Mengunjungi Jawa Tengah, anda bisa menjadikan Magelang sebagai tujuan wisata. Berbagai tempat menarik bisa anda kunjungi, mulai dari wisata alam indah, budaya hingga sejarah bisa anda temukan. Berikut beberapa tempat wisata di Magelang yang menarik dikunjungi untuk menikmati panorama alam yang menakjubkan.

1. Candi Selogriyo

Candi Selogriyo
Photo by Google Maps How-Wy 155

Untuk memulai perjalanan di Magelang, anda bisa memulai dengan menjelajah candi-candi di kota ini. Ada banyak candi yang sampai saat ini masih berdiri kokoh yang bisa anda jadikan tujuan. Salah satunya adalah candi Selogriyo yang lokasinya berada di Lereng Gunung Sumbing. Walaupun lokasinya terpencil tetapi keindahannya akan mengundang decak kagum.

Memang candi yang merupakan peninggalan Mataram Kuno ini tidaklah besar, tetapi pemandangan sekitarnya sangat mempesona. Hadirnya candi ini juga sebagai bukti adanya nilai nilai dari agama Hindu yang berkembang. Udara yang sejuk juga menjadi daya tarik tersendiri yang di candi ini. Sangat cocok untuk menghabiskan liburan bersama keluarga atau teman teman.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kembangkuning, Kec. Windusari, Kab. Magelang, Jawa tengah.

2. Candi Borobudur

Candi Borobudur
Photo by Twitter 87.6 Unimma Fm

Candi Borobudur menjadi candi yang begitu kondang dan lokasinya memang berada di Magelang. Rasanya tidak lengkap jika singgah di kota ini tanpa mampir ke Candi Borobudur. Menjadi salah satu keajaiban dunia yang patut membuat kita berbangga. Anda bisa menemukan bangunan menakjubkan dengan stupa yang di dalamnya terdapat patung buddha.

Jumlahnya sekitar 72 di dalam stupa tersebut, dengan bangunan berundak yang begitu besar. Pemandangan alam yang dihadirkan juga sangat luar biasa. Membuat para pengunjung dibuat terkagum kagum dengan candi ini. Sudah menjadi wisata andalan, tentu saja pengunjung juga akan dimanjakan dengan fasilitas yang ada.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: .Jl. Badrawati, Kawasan Candi Borobudur, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

3. Candi Umbul

Photo by Twitter Tri Agus Yogawasista

Berbeda dengan candi pada umumnya, anda akan menemukan puing puing kolam di situs satu ini. Inilah yang membuatnya dikenal sebagai candi umbul. Kolam pemandian air panas zaman dahulu ini adalah peninggalan dari kerajaan Syailendra. Dimana dahulunya digunakan para putri raja untuk mandi atau membersihkan tubuh mereka.

Sebenarnya hingga saat ini kolam kolam ini masih bisa digunakan. Memiliki air kehijauan, suasana yang dihadirkan begitu tenang dan juga sejuk. Menariknya mata air Candi Umbul tidak pernah mengering. Di tengah kolam terdapat dua candi kecil yang membuatnya makin cantik. Pemandangan sekitarnya juga sangat cantik dan akan membuat anda betah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Candi Umbul, Kartoharjo, Kec. Grabag, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

4. Candi Mendut

Candi Mendut
Photo by Google Maps Wynne Wijaya

Menjelajah candi di Magelang memang belum akan berakhir, karena anda masih harus mengunjungi Candi Mendut. Objek wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi ketika akhir pekan. Anda juga bisa sekalian hunting foto jika singgah di wisata Candi Mendut. Mengingat berbagai sudut candi ini memang sangat cocok untuk jadi objek bidikan kamera anda.

