Upside Down World Jogja, Menikmati Sensasi Dunia Terbalik

Upside Down World Jogja, Menikmati Sensasi Dunia Terbalik
Harga Tiket: Rp 60.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ring Road Utara No.18, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Jogja tidak kalah dengan Bandung dalam hal tersedianya objek wisata alternatif. Buktinya adalah Upside Down World Jogja yang saat ini semakin ramai dikunjungi wisatawan tepatnya di Kabupaten Sleman. Baik di hari aktif maupun libur, objek wisata ini tidak pernah sepi pengunjung, terutama dari kalangan pemuda. Ini dikarenakan banyaknya spot foto unik yang memang menjadi incaran kaum milenial.

Sesuai namanya, spot yang dimaksud adalah dunia terbalik, atau lebih tepatnya ruangan yang ditata sedemikan rupa sehingga terkesan terbalik. Apabila pengunjung berfoto, sebenarnya posisi mereka tetap sama pada umumnya. Hanya saja hasil foto terlihat terbalik sehingga menjadikannya unik serta terlihat kreativitas nya.

Kreativitas ini tidak lepas dari tata letak perabot did alam ruangannya. Semua dibuat terbalik, baik meja, kursi, dan bahkan lemari. Meski posisinya melawan hukum alam, namun kondisinya baik dan aman sesuai standar yang berlaku. Tidak perlu khawatir benda yang digantungkan tersebut jatuh, meskipun bobotnya berat.

Daya Tarik Wisata Upside Down World

Daya Tarik Wisata Upside Down World
Photo by Instagram Irfan Chou

Upside Down World Jogja memilki konsep yang unik berupa ruangan sebagai daya tarik utamanya. Semua benda yang dibuat terbalik bukanlah ornamen atau gambar, melainkan aslinya. Setidaknya, ada lebih dari 10 ruangan dengan tema masing-masing yang dapat dijelajahi.

1. Kamar Tidur

Spot foto pertama yang wajib dicoba adalah kamar tidur, biasanya menjadi favorit bagi anak-anak. Ruangan ini dilengkapi dengan satu set tempat tidur yang di sampingnya terdapat lemari mini. Dindingnya dilengkapi wallpaper kesan natural, jadi cocok untuk laki-laki maupun perempuan. Tidak lupa meja rias yang biasanya wajib dimiliki desain kamar tidur modern.

2. Kamar Anak

Selain kamar tidur yang umum dijadikan spot foto, Upside Down World juga menyediakan kamar khusus anak. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kamar tidur sebelumnya, hanya saja kali ini dibuat konsep anak-anak. Adapun furnitur yang melengkapi diantaranya adalah boneka dan mainan untuk anak laki-laki dan perempuan.

3. Ruang Tamu

Semua rumah dipastikan memiliki kamar tamu bukan? Fungsinya bukan hanya untuk menjamu tamu yang datang, melainkan sebagai tempat berkumpulnya keluarga juga. Perabotan yang ada di ruangan ini pun sama seperti ruang tamu di dunia nyata. Ada meja, sofa, dan pastinya lemari tempat meletakkan televisi.

4. Kamar Mandi

Desain kamar mandi yang ada di Upside Down World Jogja juga tidak kalah unik. Jangan membayangkan kamar mandi yang terkesan jorok, di sini sangat bersih dengan ruangan yang tertata rapi. Selain sebagian dindingnya berupa keramik seperti kamar mandi modern, ada juga lemari gantung mini tempat meletakkan peralatan mandi.

Daya Tarik Dimiliki di Upside Down World
Photo by Instagram Agus Budi

5. Ruang Dapur

Di ruang dapur lebih unik lagi, karena ada banyak perabotan yang ditemukan. Konsep desain ya tidak jauh berbeda dengan ruangan lain, yakni modern minimalis. Adanya lemari dapur menjadikan spot ini semakin terlihat mengesankan. Kompor dari bahan stainless diletakkan di bagian tengah dan dihiasi panci, teflon, dan peralatan dapur lainnya.

6. Ruang Kerja

Semua ruangan di Upside Down World dibuat semirip mungkin dengan seluruh bagian rumah pada umumnya. tetapi ada satu yang mungkin tidak ada di rumah anda dan memang bukan menjadi bagian yang wajib. Spot foto yang dimaksud yaitu ruang kerja, dimana tidak setiap rumah memilikinya. Ruangan ini dilengkapi dengan komputer, printer, dan meja kerja.

7. Ruang Laundry

Selanjutnya ada ruang laundry yang biasanya terletak di sebelah kamar mandi. Di sini pun demikian, ruangan ini bersebelahan dengan ruangan tersebut. Ruangannya dibuat nyaman dengan tampilan yang rapi. Benda yang wajib ada pastinya mesin cuci yang diapit lemari dinding dan meja setrika di sebelahnya.

8. Spot Foto Warmindo

Objek wisata seperti halnya Upside Down World memang banyak ditemui saat ini. Masing-masing memiliki ciri khas dan gaya ruangan yang berbeda, namun konsepnya tetap sama. Ciri khas dari objek wisata hits kali ini adalah Warmindo yang merupakan singkatan dari Warung Makan Indomie.

