Sleman menyajikan beragam objek wisata yang mampu menarik perhatian pengunjung. Inilah rekomendasi tempat wisata hits di Sleman, Jogja terbaru, mulai dari destinasi alam, peninggalan sejarah, hingga wisata buatan untuk liburan yang lebih berkesan.

Kabupaten Sleman berbatasan langsung dengan kota Yogyakarta, termasuk salah satu wilayah yang kaya akan objek wisata. Letak geografis yang strategis membuat tempat ini dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan. Hawanya cenderung sejuk sangat cocok untuk berlibur dan refreshing pikiran. Ada banyak tempat wisata populer yang ditawarkan kabupaten Sleman, penasaran?

1. Desa Wisata Kaliurang

Image Credit: Google Maps (Rizál)

Letak desa wisata ini tepat berada di bawah kaki Gunung Merapi. Posisinya yang terletak di dataran tinggi menjadikan Kaliurang bersuhu dingin. Bagi yang alergi dingin disarankan mengenakan pakaian agak tebal. Begitu tiba di lokasi pengunjung dapat menyaksikan hamparan desa yang masih asri dan tenang.

Pengelola desa wisata menyediakan berbagai wahana outbond untuk keluarga maupun gathering kantor. Anda bisa mengelilingi desa naik sepeda motor trail, atau berkendara dengan mobil off road di medan menantang. Pengunjung juga dapat melihat indahnya puncak Gunung Merapi dari dekat.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kaliurang Timur, RT.05/RW.15, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

2. Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali
Image Credit: Google Maps (Nafi Nurhadi)

Objek wisata ini sering disebut Monjali, didirikan untuk mengingat jasa para pahlawan pada Serangan Umum 1 Maret 1949. Di dalamnya memuat peninggalan sejarah berupa benda-benda antik dan dokumentasi. Ada pula ilustrasi berserta keterangan yang menceritakan perjuangan para pahlawan ketika Belanda kembali menjajah Indonesia, dan menyerbu kota Yogyakarta.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

3. Museum Affandi

Museum Affandi
Image Credit: Google Maps (Affandi Museum)

Siapa yang tak kenal Bapak Affandi? Salah satu seniman hebat asal Cirebon yang karya-karyanya sangat memukau. Untuk mengenang karya terbaik beliau, didirikan Museum Affandi yang memajang berbagai karya seni buatan Affandi. Ada lebih dari 250 lukisan yang dapat dinikmati oleh pengunjung museum. Mulai dari tema oriental sampai percintaan yang sarat akan romantisme.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Laksda Adisucipto No.167, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

4. Candi Prambanan

Candi Prambanan
Image Credit: Google Maps (A G)

Selain Candi Borobudur, bangunan sejarah ini turut dinobatkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia. Candi sudah dibangun sejak abad ke-9 Masehi, artinya usia candi lebih dari 1000 tahun dan masih utuh sampai saat ini. Candi Prambanan menawarkan daya tarik berupa kisah Ramayana dan Dewi Shinta, yang ceritanya menjadi legenda hingga kini.

Arsitektur bangunan mencerminkan kemajuan teknologi pada abad tersebut. Terbagi atas tiga pelataran utama yaitu Jaba (pelataran luar), Tengahan (pelataran tengah), dan Njeron (pelataran dalam). Objek wisata ini buka setiap hari, jika beruntung Anda bisa menyaksikan pagelaran sendratari Ramayana di pelataran candi.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

5. Studio Alam Gamplong

Studio Alam Gamplong
Image Credit: Google Maps (heru afrizal)

Objek wisata ini mengajak pengunjung untuk napak tilas Indonesia ketika zaman kerajaan. Anda dibuat takjub dengan replika Keraton Mataram, lengkap dengan kampung di sekitarnya dan Benteng Batavia. Tak heran jika Studio Alam Glampong mendapat julukan sebagai Mini Hollywood dari Yogyakarta.

