Tlogo Putri Kaliurang, Danau Wisata Hits yang Sarat Mitos di Sleman

Tlogo Putri Kaliurang, Danau Wisata Hits yang Sarat Mitos di Sleman
Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tlogo Putri, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Wisata alam merupakan pilihan tepat untuk menyegarkan diri dari keramaian dan kesibukan perkotaan. Salah satu wisata alam yang direkomendasikan adalah Tlogo Putri yang terletak di Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata yang berupa telaga atau danau ini konon merupakan tempat pemandian bidadari. Oleh karena itulah dinamakan Tlogo Putri yang berarti “telaga putri”.

Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta, tempat wisata ini sangat direkomendasikan. Pasalnya, telaga ini memiliki banyak daya tarik wisata. Selain itu, pengunjung tempat wisata ini juga dapat melakukan banyak aktivitas seru yang menyenangkan.

Daya Tarik Wisata Tlogo Putri

Daya Tarik Wisata Tlogo Putri
Photo by Google Maps zahrotul izzah

1. Udara Sejuk dan Pemandangan yang Indah

Mengunjungi Tlogo Putri di Kaliurang sangat direkomendasikan untuk mengisi liburan. Terutama jika Anda menyukai tempat wisata alam untuk relaksasi. Telaga ini merupakan kombinasi dari wisata alam dan wisata air dengan keindahan yang memesona. Tempat wisata berupa embung atau danau buatan yang dikelilingi pemandangan perbukitan. Oleh karena itulah tempat wisata ini juga memiliki udara yang sejuk.

Tlogo Putri terletak di lereng selatan Gunung Merapi, tepatnya di sebuah bukit yang bernama Plawangan. Hutan dan jalur trekking juga dapat ditemukan di sekitar tempat ini. Pasalnya, wisata alam ini masih termasuk ke dalam kawasan Bukit Plawangan Turgo yang dikelola oleh Perhutani.

Oleh karena itu, pengunjung dapat menjelajahi hutan sambil menikmati keindahan pemandangan. Selain itu, pengunjung juga dapat menyusuri jalur trekking yang menghubungkan kawasan telaga dengan tempat wisata lain di sekitarnya, seperti Kaliadem atau Kalikuning.

Bagi pengunjung yang tidak sanggup untuk menjelajah hutan, tersedia beragam wahana air yang dapat dinikmati. Ada juga wahana bermain seperti ayunan, jungkat-jungkit, serta bianglala. Oleh karena itu, tempat ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bersama pasangan maupun keluarga.

2. Mitos Awet Muda

Tlogo Putri Kaliurang dikenal sebagai tempat wisata yang memiliki mitos. Mitos yang pertama adalah bahwa tempat wisata ini merupakan pemandian bagi para bidadari dari kahyangan. Mitos inilah yang membuat tempat wisata tersebut mendapatkan namanya yang jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti “telaga putri”.

Selain mitos tersebut, destinasi alam ini juga memiliki mitos lain yang kerap dibicarakan, yaitu mitos awet muda bagi siapa pun yang membasuh wajahnya di tempat ini. Oleh sebab itulah Tlogo Putri yang dulunya berupa kolam renang umum ini sempat menjadi primadona pada tahun 80-an. Tempat wisata tersebut sempat tutup karena gempa Yogyakarta pada tahun 2006, kemudian dibuka kembali sebagai destinasi wisata baru yang lebih menarik.

Daya Tarik Dimiliki Tlogo Putri
Photo by Google Maps Mas Gun

3. Pentas Seni Gratis

Yogyakarta dikenal dengan daya tarik budaya dan seninya yang kental. Oleh karena itulah pentas seni ini tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Yogyakarta. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk dapat menikmati pentas seni tersebut adalah datang ke tempat wisata Tlogo Putri di Kaliurang.

Ini karena berbagai pentas seni kerap diselenggarakan di tempat wisata tersebut untuk menghibur pengunjung. Mulai dari topeng ireng, campur sari, orkes melayu, jathilan, dangdutan, hingga kubro siswo. Uniknya, pengunjung tidak perlu membayar untuk dapat menikmati pentas seni tersebut.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati pentas seni, pastikan untuk datang ke tempat wisata tersebut pada hari Minggu. Pasalnya, pentas seni yang diselenggarakan di Tlogo Putri tidak ditampilkan setiap hari.

