Kaliurang Jogja menjadi wilayah yang tidak pernah sepi wisatawan. Inilah rekomendasi tempat wisata hits di Kaliurang Jogja, mulai dari museum, air terjun, goa, hingga taman yang indah dapat dijadikan destinasi liburan yang potensial.

Momen liburan bersama dengan keluarga harus direncanakan dengan baik. Kunjungilah tempat tempat yang memiliki banyak objek menarik untuk didatangi. Salah satu kota yang menjadi tempat paling asyik untuk mengisi waktu luang adalah Jogja, tepatnya di wilayah Kaliurang. Lantas tahukah Anda apa saja tempat wisata di sana? Simak informasinya di sini!

1. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi
Image Credit: Google Maps (WrackAce Marz)

Keberadaan Gunung Merapi di Jogja sudah bukan informasi baru. Keindahan panoramanya sudah terkenal hingga pelosok negeri. Siapa sangka jika di lereng gunung yang satu ini terdapat objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, yaitu museum gunung merapi (MGM). Tempat ini menyediakan wahana edukasi tentang konservasi dan ilmu tentang penanganan bencana.

Objek wisata tersebut diresmikan pada tanggal 1 Oktober 2009. Semenjak itulah destinasi ini dapat dikunjungi oleh wisatawan. Hingga saat ini, MGM masih beroperasi dan diklaim sebagai salah satu wisata andalan di wilayah Kaliurang. Berkeliling di sana tidak akan terasa lama karena segala informasinya membuat pengunjung penasaran.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang No.Km, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

2. Blue Lagoon Jogja

Blue Lagoon
Image Credit: Google Maps (Andi Tok)

Salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Blue Lagoon. Sebenarnya tempat ini bernama Pemandian Tirta Budi. Akan tetapi airnya yang jernih dan biru membuatnya menyandang nama tersebut. Destinasi ini berlokasi di Desa Dalem Yogyakarta, lebih tepatnya dekat dengan Pasar Jangkang.

Tidak hanya sekedar berendam, pengunjung juga bisa menguji adrenalin dengan melompat dari semen pembatas yang ada di sekitar kolam. Tinggi pijakan tersebut sekitar 3 meter dari permukaan air. Meskipun begitu, banyak anak muda yang menyukai tantangan ini. Pengunjung juga bisa menyewa pelampung untuk meluncur dari bendungan kecil yang ada di ujung kali.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Area Sawah, Widodomartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

3. Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang
Image Credit: Google Maps (Panji Muhammad)

Tlogo Putri Kaliurang merupakan tempat wisata yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Sleman. Kawasan wisata ini merupakan perpaduan antara wisata air dan wisata alam. Terdapat embung yang berisi air dan disertai dengan fasilitas persewaan kano dan bebek air. Beberapa kegiatan lain masih bisa dilakukan oleh pengunjung, salah satunya adalah flying fox.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

4. Air Terjun Tlogo Muncar

Air Terjun Tlogo Muncar
Image Credit: Google Maps (Muhammad Asad)

Air terjun selalu menjadi andalan wisata yang digemari oleh banyak orang. Nuansanya yang adem serta suara air yang jatuh dari ketinggian membuat jiwa lebih tenang. Deretan pepohonan di tebing sekitaran lokasi juga membuatnya semakin cantik. Untuk menikmati semua keindahan itu Anda bisa berkunjung ke Air Terjun Tlogo Muncar Yogyakarta.

Objek wisata ini berada di lereng Bukit Plawangan di sekitar Gunung Merapi. Air terjunnya bisa dibilang sangat tinggi karena mencapai 30 hingga 45 meter. Sayangnya, debit air di sana tidak terlalu besar sehingga saat musim kemarau airnya menjadi kering. Meskipun begitu, panorama sekitarnya yang asri menjadi daya tarik yang tidak dapat dielakkan.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tlogo Putri, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

5. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu
Image Credit: Google Maps (Budi Sulis)

Museum Ullen Sentalu sangat cocok untuk dikunjungi oleh Anda yang pecinta karya seni. Begitu datang, pengunjung akan langsung dimanjakan dengan keindahan arsitektur yang kental akan unsur budaya jawa. Pepohonan yang rimbun membuat suasana menjadi lebih asri dan menyenangkan. Di dalam sana ada ruangan seni yang ikut memamerkan berbagai jenis gamelan.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

6. Wisata Edukasi Omah Salak

Omah Salak
Image Credit: Google Maps (Khem Puthea)

Pohon salak menjadi salah satu ikon daerah Yogyakarta. Hal tersebutlah yang kemudian menjadi alasan Wisata Edukasi Omah Salak ini dibuka. Pengunjung dapat mengetahui proses panen dan ikut menikmati berbagai hidangan berbahan salak yang unik dan menarik. Memang benar bahwa buah yang satu ini cocok dikembangkan di sekitaran merapi yang tanahnya berpasir.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Perum Gadjah Mada Asri Kenteng Turi Sleman Jl. Pojok Pojok Pojok, Pojok, Wono Kerto, Kec. Turi, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