Setiap sudutnya menyuguhkan pemandangan klasik yang menyenangkan mata. Hampir semua titik desainnya instagramable, cocok bagi para pemburu foto. Jika ingin berpose di tiap tempat disarankan tidak berkunjung saat weekend. Asyiknya Anda bebas masuk ke destinasi ini tanpa dikenakan biaya tiket masuk.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gamplong 1, Dukuh, Sumberrahayu, Kec. Moyudan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

6. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko
Image Credit: Google Maps (Ian Ardi)

Tidak jauh dari Candi Prambanan, terdapat candi yang dulunya adalah kawasan kerajaan Ratu Boko. Kompleks peninggalan sejarah ini sudah mengalami kerusakan akibat perang. Namun pengunjung disuguhi panorama sunset menawan di kawasan candi ini. Pesona matahari terbit juga tak kalah apiknya, disarankan berkunjung saat pagi hari.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Piyungan – Prambanan No.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

7. Kali Kuning

Bukit Kali Kuning
Image Credit: Google Maps (ARS Outdoor)

Tempat wisata ini merupakan saksi bisu dahsyatnya letusan Gunung Merapi. Tak heran bila lahannya subur dan hijau, hawa sejuk sekitarnya membuat pengunjung kian betah. Menyajikan spot asyik untuk camping santai dan hunting foto, bahkan sering dijadikan lokasi foto pra wedding. Dari gardu pandang Anda dapat menyaksikan perbukitan hijau yang damai.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bebeng, Pangukrejo, Palemsari, Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

8. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi
Image Credit: Google Maps (WrackAce Marz)

Di museum ini Anda dapat menemui jejak-jejak cerita meletusnya Gunung Merapi tahun 2010 silam. Mulai dari foto-foto dokumentasi, keterangan korban jiwa, hingga benda pribadi milik Mbah Marijan. Selain itu, juga tersedia pengetahuan singkat tentang proses meletusnya gunung dan perjalanan lava.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang No.Km, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

9. The Lost World Castle

The Lost World Castle
Image Credit: Google Maps (Arif Darmawan)

Secara keseluruhan konsep kastil ini mengusung nuansa Eropa abad pertengahan. Di dalamnya juga ada wahana bertema Jepang dan Korea. Bahkan dilengkapi dengan replika masing-masing ikon unggulan tiap negara. Pengunjung akan menjumpai pohon sakura yang tumbuh subur, tempat yang kerap dijadikan spot foto favorit.

Mulai dari pintu masuk hingga bagian dalam, The Lost World Castle menyajikan berbagai arsitektur unik. Untuk menjelajahi beragam objeknya Anda perlu meluangkan waktu seharian. Objek wisata hits di Sleman ini dirancang dengan konsep terbuka, selama berkeliling tidak akan kepanasan. Pemandangan hijau dari kaki Gunung Merapi merupak view utama disini.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

10. Agrowisata Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi
Image Credit: Google Maps (Aulia Ardiani)

Konsep wisata menggabungkan alam dan edukasi yang cocok untuk si kecil. Dilengkapi dengan zona mini zoo yang mempunyai koleksi binatang. Ada banyak spot foto yang tersedia seperti patung, replika delman, hingga rumah hobbit. Pengelola wisata menyediakan aktivitas bercocok tanam dan berkuda, tapi perlu menyewa kuda terlebih dahulu.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang, Sawangan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

11. Blue Lagoon

Blue Lagoon
Image Credit: Google Maps (Andi Tok)

Sleman berhasil menghadirkan sebuah laguna berwarna biru nan menarik. Airnya sangat jernih hingga bagian dasarnya terlihat jelas. Sensasi segar dan dingin bisa Anda rasakan ketika berenang di kola mini. Anda juga bisa mengambil foto underwater dengan sajian bawah air memukau. Paling tepat berkunjung saat musim kemarau, sebab aliran airnya cenderung lebih jernih.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Area Sawah, Widodomartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

12. Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Waterpark
Image Credit: Google Maps (Budi Supriatna)

Taman bermain air ini memiliki luas lahan sekitar 7 hektar. Di dalamnya tersedia sekitar 19 permainan air yang cukup menantang. Mulai dari perosotan, kolam ombak, kolam arus, hingga ember tumpah. Paling seru ialah wahana perosotan yang memiliki berbagai ketinggian. Rasakan sensasi meluncur dengan kecepatan tertentu, lalu tiba di area kolamnya.

