Pesona Teras Merapi, Destinasi Wisata Alam Hits di Sleman

Pesona Teras Merapi, Destinasi Wisata Alam Hits di Sleman
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Selalu ada sesuatu yang istimewa di Jogja. Begitu juga dengan tempat wisata yang ada di kota ini, selalu ada saja yang baru, salah satunya adalah Teras Merapi di Sleman. Jika dilihat dari namanya, tempat ini berlokasi tidak jauh dari kawasan kaki gunung Merapi. Tempat ini sangat cocok untuk berlibur bersama dengan keluarga.

Karena Teras Merapi merupakan tempat liburan keluarga, maka Anda bisa melakukan kegiatan bersantai dan menikmati alam. Anda juga bisa berenang, berfoto dengan pemandangan yang bagus, bahkan berkemah pula. Objek wisata ini mempunyai fasilitas yang lengkap sehingga dapat dipastikan Anda akan merasa nyaman saat mengunjungi objek wisata yang berupa alam terbuka.

Daya Tarik Wisata Teras Merapi

Daya Tarik Wisata Teras Merapi
Photo by Google Maps Arjun Harrizky

1. Berenang dengan Suasana Alam yang Tenang

Teras Merapi adalah salah satu objek wisata terbaru di Jogja yang berlokasi di Kawasan Merapi, tepatnya di Kawasan Cangkringan. Objek wisata ini baru saja dibuka pada tahun 2021 lalu. Lokawisata ini adalah wisata buatan yang menawarkan banyak wahana seru, salah satunya adalah berenang dengan suasana alam.

Tempat ini menawarkan keindahan alam berupa pemandangan Gunung Merapi, Anda bisa berenang sembari menikmati pemandangan pegunungan dan alam sekitar dari ketinggian.

Kolam renang yang tersedia di Teras Merapi mempunyai bentuk yang unik. Dengan desain yang unik ini, maka Anda bisa berenang dengan suasana yang lebih asik lagi. Terdapat dua kolam, yaitu kolam untuk dewasa dan juga kolam untuk anak-anak. Berenang merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dinikmati bersama keluarga.

Jika Anda ingin berenang dengan suasana yang paling enak, Anda bisa mengunjungi tempat ini pada pagi hari saat udaranya masih segar. Selain itu, di pagi hari masih belum banyak pengunjung sehingga Anda akan merasa lebih santai saat berenang.

2. Jembatan van Oranye

Tempat wisata baru yang ada di daerah Sleman terus bertambah. Banyak sekali tempat wisata yang menawarka daya tariknya masing-masing. Salah satunya adalah Teras Merapi yang mempunyai daya tarik berupa Jembatan van Oranye.

Di sini Anda bisa menemukan spot foto yang unik yaitu Jembatan van Orange. Jembatan ini dinamakan demikian karena warnanya yang oranye. Wisatawan dapat berfoto di spot legendaris ini. Bagi Anda yang suka membuat konten untuk diunggah di media sosial, maka Jembatan van Orange dapat memfasilitasi hal tersebut.

Anda akan mendapatkan konten berupa pemandangan jembatan yang unik dengan Gunung Merapi sebagai latar belakangnya. Jika Anda mengunjungi Jembatan van Orange di sore hari, maka pemandangan akan semakin cantik berkat adanya sinar lampu LED yang dinyalakan pada waktu tersebut. Anda juga bisa mendapatkan pemandangan sunset yang cantik jika berkunjung di sore hari.

Daya Tarik Dimiliki Teras Merapi
Photo by Google Maps Mrs. Kovitski

3. Wahana ATV

Salah satu daya tarik dari Teras Merapi selanjutnya adalah wahana ATV. Bagi Anda yang mempunyai jiwa petualang, bermain wahana ATV menjadi hal yang wajib hukumnya. Objek wisata yang satu ini mempunyai trek yang seru dan menantang. Berkeliling dengan menggunakan ATV tentu akan menjadi pengalaman seru tersendiri. Fasilitas yang disediakan tentunya aman, sehingga Anda tidak perlu takut saat mengendarai ATV.

Memiliki kawasan wisata yang luas, Anda tidak bisa mengelilingi tempat ini dengan berjalan kaki karena pasti akan merasa cukup lelah. Solusinya adalah dengan berkeliling menggunakan wahana ATV.

