisi barang barang unik yang merupakan hadiah dari Kerajaan Eropa dan lain sebagainya.

Untuk Anda yang tertarik menjelajah dan berjalan jalan ke Keraton Yogyakarta, ada baiknya Anda bisa datang di pagi hari. Hal ini dikarenakan wisata satu ini akan tutup pada pukul dua siang. Bagi Anda yang ingin menambah pengetahuan seputar budaya dan sejarah dari tempat ini, maka Anda pun bisa menyewa pemandu yang memang telah disediakan pihak keraton.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Rotowijayan Blok No.1, Panembahan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

42. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg
Photo by Google Maps (Sugi Arto)

Tempat bersejarah lainnya yang bisa Anda temukan di Jogja adalah Benteng Vredeburg. Berlokasi di sekitar Malioboro, Anda pun bisa mengunjungi benteng yang masih berdiri dengan megahnya tersebut. Saat berada disini Anda bisa melihat koleksi benda benda bersejarah sekaligus berjalan jalan.

Tak hanya itu saja, benteng satu ini juga memiliki museum yang dilengkapi dengan diorama tentang sejarah dari Indonesia. Tentu saja hal ini akan menjadi salah satu destinasi wisata edukasi yang cocok dikunjungi bersama dengan keluarga dan si kecil. Karena selain berjalan jalan, Anda pun juga akan menambah pengetahuan saat berkunjung kesini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

43. Jalan Malioboro

Malioboro
Photo by Google Maps (lilik Widari Samsi)

Kawasan Malioboro adalah salah satu tempat wisata yang tak bisa Anda lewatkan saat berada di kota Jogja. Hal ini dikarenakan saat Anda menginjakkan kaki disini tentunya tak bisa berhenti untuk menjelajah setiap sudutnya. Bagaimana tidak, mulai dari makanan, angkringan hingga sentra oleh oleh dan juga pasar tersedia di tempat satu ini.

Tak perlu khawatir merogoh kocek yang dalam, oleh oleh maupun kuliner yang ada di lokasi ini pun memiliki harga yang terjangkau dan ramah di kantong. Sehingga nantinya Anda pun bisa berjalan jalan sembari berbelanja buah tangan dan oleh oleh khas Jogja. Tentunya Malioboro akan menjadi tujuan wisata yang paling banyak diincar oleh wisatawan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

44. Candi Prambanan

Candi Prambanan
Photo by Google Maps (A G)

Destinasi wisata Candi Prambanan memang menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan. Bagaimana tidak, di tempat bersejarah ini Anda akan disuguhkan dengan bangunan kompleks candi yang megah. Tak hanya itu saja, bahkan di hari hari tertentu Anda juga bisa untuk menyaksikan pertunjukan Rama Shinta yang digelar di kawasan candi ini. Pastikan Anda untuk mampir dan menjelajahi megahnya candi satu ini.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Berjalan-jalan di Jogja memang tak akan pernah ada habisnya. Bahkan Anda pun bisa menginap lebih dari satu minggu untuk menjelajah setiap tempat wisata di Jogja yang hits, mulai dari wisata alam yang mempesona, hingga wisata yang berbau sejarah dan budaya bisa Anda temukan semuanya. Tak lupa, Anda pun wajib mencicipi kuliner gudeg yang lezat tersebut. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published