Harga Tiket: Rp 90.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Utara Stadion, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

13. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu
Image Credit: Google Maps (Budi Sulis)

Bagi yang menyukai wisata sejarah, maka tempat ini sangat direkomendasikan. Dari segi arsitektur sudah tampak bahwa museum ini sarat akan jejak masa lampau. Museum mengoleksi berbagai macam benda sejarah peninggalan Kerajaan Mataram. Pertama kali masuk Anda akan merasakan suasana mistis, hal ini karena keberadaan arca di setiap sudut.

Peninggalan yang disimpan disini seperti perlengkapan perang, kain batik, hingga singgasana kerajaan. Kalau ingin mengenal sejarah Mataram lebih dalam bisa menggunakan jasa tour guide yang tersedia. Hampir semua titiknya menyajikan spot foto unik, sayangnya wisatawan hanya boleh memotret bagian luar museum saja.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

14. Kampung Kinahrejo

Kampung Kinahrejo
Image Credit: Google Maps (Zens soden)

Wisata ini populer berkat puing-puing bekas erupsi Gunung Merapi yang masih tersisa. Selain itu, Kinaherjo merupakan tempat tinggal almarhum Mbah Marijan. Letaknya tepat di bawah kaki gunung, sehingga sajian panoramanya begitu indah. Anda bisa menjajal Lava Tour Merapi dengan berkendara jeep, serta melewati rute menantang dan berbatu.

Wisatawan juga bisa berkunjung ke bangunan rumah milik Mbah Marijan. Di dalamnya terdapat sisa tumpukan lava yang sudah mengeras. Sekaligus perabotan rumah yang telah rusak karena terpapar debu panas. Beberapa rumah lain yang terkena erupsi turut dijadikan tur wisata, sekaligus untuk mengenang para korban jiwa.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kinahrejo Km.22, Kinarejo, Umbulharjo, Yogyakarta, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

15. Tebing Breksi

Tebing Breksi
Image Credit: Google Maps (Theodorus Aji Baruno)

Berkunjung kesini paling tepat ketika malam hari, karena Anda bisa menyaksikan bintang-bintang. Tebing ini terbentuk dari sisa tambang kapur, lalu dipahat dengan tingkat seni berkelas. Kalau berkunjung saat sore hari memungkinkan Anda melihat sunset dari ketinggian. Bentuk tebing sangat instagenic, apalagi seni pahat di dindingnya cukup menajubkan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

16. Trans Studio Mini

Trans Studio Mini
Image Credit: Google Maps (Putra Eka)

Meskipun tergolong wisata baru tapi animo pengunjung lumayan luar biasa. Cocok dijadikan tempat berlibur saat akhir pekan, karena menyajikan berbagai wahana permainan menarik. Rata-rata wahana disediakan untuk anak-anak, meski dewasa boleh ikut bermain. Untuk menikmati semua wahananya, Anda perlu membeli kartu terlebih dahulu lalu mengisi saldo.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Transmart Carrefour Lantai 3, Jl. Raya Solo KM.8/No.234, Corongan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

17. Lava Bantal

Lava Bantal
Image Credit: Google Maps (Heru Prasetyo)

Tumpukan batuan di sungai ini terbentuk dari bekuan lava Gunung Merapi. Bentuknya menyerupai tumpukan bantal, itulah mengapa dijuluki Lava Bantal. Mengusung konsep geo-heritage, wisata ini keasriannya masih terjaga. Pemandangan alam hijau dan menyegarkan mata. Hawa sejuk turut menemani pengunjung selama liburan disini.