Candi ini juga memiliki nilai sejarah yang begitu kental, hal ini bisa terlihat dari makan kehidupan yang ada di relief dinding candi. Wisata satu ini selain cocok untuk wisata sejarah juga sangat cocok untuk edukasi dengan keluarga. Candi ini dikelilingi dengan hamparan rumput hijau yang membentang. Dengan alam sekitar yang akan membuat anda betah menghabiskan waktu disini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mayor Kusen, Mendut, Kec. Mungkid, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

5. Candi Pawon

Candi Pawon
Photo by Google Maps Denias Susanto

Candi Pawon juga dikenal sebagai candi Brajanalan yang merupakan peninggalan agama Buddha. Lokasinya tak jauh dari Candi Mendut, sehingga anda bisa sekalian mengunjungi candi ini setelahnya. Ukurannya tak terlalu besar, dengan bahan dasar batu dan juga memiliki relief pada dindingnya. Wisata sejarah dan budaya ini juga telah dilengkapi fasilitas memadai.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Candi Dukuh, Desa Sardonoharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

6. Punthuk Setumbu

Photo by Twitter Emil https://twitter.com/13thFool
Photo by Twitter Emil

Setelah menjelajah berbagai candinya, kini saatnya bagi anda untuk memburu kemolekan wisata alamnya. Punthuk Setumbu bisa anda jadikan tujuan, terutama untuk anda yang ingin menikmati panorama dari atas ketinggian. Objek wisata satu ini akan siap membuat anda terkagum kagum dengan pemandangan alam yang dihadirkan.

Terutama ketika matahari baru saja muncul, pesona yang dihadirkan akan membuatnya berkali kali lipat lebih cantik. Atraksi inilah yang banyak diburu oleh wisatawan, dari sini bahkan anda bisa menikmati kokohnya Candi Borobudur dari kejauhan. Punthuk Setumbu juga sangat hits karena masuk dalam rekomendasi tempat berburu spot instagramable.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Karangrejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

7. Ketep Pass

Ketep Pass
Photo by Google Maps Ketep pass

Ketep Pass akan membuat anda menikmati megahnya Gunung Merapi dengan begitu cantik. Gunung Merapi ini akan terlihat begitu jelas dari Ketep Pass. Cocok untuk anda yang ingin menikmati kemegahannya tanpa harus trekking. Di tempat ini anda juga bisa menjajal banyak aktivitas menarik, mulai dari Ketep Volcano Theater, Teleskop hingga Ketep Volcano Centre.

Harga Tiket: Rp 12.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Ketep, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

8. Mangli Sky View

Mangli Sky View
Photo by Google Maps zamimotret

Berada di ketinggian sekitar 1570 mdpl, anda bisa menikmati pemandangan indah dari atas ketinggian. Dari ketinggian ini seakan akan anda sedang berada di atas awan. Pemandangan langit dan gunung yang berpadu di atas gunung ini akan membuat anda tersihir. Karena memang dari atas sini anda bisa menikmati latar 9 gunung secara langsung.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

9. Silancur Highland

Silancur Highland
Photo by Google Maps Arif

Masih belum menikmati pemandangan dari ketinggian? Anda bisa menjadikan Silancur Highland Magelang sebagai tujuan. Wisata di puncak bukit ini menawarkan pesona pemandangan dari ketinggian dan juga taman bunga menawan. Anda akan disuguhkan pemandangan kota yang sangat indah. Anda juga bisa berkemah di kawasan ini agar lebih puas.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

10. Punthuk Kendil

Punthuk Kendil
Photo by Twitter newsmerahputih

Punthuk Kendil merupakan spot yang paling tepat untuk menikmati keindahan matahari tenggelam. Karena langit kemerahan ini hadir di antara dua gunung yang begitu indah. Beberapa gardu pandang sengaja dihadirkan untuk membuat pengunjung bebas menikmati pemandangan. Bahkan ada gardu pandang yang langsung menghadap ke arah matahari tenggelam.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kamal, Giritengah, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

11. Gereja Ayam Bukit Rhema

Gereja Ayam
Photo by Twitter My Jogja ID

Nama Gereja Ayam ini semakin dikenal ketika tempat ini muncul dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2. Bangunan tempat ibadah umat nasrani ini memang begitu unik dan sangat instagramable. Dan objek wisata hits di Magelang ini memang dibuka untuk umum, sehingga siapapun bisa mengunjungi destinasi satu ini.

