The Lost World Castle salah satu objek wisata yang unik dan kekinian di lereng Gunung Merapi, Sleman, Jogja. Benteng yang menyerupai. Menawarkan banyak spot foto menawan, bangunannya menyerupai Benteng Takeshi dengan pemandangan yang indah.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat:  Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Lagi lagi jika membahas kota Jogja memang tidak ada habisnya. Selalu saja ada hal menarik yang bisa ditelusuri di kota satu ini. Ada salah satu destinasi wisata yang menarik di sekitaran lereng Gunung Merapi yakni The Lows World Castle. Masih terbilang baru, wisata satu ini justru berada di zona merah. Untuk mengintip pesonanya, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Mengenal The Lost World Castle

Mengenal The Lost World Castle
Image Credit: Google Maps (Fitriana Ana)

The Lost World Castle, merupakan destinasi di Jogja yang masih terbilang baru. Bangunannya paling mencuri perhatian karena bagian depannya mirip dengan Benteng Takeshi. Tak heran jika kehadirannya langsung menyita banyak perhatian para wisatawan. Menginjakkan kaki di destinasi wisata ini, membuat Anda seakan berada di negeri dongeng.

Dibangun pada tahun 2016 silam, banguanan satu ini berdiri di atas tanah dengan luas 1,3 hektar. Nama dari The Lost World Castle sendiri mengingatkan masyarakat setempat akan dahsyatnya letusan Gunung Merapi. Letusan yang terjadi pada tahun 2006 silam ini mampu menyapu Desa Kepuharjo. Lantaran mengalami kemerosotan ekonomi akhirnya terbangunlah tempat ini.

Hanya saja, lokasinya memang terlalu dekat dengan zone merah. Membuat wisata ini memiliki polemik yang cukup pelik. Namun hingga saat ini destinasi wisata ini masih bisa dinikmati. Untuk Anda yang ingin liburan di Jogja, tidak ada salahnya bagi wisatawan untuk mampir ke tempat satu ini. Terutama bagi Anda yang menyukai kegiatan berpose pose di depan kamera.

Daya Tarik Wisata The Lost World Castle

Daya Tarik The Lost World Castle
Image Credit: Google Maps (Mio Figlio R M)

Daya tarik utama yang pasti bisa langsung Anda temukan adalah gaya bangunannya. Seperti namanya, gaya bangunannya seperti kastil kastil yang ada di film film. Sehingga wajar jika pengunjungnya rata rata ingin mengabadikan setiap momen dengan latar belakang bangunan ini. Walaupun sebenarnya daya tarik yang disimpan tempat satu ini sangat melimpah.

Begitu Anda tiba, Anda akan melewati gerbang layaknya di negeri dongeng. Dari sini Anda memang sudah bisa menebak nebak kira kira apa saja yang ada di dalam. Menariknya, bangunan kastil ini menggunakan bahan dari erupsi gunung Merapi. Tentu saja dipilih dengan seksama agar bangunannya menjadi begitu kokoh.

Tembok yang dibuat layaknya Tembok Besar China ini memang lebih akrab disebut dengan Benteng Takeshi. Walaupun memang ukurannya tak sebesar temb ik China, namun replikanya terlihat sama. Sebenarnya, di dalam tempat wisata hits Jogja ini Anda juga akan menemukan beberapa replika bangunan dari berbagai negara yang kondang.

Seperti stonehenge yang menjadi favorit pengunjung untuk mengambil pose cantiknya. Tidak ketinggalan rumah hobbit, pepohonan sakura yang mirip di Jepang hingga Perkampungan Suku Indian. Tempat wisata satu ini memang menyuguhkan atraksi utama berupa spot foto yang bertebaran di setiap sudut tempat wisata satu ini.

Daya Tarik World Castle
Image Credit: Google Maps (Indriani Gonjowijoyo)

Mengunjungi tempat wisata satu ini, Anda juga bisa wisata edukasi. Karena di salah satu sudutnya terdapat miniatur dinosaurus. Hewan yang telah punah ini dihadirkan kembali dalam bentuk miniatur dan mirip dengan aslinya. Selain dalam bentuk replika tubuh, Anda juga bisa menemukan kerangka maupun fosil dinosaurus yang terlihat seperti asli.