4. Gerombolan Monyet Liar

Hal lain yang menarik adalah adanya gerombolan monyet liar yang kerap menampakkan dirinya kepada pengunjung. Meski liar, monyet-monyet tersebut tidak akan mengganggu aktivitas pengunjung apabila tidak diganggu. Oleh karena itulah keberadaan mereka menjadi daya tarik tersendiri.

Artinya, jika Anda ingin melihat gerombolan monyet liar, tidak harus jauh-jauh ke Bali karena di Tlogo Putri juga ada. Monyet-monyet liar tersebut juga relatif aman karena tidak mengganggu, berbeda dari monyet di Ubud yang cenderung agresif.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Tlogo Putri Kaliurang
Photo by Google Maps Saoud Msaiqer

Tlogo Putri Kaliurang terletak di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata ini letaknya di bukit Plawangan yang ada di lereng selatan Gunung Merapi. Jalur yang harus dilalui untuk sampai ke tempat ini merupakan jalur pegunungan. Meski begitu, pengunjung hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit jika bertolak dari pusat Kota Yogyakarta. Jalan ke kawasan telaga juga sudah cukup baik.

Untuk mencapai tempat wisata ini, pengunjung direkomendasikan untuk menggunakan kendaraan pribadi, baik roda empat maupun roda dua. Namun, telaga ini juga dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan umum seperti bus. Pengunjung yang menggunakan kendaraan umum dapat berhenti di terminal bus Kota Sleman, kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan ojek untuk sampai ke tempat wisata.

Harga Tiket Masuk Tlogo Putri

Harga Tiket Masuk Tlogo Putri
Photo by Google Maps Prof Mudrajad Kuncoro, PhD

Untuk masuk menikmati keindahan telaga ini, pengunjung atau wisatawan tidak perlu membayar biaya tiket yang mahal, yaitu hanya sekitar Rp 6.000,00 per orang. Tidak hanya tiket masuknya yang murah, biaya parkir kendaraan di tempat wisata ini juga terjangkau, yaitu Rp 2.000,00 untuk sepeda motor; Rp 10.000,00 untuk mobil; dan Rp 20.000,00 untuk bus.

Tlogo Putri buka mulai pukul 07.00–16.00 WIB. Tempat wisata ini buka setiap hari sehingga wisatawan dapat berkunjung di hari apa pun. Namun, pengunjung disarankan untuk datang pada hari Minggu jika ingin melihat pertunjukan seni secara gratis. Bagi pengunjung yang kurang suka dengan keramaian, sangat direkomendasikan untuk datang pada pagi hari atau sore saat menjelang tutup.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Photo by Google Maps Baihaqi Aditya

1. Jelajah Hutan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tempat wisata Tlogo Putri ini masih termasuk dalam kawasan Bukit Plawangan Turgo. Kawasan bukit tersebut dikelola oleh Perhutani sehingga daerah di sekitar tempat wisata ini pun merupakan hutan yang masih terjaga. Oleh karena itulah bagi pengunjung yang ingin melakukan aktivitas wisata yang lebih menantang, menjelajah hutan dapat menjadi pilihan.

Tempat wisata ini menyimpan keindahan yang memesona sehingga pengunjung tidak akan kecewa. Selama menjelajah hutan, pengunjung juga dapat melihat gerombolan monyet liar yang menarik.

Aktivitas menjelajah hutan ini dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar. Udara hutan yang sejuk dan masih bersih juga dapat membersihkan paru-paru dari udara kotor perkotaan.

2. Trekking ke Wisata Lainnya

Di sekitar tempat wisata Tlogo Putri, ada beberapa tempat wisata alam lain yang tak kalah indah, seperti Tlogo Muncar, Watu Kemloso, Kalikuning atau Kaliadem, dan lain-lain. Tempat wisata tersebut juga terhubung dengan kawasan telaga. Untuk mencapainya, pengunjung dapat memanfaatkan jalur trekking serta jalan setapak yang sudah tersedia.

Aktivitas seru ini sangat direkomendasikan untuk pengunjung yang ingin menjelajah dan melihat keindahan tempat wisata lain. Tentunya, Anda harus mempersiapkan berbagai hal yang diperlukan terlebih dahulu jika berniat untuk melakukan aktivitas ini. Mulai dari air minum, makanan, hingga obat-obatan. Jika akan melakukan trekking, pastikan juga untuk memantau keadaan cuaca sehingga Anda dapat menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan.