Bisa dikatakan bahwa spot foto ini lebih unik dibandingkan lainnya. Tampilan ruangannya seperti warung makan sederhana di pinggir jalan yang dilengkapi kursi plastik. Rentengan minuman sachet pun dipajang supaya terlihat mirip aslinya. Ada banyak pose yang dapat dilakukan di spot foto ini, diantara duduk, berdiri, dan bahkan sambil tiduran.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Upside Down World
Photo by Google Maps HR Batara58

Jalan Ring Road Utara, Puyeran, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DI Yogyakarta, itulah alamat yang harus anda tuju ketika ingin mengunjungi Upside Down World. Lokasinya strategis, tidak jauh dari pusat kota dan terletak di sebelah jalan raya. Tentu tidak sulit mencarinya, apalagi ada banyak papan petunjuk yang tersedia.

Mengenai jaraknya, dari Alun-alun Jogja hanya sekitar 14 kilometer. Jarak tersebut rata-rata membutuhkan waktu tidak lebih dari 30 menit. Sedangkan jika anda datang dari Tugu Jogja lebih dekat lagi, karena jaraknya 10 kilometer dan dapat ditempuh dengan waktu 20 menit. Rute terbaik dan tercepat adalah melewati Jalan Pajajaran atau Ring Road Utara.

Arah pertama yang harus anda tuju yakni ke Jalan Veteran dan belok kanan ke Jalan Kusumanegara ketika ada perempatan. Dari titik ini, silahkan menuju ke Jalan Raya janti dan ikuti rute nya hingga tiba di Jalan Majapahit. Tujuan berikutnya ke Jalan Pajajaran sampai menemukan lokasi wisata. Jalanan banyak yang berkelok, jadi sebaiknya manfaatkan GPS.

Harga Tiket Masuk Upside Down World

Harga Tiket Masuk Upside Down World
Photo by Instagram Rasyid Ago

Tidak jauh berbeda dengan objek wisata yang memiliki kesamaan konsep, Upside Down World juga mematok harga tiket masuk. ada tiga kategori tiket yang disesuaikan dengan usia maupun status. Bagi dewasa, harga tiket berlaku sebesar 60.000 rupiah, sedangkan anak-anak hanya 25.000 rupiah.

Lain halnya jika anda termasuk pelajar, harga tiket masuk yang berlaku sebesar 40.000 rupiah dengan menunjukkan bukti berupa kartu pelajar. Meski terkesan mahal, namun tidak ada tiket terusan yang berlaku. Artinya, anda berhak menggunakan semua fasilitas spot foto yang tersedia. Silahkan datang setiap hari diantara jam 9 pagi hingga jam 7 malam.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Photo by Instagram Reza Muliawan

Oleh karena konsep wisatanya berupa spot foto, maka aktivitas di Upside Down World Jogja juga berhubungan erat dengan fotografi. Berkunjung ke sini wajib mengosongkan memori HP terlebih dahulu jika ingin lebih puas mengambil gambar sesuai selera.

1. Foto di Kamar Mandi

Kamar mandi memang bukan menjadi spot foto favorit, namun tidak ada salahnya anda mencoba keunikan nya di wisata hits ini. Berbagai benda yang ada di ruangan ini cocok dijadikan teman pose. Misalnya memegang shower, lemari, atau wastafel. Apabila ingin terlihat lebih unik, anda bisa memegang closet yang juga dibuat terbalik.

2. Mengambil Latar Belakang Ruang Makan

Spot foto di Upside Down World yang belum kami sebutkan diatas adalah ruang makan. Di sini juga banyak benda unik yang menemani gaya berfoto anda. Lengkap dengan meja makannya, anda bisa jungkir balik diatas meja yang dilengkapi dengan piring serta sendok. Meski dilengkapi dengan makanan, namun semuanya imitasi dan bukan aslinya.

3. Berfoto di Kamar Tidur

Spot yang paling favorit hampir semua wisatawan yang berkunjung adalah kamar tidur. Bagaimana tidak, perabotannya lengkap dan desain nya modern minimalis. Ini dapat dilihat dari wallpaper dindingnya dan juga perabotan di dalamnya. Memegang bantal atau guling biasanya dilakukan pengunjung supaya terlihat lebih unik.

Fasilitas Penunjang di Upside Down World

Fasilitas di Upside Down World
Photo by Instagram Yuzurong

Upside Down World dibangun diatas lahan seluas rumah. Tidak terlalu besar memang, karena pada dasarnya hanya objek wisata berupa spot foto. Tetapi dalam hal fasilitas lumayan memadai, seperti adanya lahan parkir, toilet, dan warung makan di sebelahnya. Di sini juga ada fotografer profesional yang menyarankan pose supaya terlihat jauh lebih menarik.

Demikian ulasan singkat mengenai objek wisata yang sedang hits di Jogja. Karena satu ruangan hanya ada satu tema spot foto, ada baiknya jika anda tidak datang di hari libur. Pasalnya, akan ada banyak sekali wisatawan yang mengunjungi Upside Down World Jogja sehingga anda harus mengantre lama untuk satu foto yang diinginkan.