Anda tidak hanya bisa mengagumi bangunan gereja ini, tetapi juga bisa menaiki bagian atap dari gereja ini. Dimana puncak gereja ini memiliki bentuk yang unik dan menjadi spot favorit untuk berburu foto cantik. Karena masjidnya yang ukurannya terbilang kecil, maka anda harus mengantri untuk bisa masuk ke dalam area gereja.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karangrejo Gombong, Kembanglimus, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

12. Taman Ramadanu

Taman Ramadanu
Photo by Google Maps Muna Sungkar

Anda juga bisa menemukan taman dengan nuansa Belanda yang kental di Magelang. Tempat wisata baru ini memiliki hamparan bunga yang indah dan juga banyak spot instagramable yang dihadirkan. Tak heran jika tempat ini menjadi begitu hits di kalangan wisatawan. Tempat piknik terbaru ini sangat cocok dikunjungi bersama orang spesial.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Danurojo, Jamuskauman, Kec. Ngluwar, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

13. Svarga Bumi Borobudur

Svarga Bumi Borobudur
Photo by Twitter Svargabumi Borobudur

Tempat hits yang juga tak boleh anda lewatkan adalah Svarga Bumi Borobudur. Tempat satu ini memang sedang naik daun, dengan panorama persawahan yang asri. Udaranya yang sejuk dan menghadirkan banyak spot yang menarik, membuatnya begitu terkenal di media sosial. Spot foto yang ada di tempat wisata ini memang anti mainstream.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Borobudur Ngadiharjo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

14. Pinus Kragilan

Pinus Kragilan
Photo by Twitter Yopie Pangkey

Magelang juga memiliki hutan pinus yang kondang di kalangan wisatawan. Saat ini memang tempat wisata dengan spot foto selalu ramai dikunjungi wisatawan. Begitu juga dengan Pinus Kragilan yang selain menawarkan alam yang memukau, juga hadir dengan banyak spot yang menarik. Wahana dan permainan seru juga dihadirkan untuk membuat liburan anda semakin berkesan.

Harga Tiket: Rp7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Top Selfie Pinusan, Pogalan, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

15. Ladon Little Island

Ladon Little Island
Photo by Google Maps septi nila

Anda bisa menemukan keunikan di tempat satu ini, karena Ladon Little Island merupakan wisata yang menyajikan hamparan pasir putih dan lokasinya di pinggir Sungai Progo. Pasir putih ini berasal dari Letusan Gunung Merapi. Pengunjung bisa menaiki kuda ataupun ,menikmati panorama perbukitan. Setelah itu ditutup dengan kulineran di sekitaran Ladon Little Island.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Margonodadi, Desa Candirejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

16. Nepal Van Java

Nepal Van Java
Photo by Google Maps choirul bhahari

Destinasi yang tak boleh dilewatkan berikutnya adalah Nepal Van Java. Berada di sekitar ketinggian 1620, dusun ini memang mirip dengan desa di Pegunungan Himalaya Nepal. Inilah mengapa disebut dengan nama Nepal Van Java, dan lokasinya berada di kaki Gunung Sumbing. Deretan rumah yang tersusun rapi dari kejauhan begitu menawan.