Fosil ini diletakkan di sebuah tanah lapang dan dikelilingi garis pembatas. Tentunya jika Anda membawa si kecil, Anda bisa memberikan pengetahuan baru untuk anak anak. Anak anak seakan dibawa menuju masa ketika era Jurassic. Sehingga mengunjungi The Lost World Castle tidak hanya untuk swafoto saja, tetapi juga mendapatkan pengetahuan baru.

Lokasinya yang tepat di lereng Merapi juga memberikan daya tarik tersendiri. Membuat pengunjung bisa sekalian menikmati kokoh dan megahnya Gunung satu ini. Udaranya yang sejuk dengan panorama pegunungan di belakangnya tentu sangat indah. Tak heran jika, kehadirannya membuat banyak wisatawan penasaran walaupun masih ada problema.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata

Alamat Lokasi Wisata
Image Credit: Google Maps (Rizal)

Tujuan dibangunnya tempat wisata ini adalah untuk mengenang kembali Desa Kepuharjo yang hilang. Maka lokasinya tepat berada di Desa Kepuharjo yang sudah masuk dalam Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Lokasinya hanya berjarak sekitar 6 km dari Puncak Gunung Merapi. Jika dari pusat kota Jogja Anda harus menempuh jarak sekitar 29 km.

Wisatawan yang ingin mengunjungi destinasi The Lost World Castle ini bisa menggunakan kendaraan umum juga kendaraan pribadi. Kendaraan umum bisa berupa bis juga angkutan kota. Akan lebih leluasa jika Anda menggunakan kendaraan pribadi. Tak harus roda empat, roda dua pun akan terasa lebih cepat dan lincah untuk menerobos jalanan yang padat.

Walaupun terlihat jauh, sebenarnya rute menuju destinasi satu ini tidaklah sulit. Apapun titik awal perjalanan Anda di Jogja, Anda hanya perlu menuju Jl. Kaliurang. Setelah itu terus berjalan menuju arah Utara tepatnya menuju Gunung Merapi. Nantinya setelah Anda sudah di Kaliurang, Anda hanya perlu melanjutkan perjalanan menuju Kaliadem.

Ada banyak petunjuk yang akan membantu Anda untuk sampai di Kaliadem. Selepas Anda tiba di Kaliadem, Anda hanya perlu menuju Jalan Bebek untuk sampai di Kopi Merapi. Begitu sudah melewati Kopi Merapi, perjalanan berlanjut ke arah Timur. Tak jauh, Anda akan menemukan bangunan berbentuk benteng dari kejauhan.

Jika Anda kesulitan menemukan tempat satu ini, Anda bisa mengandalkan maps online yang terpasang di smartphone Anda. Bertanya kepada warga setempat juga bisa dilakukan, mengingat masyarakat sekitar sudah akrab dengan benteng unik ini. Petunjuk jalan juga bisa ditemukan selama perjalanan Anda nanti sehingga tak perlu takut tersesat.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk
Image Credit: Google Maps (Didik Wiyono)

Untuk menikmati wisata yang memiliki banyak spot cantik ini, Anda tak harus merogoh kocek dalam. Menikmati semua yang ada di wisata hits ini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sekitar Rp 30 ribu setiap orang. Tiket ini berlaku untuk orang dewasa maupun untuk anak anak. Hanya saja tiket ini masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan Anda.

Parkir kendaraan umumnya tergantung dari kendaraan yang Anda bawa. Sementara untuk jam bukanya mulai pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB. Anda bisa datang kapan saja, karena akan buka mulai dari hari Senin hingga hari Minggu. Jika Anda ingin puas bermain main alangkah baiknya tidak datang di waktu liburan, karena pengunjungnya akan berlipat.

Waktu terbaik untuk mengunjungi The Lost World castle ini adalah pagi atau sore hari. Pada waktu tersebut suasana di tempat wisata terasa lebih teduh juga sejuk. Lokasi wisata ini masih belum ditanami banyak pohon. Sehingga ketika siang hari cuacanya cenderung lebih panas juga kering.