7. Wisata Lereng Gunung Merapi

Wisata Lereng Gunung Merapi
Image Credit: Google Maps (Septian D’Prasetyo)

Pagi hari adalah waktu terbaik bagi pengunjung untuk melihat keindahan lereng Merapi. Saat inilah kabut belum turun sehingga kemegahan gunung yang menjulang tinggi bisa dinikmati dengan jelas. Menghabiskan waktu di sana ditemani dengan udaranya yang sejuk sangatlah nyaman untuk dilakukan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang KM.22.6, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

8. Kawasan Wisata Kaliurang

Desa Wisata Kaliurang
Image Credit: Google Maps (Rizál)

Kawasan Wisata Kaliurang adalah objek wisata di kaki gunung merapi yang memiliki nuansa alam yang sejuk. Letaknya berada di utara Kota Yogyakarta dengan jarak sekitar 35 kilometer. Bagi Anda yang ingin menginap terdapat banyak villa dan homestay yang bisa disewa. Dengan begitu, liburan Anda bersama keluarga akan lebih berkesan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kaliurang Timur, RT.05/RW.15, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

9. Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang

Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang
Image Credit: Google Maps (Artha Hirsanova)

Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang berlokasi tidak jauh dari Gunung Merapi. Di sana pengunjung dapat menikmati panorama alam yang sangat indah. Kawasan persawahan yang luas akan membuat mata menjadi sejuk. Belum lagi rumah adat bernuansa joglo dan limasan membuat kondisinya semakin tradisional dan kental akan unsur budaya.

Wisatawan yang datang berkunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas. Beberapa diantaranya adalah mencoba wahana outbound dan belajar beternak. Liburan dijamin lebih seru dan berwarna. Bagi Anda yang penasaran, lokasinya berada di sekitaran jalan Kaliurang Kecamatan Pakem Sleman.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang No.KM.19.2, Area Sawah, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

10. Desa Wisata Pulesari

Desa Wisata Pulesari
Image Credit: Google Maps (Ifti Luthviana)

Desa Wisata Pulesari sengaja dibangun untuk sarana wisata yang berkonsep Go green dan Back to Nature. Hal ini terlihat dari nuansa alamnya yang sangat asri serta masih terbalut dengan tradisi dan budaya yang kental. Desa tersebut berada di Dusun Pulesari Kecamatan Turi Sleman Yogyakarta.

Salah satu kegiatan yang digemari oleh pengunjung adalah mengikuti prose pemanenan salak. Aktivitas ini masuk dalam rangkaian paket wisata yang ditawarkan oleh pihak pengelola. Wisatawan juga dapat merasakan jelajah goa dan sungai yang tak kalah menarik untuk dilakukan. Udaranya yang sejuk akan membuat perjalanan lebih berkesan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulesari, Wono Kerto, Kec. Turi, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

11. Goa Jepang Kaliurang

Goa Jepang Kaliurang
Image Credit: Google Maps (Anggara W. Prasetya)

Goa Jepang Kaliurang berada di lereng Gunung Merapi. Lokasi tersebut adalah peninggalan Jepang yang dibangun sekitar tahun 1942 hingga 1945. Pada saat itu fungsinya adalah sebagai tempat perlindungan tentara mereka dari sekutu. Objek wisata ini tidak dilengkapi dengan lampu penerangan, namun tak perlu khawatir karena ada pemandu yang siap menemani.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

12. Desa Wisata Pentingsari

Desa Wisata Pentingsari
Image Credit: Google Maps (Iwan Pramana)

Desa Wisata Pentingsari menjadi salah satu desa yang dengan sengaja dikembangkan sebagai lokasi wisata. Destinasi ini berada di Kabupaten Sleman, lebih tepatnya di Kecamatan Cangkringan. Hampir semua tenaga kerja dan pengelola wisata adalah warga lokal. Terdapat berbagai paket wisata yang bisa Anda coba.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pentingsari, Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

13. Bukit Kali Kuning

Bukit Kali Kuning
Image Credit: Google Maps (ARS Outdoor)

Bagi Anda yang belum tahu, Bukit Kali Kuning masuk dalam jajaran wisata andalan di Kaliurang Yogyakarta. Lokasinya berada di lereng Gunung Merapi dan kerap dipilih untuk kegiatan kemah, camping, atau outbound. Pemandangan sekitarnya juga sangat cantik karena dihiasi oleh batuan andesit yang menawan.

Dihimbau bagi wisatawan yang berkunjung untuk menggunakan jaket karena cuacanya yang dingin. Menghabiskan waktu sambil menikmati kondisi sekitar bukit adalah pilihan yang baik untuk bersantai. Lokasi ini ramai dikunjungi terutama oleh anak muda yang berjiwa petualang. Berbagai spot cantik juga kerap dipilih sebagai latar selfie yang instagramable.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bebeng, Pangukrejo, Palemsari, Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

14. Bunker Kaliadem

Kaliadem
Image Credit: Google Maps (sebastian friedrich)

Bunker Kaliadem merupakan sebuah benteng yang digunakan sebagai pertahanan dari awan panas merapi saat terjadi letusan. Saat ini tempat tersebut menjadi lokasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan meskipun dulu menjadi saksi kelam letusan tahun 2006 silam. Hamparan pasir di sekitarnya ikut menciptakan nuansa yang sayang untuk dilewatkan.

