Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sremo Tengah, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Potensi wisata alam yang ada di Jogja memang menjadi salah satu hal yang tak perlu anda ragukan. Ada berbagai destinasi wisata indah yang dapat anda jumpai, salah satunya adalah Waduk Sermo yang berlokasi di Kulon Progo. Waduk ini menjadi bukti bahwa daerah ini tidak hanya memiliki pantai yang cantik.

Walaupun nama dari waduk ini masih terdengar asing bagi wisatawan, akan tetapi jangan salah. Sesampainya di lokasi waduk, anda akan langsung disuguhkan dengan pesona alam yang akan memanjakan mata Anda. Pesona keindahan daerah waduk ini bahkan sering dimiripkan dengan Ranu Kumbolo yang ada di lereng Gunung Semeru. Anda bisa bermain gethek hingga naik perahu motor untuk menjelajahi keindahan yang ditawarkan.

Daya Tarik Wisata Waduk Sermo

Daya Tarik Di miliki Wisata Waduk Sermo
Photo by Instagram a_riyan21

1. Tempat Wisata Dengan Danau yang Jernih

Daya tarik yang disuguhkan oleh destinasi wisata alam ini tentu saja danaunya. Bahkan beberapa wisatawan yang telah berkunjung kesini juga menyamakannya dengan wisata Ranu Kumbolo lantaran pemandangan dan panorama alam yang ada disini hampir serupa dengan danau yang anda jumpai di Gunung Semeru tersebut.

Tempat wisata ini memiliki danau yang sangat jernih dengan warna yakni kehijauan. Bahkan jika anda melihat sekelilingnya akan penuh dengan pohon yang rimbun dan berderet deret. Suasana yang hijau tentu saja akan bisa temukan di sekitaran waduk ini.

Akan tetapi, keindahan tempat wisata danau ini tidak berhenti begitu saja. disini anda juga akan bisa menemukan rerumputan yang berwarna hijau menutupi area permukaan tanah. Sehingga, suasana yang asri dan alami akan langsung anda rasakan ketika melangkahkan kaki ke Waduk Sermo.

Apabila anda datang ketika langit sedang biru dan berpadu dengan awan, tentunya suasana akan semakin indah. Air di danau yang jernih membuat air waduk memantulkan awan dan juga pepohonan yang ada di sekitarnya. Ketika anda memperhatikan dengan seksama, sesekali ikan pun akan muncul dan menyentuh permukaan danau yang tenang tersebut.

Udara yang ada di waduk satu ini juga sangat sejuk. Bahkan jika anda mengunjunginya di siang hari, anda tidak akan kepanasan untuk menghabiskan waktu disini. Meskipun matahari bersinar dengan terik, anda tidak akan merasa gerah. Terlebih lagi ketika angin sepoi sepoi berhembus tentu saja akan membuat anda semakin betah.

Daya Tarik Di Kawasan Wisata Waduk Sermo
Photo by Instagram Kulonprogo [JOGJA]

2. Pembangunan Waduk Sermo

Waduk yang indah ini telah diresmikan dalam waktu yang lama yakni mulai tahun 1988 oleh Presiden Soeharto. Dapat dikatakan jika pembangunan waduk cantik ini terbilang cukup cepat, yakni sekitar 2 tahun lebih 8 bulan. Dengan memiliki luas sekitar 7000 hektar, pembangunan yang memakan waktu hampir 3 tahun ini dinilai sangatlah cepat.

Kemudian, untuk sistem pengairan yang ada di lokasi ini adalah kelanjutan dari sistem irigasi yang ada di beberapa wilayah. Bangunan waduk ini sendiri berdiri di tengah Pegunungan Menoreh. Untuk itu, anda pun tidak perlu heran jika sepanjang mata memandang anda akan disuguhkan dengan deretan pegunungan yang hijau dan asri. Waduk ini sendiri juga masih berfungsi sebagai sumber air bersih atau PDAM.