Apalagi jika disandingkan dengan panorama perbukitan dan udara yang sejuk membuat siapapun akan terpesona. Pemandangannya akan berkali lipat semakin cantik ketika matahari terbit. Begitu juga ketika malam hari, anda bisa menikmati pemandangan langit yang begitu jelas. dan tentunya anda bisa berburu foto hits dengan spot di atas atap rumah warga.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Temanggung, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

17. Bukit Grenden

Bukit Grenden
Photo by Google Maps UFI PUTRA GAMING

Bukit Grenden sendiri merupakan bagian dari jalur pendakian ketika akan menuju puncak Gunung Merapi. Tempat ini perlahan begitu kondang karena menghadirkan spot foto yang menarik. Dimana andalannya adalah hadirnya rumah kurcaci yang terbuat dari bambu. Anda juga bisa menikmati keindahan sunrise juga sunset di Bukit Grenden yang luar biasa menawan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kuwiden, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

18. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang
Photo by Google Maps IG: Merapi_Uncover

Magelang bisa dikatakan memiliki tempat wisata yang lengkap, selain perbukitan anda juga bisa menemukan air terjun yang mempesona. Salah satunya adalah Air Terjun Kedung Kayang yang mengalir di antara Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Pemandangan yang menawan dengan sekelilingnya yang dipenuhi tumbuhan hijau.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Wonolelo kedung kayang, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

19. Curug Silawe

Curug Silawe
Photo by Twitter SWARAGAMA 101.7 FM

Air terjun yang tak kalah mempesona selanjutnya adalah Curug Silawe. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dengan air jernih dan menyegarkan. Dihiasi dengan tebing tinggi kokoh yang ditumbuhi aneka tumbuhan hijau. Menambah suasananya makin asri dan menyejukkan mata siapapun yang mengunjunginya. Apalagi alam sekitarnya juga masih sangat terjaga.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sutopati, Kec. Kajoran, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

20. Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit
Photo by Twitter Jogja24Jam

Suasana yang sejuk juga asri akan langsung menyambut anda ketika anda tiba di Air terjun Sekar Langit. Air terjun satu ini konon katanya menjadi bagian dari legenda Jaka Tingkir. Dimana air terjun ini menjadi lokasi mandinya para bidadari. Terlepas dari legenda tersebut, pemandangan yang disuguhkan oleh Air terjun Sekar Langit akan membuat anda berdecak kagum.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tlogore, Kec. Grabag, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

21. Air terjun Grenjengan Kembar

Air terjun Grenjengan Kembar
Photo by Twitter TravellerKaskus.com

Dinamakan dengan Grenjengan Kembar, karena anda memang akan menyaksikan dua aliran sekaligus yang bersebelahan. Air terjun ini bersumber dari mata air Gunung Merbabu yang begitu jernih dan segar. di bawah air terjun terbentuk kolam alami yang bisa dijadikan tempat bermain air. Suasana alamnya yang masih terjaga juga menjadi daya tarik tersendiri.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Munewarang, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

22. Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng
Photo by Twitter StudiPariwisata.com

Magelang juga menawarkan wisata keluarga legendaris yang hingga masih begitu hits. Berbagai wahana seru dan juga banyak spot yang bisa anda jelajahi. Lokasinya yang berada di pusat kota sangat mudah untuk dijangkau. Kegiatan liburan ke Taman Kyai Langgeng akan semakin menyenangkan jika anda menghabiskan waktu bersama dengan orang orang tersayang.

Harga Tiket: Rp 10..000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cempaka, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

23. Javanica Park

Javanica Park
Photo by Twitter Mbah Dhipo

Tempat rekreasi satu ini terbilang baru di Magelang dan menghadirkan suasana khas Pulau Bali. Konsep bangunan yang mirip dengan rumah pedesaan di Bali menjadi ciri khasnya. Di tempat ini anda bisa puas berburu spot foto yang instagramable. Anda juga bisa berenang di kolam renang yang telah dilengkapi dengan pelampung burung flamingo.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl Javanica, Desa Sabrang, Kec. Muntilan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

24. Sungai Elo

Sungai Elo
Photo by Google Maps Atik Muzayana

Bagi anda yang ingin menjajal kegiatan menantang, rafting bisa jadi pilihan. Di Magelang, aktivitas ini bisa dilakukan di Sungai Elo. Aktivitas arung jeram menyusuri derasnya sungai ini menjadi kegiatan yang menyenangkan. Apalagi destinasi ini juga memanjakan pengunjung dengan alamnya yang tak kalah indah. Soal keamanan anda tak perlu khawatir, karena sudah terjamin.