15. Bukit Klangon

Bukit Klangon
Image Credit: Google Maps (muhammad samsul)

Saat berkunjung ke area Merapi, tidak ada salahnya bagi Anda untuk menyempatkan waktu singgah ke Bukit Klangon. Lokasi ini menjadi gardu pandang bagi wisatawan yang hendak menikmati keindahan Gunung Merapi. Di sini, pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang asri dan dijamin menyejukkan mata.

Berlama lama di Bukit Klangon tidak akan terasa. Tampaknya memang benar bahwa spot yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bersantai. Ditemani dengan keindahan lokasi serta sejuknya udara akan membuat siapapun merasa tentram. Dengan begitu, Anda akan lebih siap memulai aktivitas di keesokan harinya.

16. Batu Alien Cangkringan

Batu Alien Cangkringan
Image Credit: Google Maps (Alita Kusuma)

Batu Alien Cangkringan adalah spot menarik yang kerap dikunjungi oleh wisatawan selama liburan. Nama tersebut didapat karena sekilas batu ini terlihat mirip seperti bentuk kepala alien. Lokasinya berada di bantaran sungai Gendol yang sangat curam. Selain itu, di sana terdapat gardu pandang yang pas untuk melihat pemandangan sekitar yang indah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jambu, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

17. Stonehenge Cangkringan

Stonehenge Cangkringan
Image Credit: Google Maps (dayat tri)

Stonehenge Cangkringan merupakan sebuah situs prasejarah yang berasal dari masa manusia purba. Di tempat ini terdapat monumen berupa batuan besar yang ditumpuk serta ditata secara melingkar. Sekilas, lokasi tersebut mirip dengan Stonehanger yang ada di Salisbury Inggris. Pengunjung dapat berfoto berlatarkan tugu yang unik satu ini.

Bagi Anda yang tertarik, lokasinya cukup terkenal sehingga tidak akan sulit untuk dicari. Destinasi tersebut berada di sekitaran Dusun Petung, Desa Kepuharjo Yogyakarta. Spot menarik tersebut akan membuat pengunjung serasa berlibur ke luar negeri. Hingga saat ini situs tersebut tidak pernah sepi pengunjung terutama saat liburan tiba.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Trutan, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

18. The Lost World Castle

The Lost World Castle
Image Credit: Google Maps (Arif Darmawan)

The Lost World Castle merupakan sebuah bangunan yang sekilas tampak seperti Tembok Besar Cina. Tentu ukurannya tidak semegah itu, akan tetapi nuansanya yang menyerupai bangunan negeri tirai bambu membuat pengunjung tertarik. Destinasi unik ini berlatarkan pemandangan Merapi yang megah sehingga panoramanya sangat memukau.

Sama seperti spot wisata lainnya, The Lost World Castle juga kerap dijadikan tempat berburu foto oleh para pengunjung. Memang tidak dapat dipungkiri, apabila keunikannya ini membuat kebanyakan orang ingin menyimpan momen kunjungannya dalam sebuah foto. Bagi Anda yang tertarik, lokasinya berada di sekitaran Dusun Petung Kepuharjo.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

19. Rumah Hobbit Kaliurang

Rumah Hobbit Kaliurang
Image Credit: Instagram.com @susy_turnip

Rumah Hobbit menjadi salah satu ikon andalan yang erat kaitannya dengan serial film Lord of The Ring. Saking populernya kisah serial tersebut, banyak lokasi wisata yang kemudian dikembangkan dengan mengangkat tema yang sama. Alasan inilah yang membuat Rumah Hobbit Kaliurang mulai dikembangkan.

Lokasinya berada persis di depan The Lost World Castle, sehingga Anda yang mengunjungi destinasi tersebut bisa sekalian mampir ke sana. Rumah ini tersembunyi di perut bukit buatan dengan tinggi kurang lebih 5 meter. Dekorasinya memang dibuat semirip mungkin dengan rumah para hobbit di dalam film.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Jambu, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

20. Merapi Park

Merapi Park
Image Credit: Google Maps (Ciani Limaran)

Merapi park adalah tempat yang cocok bagi Anda untuk melihat semua monumen ikonik di berbagai negara dalam satu tempat. Meskipun hanya berupa replika, destinasi ini tetap menarik untuk dikunjungi. Taman ini juga turut memiliki pemandangan yang asri melalui kehadiran berbagai bunga serta rerumputan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang No.KM.22.5, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Memang sangat menyenangkan untuk melihat berbagai destinasi menarik di sebuah kota. Informasi inilah yang kemudian dapat Anda pertimbangkan untuk menghadirkan liburan yang menyenangkan bagi keluarga. Berbagai objek wisata di Kaliurang, Jogja yang telah disebutkan diharapkan dsleapat membantu Anda menentukan pilihan destinasi yang berkesan.

Give a Comment