3. Menikmati Keindahan Danau

Di samping memiliki keindahan perbukitan, Tlogo Putri Kaliurang juga memiliki danau yang indah, terutama pada sore hari. Untuk sampai ke kawasan danau, pengunjung hanya perlu mengikuti petunjuk arah. Pengunjung atau wisatawan yang datang ke tempat wisata ini dapat menikmati keindahan danaubaik dari tepi maupun dari tengah danau, yaitu dengan menggunakan wahana serta sarana yang tersedia seperti kano dan bebek air.

Aktivitas Dilakukan di Tlogo Putri
Photo by Google Maps fasta pratama

4. Flying Fox

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh tempat wisata Tlogo Putri adalah pemandangan alamnya yang indah, mulai dari bukit hingga danau. Pemandangan alam ini dapat dinikmati dengan aktivitas trekking maupun menaiki wahana air seperti bebek air atau kano. Namun, pemandangan tersebut akan tampak lebih indah jika dilihat dari ketinggian, misalnya dengan flying fox.

Tempat wisata ini menyediakan wahana flying fox yang dapat dinikmati pengunjung. Bagi wisatawan atau pengunjung yang tidak takut ketinggian dan ingin menikmati keindahan Tlogo Putri dari ketinggian, wahana ini sangat direkomendasikan.

5. Melihat Pentas Seni

Di samping melihat keindahan danau dan bukit di sekitarnya, pengunjung Tlogo Putri juga dapat melakukan aktivitas seru lainnya, yaitu melihat pentas seni yang dipertunjukkan kepada pengunjung secara gratis. Pertunjukkan tersebut ditampilkan setiap hari Minggu, sehingga pengunjung yang ingin melihat pementasannya disarankan untuk datang pada hari tersebut.

Pertunjukkan atau pentas seni yang ditampilkan bervariasi, mulai dari dangdutan, jathilan, campur sari, kubro siswo, topeng ireng, hingga orkes melayu. Pertunjukkan ini dipentaskan secara bergantian untuk menghibur pengunjung.

6. Taman Bermain

Tempat wisata Tlogo Putri dilengkapi dengan taman bermain sehingga pengunjung dapat menemukan permaianan seperti ayunan, bianglala, dan jungkat-jungkit. Adanya wahana ini membuat tempat wisata Hits yang satu ini sangat cocok dikunjungi bersama anak dan keluarga. Selama anak asyik di taman bermain dan menikmati berbagai wahana permainan yang tersedia, orang dewasa dapat mencari tempat duduk yang enak di dekat taman bermain dan menikmati keindahan pemandangan.

7. Berfoto

Ada banyak wahana yang dapat dicoba di kawasan telaga. Namun, selain menikmati wahana yang tersedia, pengunjung atau wisatawan yang datang ke tempat wisata ini juga dapat sekadar berjalan-jalan untuk melepas kepenatan, mencari tempat duduk yang enak untuk menikmati pemandangan, maupun mencari spot foto yang menarik. Pasalnya, akan sangat disayangkan apabila keindahan telaga tidak diabadikan saat Anda datang ke sana.

Fasilitas Penunjang di Tlogo Putri

Fasilitas di Tlogo Putri
Photo by Google Maps Mas Gun

Telaga Puteri menyediakan fasilitas wisata yang cukup lengkap mulai dari area parkir kendaraan, tempat istirahat, kamar mandi, tempat ibadah, panggung pementasan seni, hingga rumah makan.

Tersedia juga penginapan untuk wisatawan yang ingin menginap dan mengunjungi objek wisata lain di hari berikutnya, seperti Merapi Park, Gardu Pandang Kaliurang, Taman Wisata Kaliurang, serta Lava Tour Merapi. Fasilitas penginapan seperti hotel memang tidak berada di dalam kawasan telaga. Namun, lokasinya tidak jauh dari tempat wisata tersebut.

Tlogo Putri di Kaliurang memiliki banyak pesona yang dapat memanjakan pengunjung. Oleh karena itu, akan sangat disayangkan jika Anda tidak berkunjung ke tempat ini saat datang ke Yogyakarta.