Salah satu bagian menariknya ialah aliran Sungai Watuadeng. Aliran airnya berwarna biru, jernih, dan bersuhu dingin. Rasakan sendiri kesegaran airnya dan pengalaman seru menyusuri sungai. Anda bisa menikmatinya dengan wisata tubing atau arung jeram. Suasana lingkungan wisata cukup damai dan tenang, cocok untuk refreshing pikiran.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Berbah – Prambanan, Jragung, Kalitirto, Kec. Berbah, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

18. Upside Down World

Upside Down World
Image Credit: Google Maps (Dhewi Sigit)

Upside Down World menawarkan objek wisata unik, berupa segala sesuatu yang terlihat seperti terbalik. Beberapa benda sengaja diatur terbalik maupun ditempel di dinding. Layaknya sebuah rumah terdapat ruang tamu, kamar tidur, dapur, hingga kamar mandi. Mayoritas pengunjung hanya datang untuk berfoto di setiap spot, karena efek yang diberikan sangat menarik.

Harga Tiket: Rp 60.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ring Road Utara, Jl. Utama Pugeran, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

19. Taman Pelangi

Taman Pelangi Jogja
Image Credit: Google Maps (Hasim Ikhwanudin)

Tak kalah dengan Malioboro, Sleman juga mempunyai tempat wisata malam sekaligus nongkrong. Sebut saja Taman Pelangi, yang mempunyai atraksi lampion cantik sebagai daya tarik utama. Alunan musik merdu dari band music live turut menemani sesi bersantai di taman ini. Selain berfoto dengan latar lampion warna-warni, Anda bisa wisata kuliner khas Jogja.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

20. Green Kayen

Green Kayen
Image Credit: Google Maps (Tech Anget)

Objek wisata ini merupakan air terjun, yang mana alirannya berasal dari Bendungan Sungai Boyong. Tepat di bawah aliran terdapat area kolam yang cukup dalam dan airnya jernih. Sehingga sering dimanfaatkan untuk berenang dan bermain air, bagi yang tak bisa renang bisa pinjam pelampung. Di balik aliran ada tebing setinggi 5 meter, serta sekitar sungai ada batuan berbentuk unik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kayen, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

21. Spot Riyadi

Spot Riyadi
Image Credit: Google Maps (Naufal Alvito)

Destinasi alam ini menyajikan pesona kerlipan lampu kota malam hari dari ketinggian. Anda juga bisa melihat kemegahan Candi Prambanan dari puncak, dengan view yang menajubkan. Jika berkunjung saat siang hari udaranya sangat sejuk, semilir angin cukup membantu untuk melepas penat. Dari gardu pandang akan tampak panorama alam menawan, bahkan momen sunset begitu memesona disini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Candi Miri, Prambanan Dawang Sari, Dawangsari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

22. Bukit Klangon

Bukit Klangon
Image Credit: Google Maps (muhammad samsul)

Untuk menuju puncak Anda harus menanjak sekitar 1 jam, dan akses jalannya cukup menantang. Namun rasa lelah akan dibayar dengan pemandangan alam yang memukau. Puncak bukit memiliki jembatan guna melihat kemegahan Gunung Merapi dari dekat. Ada banyak aktivitas ditawarkan mulai dari camping, bersepeda downhill, hingga mendaki.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Merancang agenda liburan sangat diperlukan, mengingat aktivitas sehari-hari membuat badan lelah dan pikiran penat. Sehingga butuh waktu sejenak untuk refreshing pikiran agar lebih bersemangat lagi. Maka Sleman menjadi lokasi pilihan yang tepat, karena menawarkan beragam tempat wisata yang menarik. Mulai dari wisata alam, sejarah, hingga wisata buatan untuk tempat berlibur.

Give a Comment