Anda akan melihat tempat ini dari berbagai sisi. Dengan keindahan alam yang ada di sekitar Teras Merapi, sudah pasti Anda akan merasa senang sudah berkeliling dengan ATV. Anda juga bisa memboncengkan si kecil, yang tentu akan bahagia diajak keliling area lokawisata.

4. Area untuk Berkemah

Jika menikmati tempat ini dengan menggunakan ATV masih belum cukup untuk Anda, maka sangat disarankan untuk berkemah di Teras Merapi. Tempat wisata yang satu ini mempunyai area untuk berkemah. Berkemah merupakan salah satu kegiatan menyenangkan yang sering dilakukan oleh anak muda. Karena itu jangan heran jika tempat ini dipenuhi dengan anak muda pula. Anak muda di sini banyak yang menggunakan fasilitas area kemah. Peralatan kemah pun juga sudah disediakan dengan baik.

Berkemah merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keakraban dari suatu kelompok. Berkemah di tempat yang tepat yaitu tempat dengan fasilitas yang memadai, area yang aman untuk berkemah, suasana yang sejuk di kaki gunung, dan pemandangan alam yang cantik merupakan suatu pengalaman berharga tersendiri. Selain berkemah, anak muda juga akan mengadakan pesta barbekyu di malam hari dengan menyalakan api unggun.

Berkemah di sini merupakan hal yang tidak akan terlupakan. Apalagi di pagi hari, Anda akan mendapatkan pemandangan Gunung Merapi yang berdiri dengan gagah dan menghirup udara yang sangat sejuk. Di malam hari pun Anda akan mendapatkan pemandangan yang fantastis berupa lampu-lampu cantik dari Kota Yogyakarta yang bisa Anda lihat dari ketinggian.

Lokawisata yang berjarak tidak jauh dari Gunung Merapi akan memberikan pesona alam yang sangat indah berupa penampakan Gunung Merapi dari jarak yang cukup dekat. Jika Anda ingin berkemah, pastikan untuk membawa perlengkapan kemah pribadi. Objek wisata ini hanya menyediakan tenda saja. Untuk peralatan lainnya harus membawa sendiri. Sebaiknya Anda tidak merencanakan berkemah pada saat musim hujan.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Teras Merapi
Photo by Google Maps Bobby Satya Mardi

Teras Merapi mempunyai alamat di Dusun Kalitengah Kidul. Daerah ini meruapakan dataran tinggi yang ada di Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Jika Anda mengunjungi daerah ini, maka Anda akan melewati jalan yang menanjak. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir akan keselamatan karena jalan menuju daerah ini sudah diaspal. Untuk menuju ke objek wisata ini, artinya Anda akan mengunjungi daerah Sleman. Anda bisa memulai jalan dari objek wisata Candi Prambanan.

Dari sinilah Anda harus menuju Jalan Jogja-Solo. Lalu Anda akan bertemu Jalan Raya Prambanan-Jalan Tulung Taman Martani. Ikuti jalan ini hingga Anda sampai di Jalan Cangkringan. Lalu ikuti rute untuk menuju objek wisata Makam Mbah Marijan.

Jika Anda sudah sampai di area makam, maka sebentar lagi Anda akan sampai. Ikuti papan petunjuk yang akan Anda temukan di jalan lalu Anda hanya perlu menyetir lurus kea rah utara maka Anda sudah sampai di lokasi tujuan.

Harga Tiket Masuk Teras Merapi

Harga Tiket Masuk Teras Merapi
Photo by Google Maps Arum Sukmawan

Teras Merapi merupakan objek wisata yang masih terbilang baru. Tentunya saat memasuki area wisata, Anda diwajibkan membayar tiket masuknya terlebih dahulu. Harga tiket masuknya sendiri tidaklah mahal. Itulah alasan mengapa tempat wisata ini banyak dikunjungi banyak orang. Harga tiketnya yang terjangkau tentunya cocok untuk semua kalangan masyarakat yang ingin berlibur ke Jogja.

