Kulon Progo, Yogyakarta dikenal dengan wisata pantai di bagian selatan dan pegunungan di sisi barat laut. Inilah daftar tempat wisata hits di Kulon Progo terbaru yang menarik dieksplor untuk petualangan liburan yang menyenangkan.

Tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba wisata di Kabupaten Kulon Progo. Pasalnya, perkembangan wisata di daerah ini sangat pesat dengan mengusung tema “Kulon Progo the Jewel of Java”. Banyak spot wisata baru dan sedang hits yang bisa Anda jelajahi bersama rekan liburan. Anda dijamin tidak akan menyesal karena banyak destinasi menarik yang bisa Anda kunjungi. Berikut ini deretan tempat wisata populer di Kulon Progo yang layak Anda kunjungi.

1. Gunung Ijo

Gunung Ijo
Image Credit: Google Maps (MANDUT Galery)

Anda bisa memulai perjalanan wisata di Gunung Ijo ini. Dengan ketinggian yang mencapai 1.000 meter di atas permukaan laut, tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki hobi mendaki. Anda akan menjumpai jalur yang cukup menanjak dengan kontur tanah berupa batuan karang. Perjuangan untuk mendaki akan terbayar lunas saat Anda sudah berada di puncak.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tirto, Hargotirto, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

2. Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal
Image Credit: Google Maps (wisata dan taksi jogja solikin Solikin)

Setelah mendaki gunung, Anda bisa melanjutkan wisata ke Taman Sungai Mudal yang asri ini. Objek wisata ini menjadi favorit keluarga untuk menghabiskan waktu luang karena suasananya yang menyegarkan, sehingga akan membuat Anda betah untuk berlama-lama. Panorama alam yang disuguhkan di tempat ini sangat luar biasa dengan kolam yang sangat jernih airnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

3. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo
Image Credit: Google Maps (Oka Shakatto)

Tempat wisata ini cocok untuk Anda pilih jika ingin sejenak menyepi dari keramaian hiruk-pikuk perkotaan. Anda akan disajikan dengan tempat yang tenang dan kondisi alam yang masih terjaga hingga saat ini. Di sini, Anda bisa melakukan camping sembari memandang kemegahan Candi Borobudur dari kejauhan.

Tidak hanya itu, Anda akan disuguhkan dengan gemerlap lampu malam yang sangat indah dari kota-kota yang ada di sekitar lokasi. Anda bisa menghabiskan waktu dengan menikmati keindahan di tempat yang tenang sambil menyeduh teh atau kopi. Tentunya, akan lebih lengkap jika berbincang bersama rekan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Keceme, Gerbosari, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

4. Goa Sriti

Goa Sriti
Image Credit: Google Maps (Embun Citra)

Goa Sriti bisa menjadi destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi selanjutnya di Kulon Progo. Anda akan disuguhkan dengan nuansa sejarah yang sangat kental. Sebab menurut penuturan masyarakat setempat, goa ini dulunya pernah menjadi tempat persembunyian Pangeran Diponegoro. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang tertarik dengan wisata sejarah di Kulon Progo.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dukuh, Purwoharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

5. Kalibiru

Kalibiru
Image Credit: Google Maps (m.khalil al-wazir)

Setelah mengulik tentang fakta sejarah, Anda bisa melanjutkan langkah menuju Kalibiru. Dalam bahasa Jawa, Kalibiru memiliki arti Sungai Biru, tapi bukan pemandangan sungai yang akan Anda jumpai di sini. Sebelum dijadikan sebagai objek wisata, Kalibiru sudah terkenal memiliki pemandangan yang sangat indah, sehingga masyarakat setempat mengubahnya menjadi tempat wisata.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

6. Waduk Sermo

Waduk Sermo
Image Credit: Google Maps (Muhammad Imamudin)

Anda suka memancing? Waduk Sermo wajib untuk Anda kunjungi. Di sini, Anda bisa menyewa perahu untuk menjelajah waduk sambil memancing. Namun, bagi Anda yang tidak suka memancing, tetap bisa menikmati keindahan waduk ini dengan mengelilingi Waduk Sermo ini. Selain itu, Anda juga bisa berburu kuliner yang ramai dijajakan.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sremo Tengah, Hargowilis, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

7. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo
Image Credit: Google Maps (Firman Shantya Rudi)

Kebun teh selalu memiliki ciri khasnya sendiri, begitu pula dengan Kebun Teh Nglinggo. Indahnya hamparan hijau pohon teh dipadukan dengan udara yang sejuk menjadi kombinasi yang pas untuk melepas penat. Anda bisa melakukan refreshing dengan mengunjungi kebun teh ini bersama keluarga.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

8. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu
Image Credit: Google Maps (Nur Azizah)

Saat berkunjung ke tempat wisata ini, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang masih alami dan asri. Sebab, tempat ini masih jarang diketahui oleh wisatawan, sehingga belum banyak pengunjung yang datang. Anda harus membawa persediaan makanan sendiri ketika berkunjung ke sini karena lokasinya yang cukup terpencil dan jauh dari pemukiman warga.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Beteng, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