3. Terdapat Makam Mbah Sermo

Wisata alam ini tidak hanya menyuguhkan panorama alam yang indah saja. melainkan terdapat kepercayaan yang berkembang di masyarakat setempat bahwa di tengah tengah danau masih terdapat makam Mbah Sermo. Mbah Sermo sendiri merupakan salah satu nama leluhur masyarakat yang ada di sekitar tempat tersebut.

Kabarnya makam Mbah Sermo yang telah meninggal puluhan tahun tersebut berada di tengah tengah Waduk Sermo yang indah tersebut. Meskipun banyak orang pula yang mengatakan jika makan tersebut telah dipindahkan, sebagian orang masih percaya bahwa makam tersebut masih berada di tempat semula.

Alamat dan Rute Perjalan Menuju Waduk

Alamat dan Rute Waduk Sermo
Photo by Instagram Dewi Roosita

Jika anda tertarik untuk mengunjunginya, lokasi dari Waduk Sermo ini sendiri berada di Dusun Sermo. Tepatnya yakni di Desa Hargowilis Kecamatan Kokap, Kulon Progo. Jika anda berangkat dari pusat kota Jogja, maka anda pun akan menempuh perjalanan kurang lebih yakni sekitar 30 kilometer.

Dimana untuk bisa sampai ke lokasi, anda akan membutuhkan waktu kurang lebih yakni sekitar satu jam berkendara dengan menggunakan kendaraan pribadi. Akses jalan menuju ke tempat satu ini juga cukup mudah. Anda bisa mengikuti petunjuk jalan yang ada. Atau agar lebih memudahkan anda, gunakan aplikasi peta digital yang telah terinstal di ponsel anda. Hal tersebut akan mencegah anda agar nantinya tidak tersesat.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Daya Tarik Di Wisata Waduk Sermo
Photo by Twitter Putu Ayu Ratna Dia

Memasuki kawasan objek wisata alam ini tentu saja anda akan dibebankan biaya tiket masuk. Akan tetapi, tak perlu khawatir jika anda datang dengan kantong yang pas-pasan, Anda tetap bisa masuki kawasannya. Bahkan kadang kadang ketika di hari biasa dan tidak banyak wisatawan yang datang, pengunjung bisa memasukinya tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Akan tetapi, apabila pengunjung ingin menaiki wahana yang ada di lokasi ini, tentu saja akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan wahana yang anda pilih. Adapun untuk tiket masuk Waduk Sermo sendiri umumnya berkisar mulai dari 6 ribu rupiah saja. Jika anda berencana untuk menginap, maka biaya tiket Camping yang perlu anda bayarkan yakni sekitar 15 ribu rupiah saja.

Mengenai jam operasional wisata cukup fleksibel. Pasalnya destinasi satu ini buka dari pagi hari hingga sore hari. Bahkan pengunjung yang ingin menginap dan bermalam sekaligus mendirikan tenda di kawasan satu ini pun juga diperbolehkan. Wisata alam ini buka mulai dari pukul 7 pagi hingga 5 sore setiap hari. Namun, waduk nan indah ini akan tutup ketika hari Jumat.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Aktivitas Seru Waduk Sermo
Photo by Instagram Mengger Kemuning

1. Berkemah

Berkemah atau camping menjadi salah satu kegiatan wajib yang bisa anda lakukan di destinasi satu ini. hal ini dikarenakan Waduk Sermo adalah salah satu tempat yang indah dan sangat pas untuk menikmati keindahan alam. Dengan panorama alam yang mempesona tersebut tentu saja akan membuat siapapun betah untuk menghabiskan waktu lama di tempat satu ini.

Untuk itu, jika anda tertarik untuk menghabiskan waktu disini tak ada salahnya untuk mendirikan tenda dan berkemah di kawasan waduk tersebut. Pasalnya, di tempat satu ini memang telah disediakan tempat untuk camping yakni di tepi danau. Apabila anda berkemah di tempat ini, maka pengunjung pun bisa merasakan segarnya udara pagi yang berselimutkan kabut tipis.

Meskipun suasana terkesan sangat mistis, akan tetapi tak dapat dipungkiri hal tersebut akan berubah dengan keindahan yang tersaji di sekitar waduk. Ditambah dengan kesegaran dan kesejukan akan menjadi salah satu hal yang bisa membantu untuk menenangkan pikiran.