Tiket masuk untuk orang dewasa yaitu Rp 10.000 saja. Sedangkan tiket masuk untuk anak-anak hanya setengah harga saja yaitu Rp 5.000. Pastikan Anda membawa uang lebih jika berkunjung bersama banyak anggota keluarga sehingga mereka semua dapat memasuki tempat wisata. Harga tiket masuk tersebut sudah termasuk biaya beberapa wahana yang ada di dalam objek wisata. Jangan lupa pula untuk menyiapkan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk motor.

Jika Anda ingin berkeliling tempat wisata menggunakan wahana ATV, harga tiket yang harus dibayar adalah Rp 40.000 untuk berkeliling dua kali. Jika Anda ingin berkeliling hingga tiga kali, maka Anda harus membayar Rp 50.000. Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini mulai pukul 08:00. Jam operasional akan berakhir pada pukul 19:00. Sangat disarankan untuk mengunjungi tempat wisata ini pada pagi hari agar tidak terlalu banyak orang yang berkunjung.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Teras Merapi
Photo by Google Maps Fahdian Ali Gautama

1. Lava Tour Merapi

Karena objek wisata ini berada di Kawasan Gunung Merapi, maka tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi Lava Tour Merapi yang lokasi masih satu Kawasan. Anda bisa menjelajahi Gunung Merapi didampingi dengan tour guide profesional. Gunung Merapi mempunyai pemandangan alam yang indah dan menarik untuk dieksplorasi.

Tour Gunung Merapi dilakukan dengan mengelilingi Kawasan Gunung Merapi menggunakan mobil Jeep. Moda transportasi ini merupakan sarana yang aman untuk menelusuri daerah pegunungan dengan jalan yang terjal dan tidak rata. Anda bisa menikmati Gunung Merapi dengan aman dan nyaman lewat tour ini.

2. Makam Mbah Maridjan

Mengunjungi Makam Mbah Maridjan adalah salah satu aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di Teras Merapi. Tentunya sudah banyak orang yang mengenal sosok Mbah Maridjan. Sosok ini dikenal sejak tahun 2010. Beliau merupakan juru kunci dari Gunung Merapi. Saat gunung ini kembali aktif, sosok Mbah Mardijan mulai bermunculan di banyak media. Bahkan Mbah Maridjan sempat menjadi bintang iklan untuk minuman berenergi.

Mbah Maridjan meninggal pada tanggal 26 Oktober 2010 saat Gunung Merapi meletus. Beliau meninggal karena terkena awan panas dari Gunung Merapi dalam keadaan sujud di area rumah beliau. Sebenarnya Mbah Maridjan dapat menyelamatkan diri pada waktu itu. Namun Mbah Maridjan lebih memilih untuk tetap tinggal di rumahnya karena beliau hendak melakukan tugasnya sebagai juru kunci dari Gunung Merapi.

Mbah Maridjan memang merupakan sosok yang dihormati oleh banyak masyarakat Sleman, terutama bagi mereka yang tinggal di lereng kaki Gunung Merapi. Anda bisa mengunjungi museum kecil Bernama Petilasan Mbah Maridjan. Banyak sekali barang dan foto-foto peninggalan beliau yang dipajang di museum.

3. Agrowisata Bhumi Merapi

Teras Merapi merupakan wisata alam hits dengan konsep peternakan, perkebunan, dan juga pertanian yang ada di sekitar Gunung Merapi. Agrowisata Bhumi Merapi cocok dijadikan sebagai wisata edukatif untuk anak-anak.

Banyak sekali kegiatan yang berhubungan dengan peternakan, perkebunan, dan pertanian yang bisa dicoba oleh orang dewasa maupun anak-anak. Dengan lokasinya yang sejuk, tempat wisata ini memang cocok bagi mereka yang membutuhkan udara alam yang segar dan ingin melepas penat.

Fasilitas Penunjang di Teras Merapi

Fasilitas di Teras Merapi
Photo by Google Maps Arjun Harrizky

Meskipun Teras Merapi merupakan tempat wisata baru, namun fasilitasnya sudah terbilang cukup memadai. Area parkir yang luas dan aman, toilet yang bersih dan wangi, tempat ibadah yang bersih juga sudah tersedia di sini. Bahkan banyak penjual makanan dan oleh-oleh di sekitar tempat ini.

Teras Merapi merupakan tempat wisata yang cocok bagi Anda yang menginginkan kesegaran alam dengan fasilitas yang lengkap. Kunjungi tempat ini untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan bersama orang terdekat.