9. Pantai Trisik

Pantai Trisik
Image Credit: Twitter.com @narulity

Selain bermain air di wisata air terjun, Anda juga bisa menuju ke Pantai Trisik untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan. Pasalnya, kondisi pantai ini masih sangat terjaga dengan baik, termasuk flora dan fauna di dalamnya. Tidak hanya banyak burung liar yang berkeliaran, tempat ini juga merupakan salah satu tempat pengembangan penyu langka.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Banaran, Galur, Area Pantai, Karangsewu, Kec. Galur, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

10. Wildlife Rescue Center

Wildlife Rescue Center
Image Credit: Google Maps (Rahman Ardian)

Objek wisata ini wajib untuk Anda kunjungi, terutama jika Anda berlibur bersama keluarga. Wildlife Rescue Center merupakan tempat untuk melindungi dan mengembangkan satwa-satwa di Indonesia yang sudah mulai terancam kepunahannya. Di sini, mereka semua dijaga dan dirawat dengan baik agar populasinya tetap lestari dan masih bisa ditemui oleh anak cucu nanti.

Dengan berkunjung ke tempat wisata edukasi ini, Anda bisa mengenalkan anak-anak tentang pentingnya menjaga kelestarian hewan yang ada di alam. Mengedukasi anak supaya memiliki rasa sayang kepada binatang. Sebab, banyak jenis binatang yang harus menjadi korban keserakahan manusia yang ingin mendapatkan keuntungan dari binatang-binatang tersebut.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pengasih – Nanggulan, Derwolo, Sendangsari, Kec. Pengasih, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

11. Goa Kebon

Goa Kebon
Image Credit: Google Maps (Bukkan Arif)

Goa Kebon masih jarang diketahui oleh para wisatawan, sehingga cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu di tempat yang sepi dan tenang. Hal yang menarik dari tempat ini adalah aliran air yang tidak pernah berhenti. Istimewanya lagi, aliran ini berasal dari Sendang Kiai Pitu yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit di dalam tubuh. Tertarik mencoba?

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dukuh VII, Krembangan, Kulon Progo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

12. Rafting Sungai Progo

Rafting Sungai Progo
Image Credit: Google Maps (Arus Progo Rafting)

Wisata ini sangat cocok untuk Anda yang suka dengan sesuatu yang memacu adrenalin. Anda bisa mencoba olahraga rafting di Sungai Progo yang memiliki aliran air cukup deras dan terdapat bebatuan besar. Di sini, terdapat 3 rute yang disesuaikan dengan kemampuan dan pengalaman Anda.

Bagi Anda yang masih pemula dan ingin mencoba olahraga ekstrim ini, Anda akan disarankan untuk menggunakan rute yang mudah. Rintangan di rute ini tidak terlalu sulit untuk Anda lalui. Kemudian, untuk yang sudah sering bermain rafting namun belum profesional akan diarahkan ke rute medium. Bagi yang sudah profesional bisa mencoba rute sulit dengan rintangan yang menantang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kisik Kreo, Kalibawang, Sayangan, Banjararum, Kec. Kalibawang, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

13. Gunung Lanang

Gunung Lanang
Image Credit: Google Maps (Haruyuki)

Sebelum berkunjung ke Gunung Lanang, sebaiknya Anda menyiapkan fisik dengan baik karena kontur tanah di sini cukup menanjak. Tempat wisata ini langsung berbatasan dengan Laut Selatan, sehingga Anda tidak perlu terkejut jika di beberapa bagian gunung akan terdengar suara ombak. Gunung Lanang termasuk objek wisata yang masih baru dikenal dan ramai dikunjungi.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sibolong, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

14. Bukit Isis

Bukit Isis
Image Credit: Google Maps (Papa Rasya)

Dengan lokasinya yang cukup tinggi, Bukit Isis merupakan tempat yang tepat untuk menikmati Kulon Progo dari atas ketinggian. Namun, bagi Anda yang memiliki phobia terhadap ketinggian tidak disarankan untuk ke sini. Di sini, Anda akan disajikan pemandangan hijau yang luar biasa dan bisa melihat indahnya laut.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

15. Goa Kiskendo

Goa Kiskendo
Image Credit: Google Maps (Sanjay P. K.)

Seperti halnya goa pada umumnya, Goa Kiskendo juga dihiasi dengan stalaktit dan stalakmit yang masih hidup dan aktif hingga saat ini. Tempat ini memiliki pemandangan yang indah dengan hiasan relief yang sengaja dibuat untuk mengenang sejarah yang ada pada Goa Kiskendo. Tidak hanya itu, di sini Anda juga bisa menjumpai air terjun.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Kaligesing, Sokomoyo, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

16. Puncak Dipowono

Puncak Dipowono
Image Credit: Google Maps (jogo triatmaja)

Lokasi ini merupakan surga bagi Anda yang suka menikmati keindahan Kulon Progo dari atas ketinggian. Langit yang biru dan pemandangan alam yang indah terhampar menjadi perpaduan yang sangat memanjakan mata. Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang pemandangan yang menakjubkan di atas jembatan kayu yang ikonik.