Sore hari lebih banyak dikunjungi oleh kawula muda. Karena juga berkesempatan untuk berburu sunset yang luar biasa cantik. Kedua waktu tersebut memang paling cocok untuk menjelajah wisata instagramable di Jogja ini. Pilih juga datang saat bukan musim hujan, agar Anda bisa leluasa untuk menjelajah setiap jengkal destinasi wisata satu ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di The Lost World Castle

Aktivitas di The Lost World Castle
Image Credit: Google Maps (Andri Kurniawan)

1. Menjelajah Dunia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, The Lost World castle memiliki wahana yang membuat Anda seakan akan sedang keliling dunia. Jembatan yang menghubungkan antar kastil ini mirip dengan Tembok Besar China. Selain itu Anda juga bisa menemukan taman sakura yang membuat pengunjung seperti sedang ada di Jepang.

Sungai buatan yang tak terlalu panjang juga hadir di taman ini. Membuat suasana Jepangnya terasa begitu kental. Pinggir sungai ini dihiasi dengan pohon sakura yang membuatnya makin indah. Agar suasana Jepangnya makin terasa, Anda bisa menyewa payung khas Jepang maupun Baju Kimono. Setelah itu Anda bisa mengambil beberapa pose andalan Anda.

2. Berinteraksi Dengan Kelinci

Anda bisa berinteraksi langsung dengan kelinci di taman rekreasi satu ini. Pengunjung bisa memberikan makan atau bermain dengan hewan menggemaskan ini. Tidak hanya kelinci, ada juga kuda yang bisa diajak berfoto dengan pengunjung. Hewan hewan yang ada di sini sudah sangat akrab dengan pengunjung jadi tak sulit mendekatinya.

3. Berburu Foto Instagramable

Ada banyak spot foto yang bisa dijadikan tempat hunting foto saat di sini. Mulai dari deretan lukisan 3D yang terlihat begitu hidup. Spot foto negeri di atas awan juga tersedia, tidak ketinggalan foto spot sayap. Sehingga ketika Anda mengambil gambar, Anda seakan akan memiliki sayap. Keseruan juga makin terasa jika Anda singgah di Wild Wild West dan bisa menyewa properti khas Indian.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di The Lost World Castle

Fasilitas di The Lost World Castle
Image Credit: Google Maps (Mifta Hijriawan)

Selain bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan, Anda juga bisa menemukan berbagai aktivitas yang memanjakan pengunjung. Walaupun masih terbilang baru, fasilitas yang bisa Anda temukan sudah terbilang lengkap juga memadai. Fasilitas yang bisa Anda temukan mulai dari tempat parkir kendaraan yang luas juga memadai.

Dengan begitu Anda tak usah khawatir tidak mendapatkan tempat parkir, terutama di musim liburan Anda masih bisa dapat lahan parkir. Jarak antara pintu masuk dengan area parkirnya juga tidaklah jauh. Selain itu, Anda juga bisa menemukan toilet yang bersih juga memadai.

Tidak ketinggalan mushola yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk beribadah saat liburan di benteng takeshi ini. Fasilitas lainnya yang membuatnya berbeda dari tempat wisata lain adalah fasilitas permainan. Anda bisa menemukan Luge, yang merupakan kendaraan tanpa mesin dengan bentuk yang mirip dengan sepeda.

Ukurannya pendek, sehingga siapapun bisa menggunakan kendaraan ini. Permainan satu ini memang sangat seru dan menyenangkan. Namun tentunya ada biaya tambahan ketika menggunakan fasilitas ini. Untuk mencoba Luge, pengunjung harus mengeluarkan budget mulai dari Rp 10 ribu harga tersebut sangat ramah kantong.

Bagi Anda yang ingin bermalam di daerah wisata hits ini lebih lama, Anda bisa menginap hotel yang dekat dengan lokasi benteng ini. Penginapan atau hotelnya dibanderol dengan harga beragam dan cenderung murah. Dengan menyiapkan budget mulai dari Rp 50 ribu, Anda sudah bisa menginap di area yang dekat dengan wisata hits ini.

Walaupun destinasi satu ini dekat dengan area zona merah, namun tak menyurutkan niat para pengunjung, Ketika mengunjungi The Lost World Castle pastikan menggunakan pakaian dan alas kaki nyaman karena akan banyak naik turun tangga. Anda juga bisa membawa makanan atau bekal mengingat penjual makanan masih terbilang jarang.

Give a Comment