2. Melihat Indahnya Matahari Terbit

Salah satu hal menarik yang bisa anda lakukan adalah melihat indahnya matahari terbit. Bagaimana tidak pemandangan yang ada disini akan membius siapa saja yang datang berkunjung. Terutama ketika anda bermalam atau menginap di waduk cantik ini. tentunya keindahan sunrise akan menjadi panorama alam yang tidak bisa anda lewatkan begitu saja.

Saat menjelang pagi tiba, anda akan melihat perlahan lahan matahari pagi muncul di balik Pegunungan Menoreh. Di Waduk Sermo, anda pun akan melihat bahwa kilau kuning dari matahari yang menyilaukan mata tersebut akan sangat tampak cantik dari waduk satu ini. bahkan kabut pun perlahan lahan akan mulai menghilang lantaran cahaya matahari yang datang.

Keindahan lainnya adalah danau yang jernih tersebut akan kembali memantulkan sinarnya. Tentu saja pemandangan yang sangat indah tersebut bisa anda dapatkan ketika menginap. Hal ini akan menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan dengan menghabiskan waktu atau akhir pekan di sekitar waduk.

Aktivitas Seru di waduk sermo
Photo by Instagram Iin Irjayanti

3. Menjelajah Danau Dengan Perahu Motor

Hal lain yang bisa anda lakukan adalah menjelajah atau berkeliling danau. Namun uniknya, anda tidak hanya akan menjelajah dengan berjalan kaki saja. melainkan ada salah satu hal yang wajib anda coba yakni menaiki perahu motor. Apabila anda belum puas memandang indahnya waduk dari daratan, opsi satu ini bisa anda pilih.

Di Waduk Sermo sendiri semua bisa anda lakukan. Wisatawan yang datang nantinya akan bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu motor yang mana memiliki harga sangat murah dan bersahabat. Selain itu, ketika anda berada di tengah danau, pemandangan yang memukau akan langsung siap menyambut anda.

Panorama indah Pegunungan Menoreh pun akan terasa lebih dekat ketika anda berkeliling menggunakan perahu motor ini. seolah olah anda pun sedang berada di tengah tengah hutan yang indah dan pegunungan yang memukau. Pastinya jangan sampai melewatkan penjelajahan dengan menggunakan perahu motor ini.

4. Naik Gethek

Mungkin sebagian dari anda masih asing dengan alat transportasi satu ini. namun, ketika anda menghabiskan waktu di Waduk Sermo, maka anda pun bisa naik gethek dan merasakan sensasinya secara langsung. Gethek sendiri adalah salah satu alat transportasi yang mirip dengan perahu.

Akan tetapi, pembuatannya sendiri lebih tradisional. Dimana hanya dengan menggunakan bambu yang memiliki luas kurang lebih 2 x 2 meter. Selain itu, gethek juga menggunakan bambu sebagai alat untuk menggerakkan sehingga bisa berjalan. Yang mana bambu panjang tersebut memiliki fungsi yang sama dengan dayung.

5. Hunting Foto

Kurang lengkap rasanya jika anda mengunjungi waduk ini namun belum berfoto. Sebab, di lokasi wisata ini banyak sekali spot menarik yang bisa anda gunakan untuk hunting foto. Salah satunya ketika anda sedang naik perahu dan juga gethek. Pengalaman seru tersebut pastinya sangat pas untuk diabadikan dalam bidikan kamera dan bagi anda yang doyan selfie.

Berlibur di tempat yang memiliki pemandangan alam indah nyatanya menjadi salah satu cara untuk menenangkan pikiran. Hal ini pula yang bisa anda rasakan ketika menghabiskan waktu di Waduk Sermo yang berada di Kulon Progo. Menikmati pemandangan berupa Pegunungan Menoreh dan mencoba berbagai aktivitas baru, akan menjadi salah satu pengalaman indah untuk liburan anda yang bisa dicoba.

Give a Comment