Harga Tiket: Rp 750.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sendangsono, Desa Progowati, Kec. Mungkid, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

25. Mata Langit

Mata Langit
Photo by Twitter Rudi cayo

Mata Langit juga menjadi destinasi selanjutnya yang harus anda kunjungi. Wisata ini sangat cocok untuk menikmati pemandangan dari ketinggian. Dari atas sini, anda bisa menyaksikan kota Magelang dengan sangat jelas. Selain itu, fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap sehingga anda juga bisa sekalian nongkrong atau kuliner sembari menunggu matahari tenggelam.

Harga Tiket: Rp 175.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Ngargogondo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

26. Telaga Bleder

Telaga Bleder
Photo by Twitter @IniMagelangKu

Masih belum berakhir, perjalanan anda di kota ini bisa anda lanjutkan dengan mengunjungi Telaga Bleder. Telaga ini terbentuk dengan alami dan sumber airnya berasal dari Gunung Andong. Pengunjung akan disuguhkan panorama yang menyejukkan mata. Di waktu tertentu anda bisa menyaksikan festival dengan aktivitas menarik yang beragam.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bleder, Desa Ngasinan, Kec. Grabag, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

27. Taman Dewari

Taman Dewari
Photo by Google Maps Mas GEPE

Masih belum puas berburu tempat foto di Magelang, taman Dewari harus masuk dalam list. Taman ini memiliki beragam spot, mulai dari Taman Kitiran yang terdiri dari seribu kincir angin plastik berwarna warni. Anda juga bisa menikmati kebun bunga Matahari, perahu kertas, hingga rumah yang berwarna warni. Pastikan anda menyiapkan kamera terbaik anda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kradenan, Desa Baturono, Kec. Salam, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

28. Rumah Kamera

Rumah Kamera
Photo by Google Maps Siswana Purwadi

Seperti namanya, spot wisata ini memang sebuah bangunan yang bentuknya seperti kamera DSLR. Arsitekturnya yang unik membuat Rumah Kamera ini begitu hits. Di dalamnya, anda bisa menyaksikan berbagai macam karya seni yang sangat cantik. Mulai dari art gallery, 3D trick Foto sampai Mirror Castle. Tempat yang sangat pas untuk berburu foto-foto kekinian.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pahlawan, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

29. Jembatan Gantung Mangunsuko

Jembatan Gantung Mangunsuko
Photo by Twitter Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR

Kegiatan hunting akan semakin lengkap jika anda singgah di tempat ini. Jembatan Gantung Mangunsuko ini memang terlihat biasa saja, sebuah jembatan dengan cat abu abu. Namun siapa sangka jika pemandangan yang ditawarkan sangat indah. Anda bisa menyaksikan hamparan sawah hijau dan suasana asri dari atas jembatan ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Mangunsoko, Kec. Dukun, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

30. Alun-Alun Magelang

Alun-Alun Magelang
Photo by Google Maps Galuh Adi Insani

Sebagai ikon wisata, Alun-Alun Magelang tidak bisa anda lewatkan. Anda bisa menikmati malam di alun alun ini dengan keluarga atau teman teman. Di sekitar alun alun, anda sekalian bisa kulineran. Karena memang ada banyak penjual makanan maupun permainan anak di area taman kota ini. Dengan begitu liburan anda akan terasa semakin lengkap.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl Alun alun magelang, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Demikianlah beberapa tempat wisata hits di Magelang yang bisa anda kunjungi ketika musim liburan. Menawarkan wisata yang terbilang lengkap, anda akan puas menjelajah setiap sudut kota ini. Beberapa tempat diantaranya juga masih sangat terjaga, sehingga pastikan anda menjadi pengunjung yang bijak dengan tidak buang sampah sembarangan.

Give a Comment