Harga Tiket: Rp 12.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Clereng Tamanan KM.6, Clapar 2, Hargowilis, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

17. Pantai Congot

Pantai Congot
Image Credit: Google Maps (Partho Djojodihardjo)

Selain Pantai Trisik, pantai lain yang bisa Anda kunjungi di Kulon Progo adalah Pantai Congot. Pantai berpasir putih ini memiliki pemandangan alam yang indah dengan terumbu karang yang masih terjaga kondisinya. Anda bisa menyewa perahu untuk menjelajah pantai lebih dekat dan menyaksikan keindahan terumbu karang. Di sepanjang bibir pantai juga sengaja ditanami pohon.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Loasi
Alamat: Dusun Pasir Mendit, Kec. Jetis, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

18. Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo
Image Credit: Google Maps (Egy Erzagian)

Air terjun memang kerap digunakan sebagai tempat relaksasi yang baik karena memiliki nuansa alam yang tenang dan menyegarkan. Air Terjun Sidoharjo ini memiliki ketinggian mencapai 73 meter di atas permukaan tanah. Keindahan dan kebersihan dari tempat ini masih terjaga dengan sangat baik serta terdapat taman bunga dan aneka tumbuhan lainnya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gerbosari, Wonotawang, Sidoharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

19. Mangrove Jembatan Api-Api

Image Credit: Google Maps (Irfan Setiaji)

Mangrove Jembatan Api-Api termasuk tempat wisata yang baru diperkenalkan kepada wisatawan. Tempat ini memadukan konsep alam dan kekinian yang bisa menarik minat para kaum milenial. Salah satu spot foto yang paling ikonik di tempat ini adalah jembatan gantung dengan desain bangunan yang unik. Anda bisa puas berswafoto di atas jembatan unik ini.

Di sini juga terdapat tumbuhan mangrove jenis api-api atau bisa disebut juga dengan avicennia. Hal inilah yang melatarbelakangi pemberian nama dari tempat ini. Tempat wisata ini menyediakan fasilitas yang erat kaitannya dengan kaum milenial, tetapi juga sambil mengenalkan tanaman mangrove yang memiliki fungsi penting untuk menahan abrasi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasir Mendit, Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

20. Kedung Pedut

Kedung Pedut adalah kolam alami yang terbentuk dari aliran air terjun. Kolam ini terbentuk akibat gesekan air yang berlangsung selama ribuan tahun, sehingga menciptakan kolam dengan pemandangan batuan khas dataran tinggi yang mengelilinginya. Di sini, Anda bisa berenang sembari menikmati pemandangan air terjun dan panorama alam yang indah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

21. Pantai Bugel

Pantai Bugel
Image Credit: Google Maps (Ranti Safi’ah)

Pantai yang satu ini memiliki pemandangan yang cukup unik. Biasanya, batas pantai dengan daratan berupa pasir, namun berbeda dengan Pantai Bugel ini. Salah satu wisata alam di Kulon Progo ini dibatasi dengan batu cadas dan di setiap sisinya masih terdapat rerumputan hijau dan pepohonan. Meski tidak biasa, pemandangan di sini tetap menawan dan wajib untuk Anda nikmati.

Anda akan disuguhkan dengan air laut yang berwarna hijau dengan terumbu karang yang terlihat jelas. Terdapat banyak ikan dengan berbagai jenis di dalamnya. Tempat ini memberikan suasana yang tenang dan nyaman untuk Anda, sehingga sangat cocok untuk menenangkan pikiran dan melepas penat. Pantai Bugel juga sering digunakan untuk memancing.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gumuk Waru, Bugel, Kec. Panjatan, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

22. Puncak Widosari

Puncak Widosari
Image Credit: Google Maps (agus san)

Objek wisata ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai pemandangan dari atas ketinggian. Sebenarnya, Puncak Widosari merupakan tebing yang berdiri sendiri di tengah hutan yang mengelilinginya. Kemudian, dibangun sebuah jalan yang bisa Anda gunakan untuk menuju lokasi ini. Pemandangan yang terhampar sepanjang mata memandang akan membuat Anda betah di sini.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tritis, Ngargosari, Tegalsari, Ngargosari, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Selain berbagai destinasi yang sudah disebutkan di atas, masih banyak lagi tempat wisata favorit di Kulon Progo, Jogja yang bisa Anda kunjungi. Dengan kondisi wilayah berupa perbukitan dan pantai, kabupaten ini memiliki banyak sajian wisata alam yang indah dan masih terjaga keasriannya. Tiket masuk ke berbagai destinasi pun juga sangat terjangkau dengan menyuguhkan pemandangan menakjubkan.

Give a Comment