Taman Watu Amben, Menikmati Panorama Indah Sembari Kulineran di Bantul

Taman Watu Amben, Menikmati Panorama Indah Sembari Kulineran di Bantul
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Duwen Bintang, Srimulyo, Kec. Piyungan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

Pergi wisata ke kota Yogyakarta selalu berhasil membuat liburan menjadi lebih bermakna. Pasalnya, wisatawan bisa melancong ke berbagai tempat yang menawarkan pengalaman yang berbeda. Salah satu tempat wisata yang sedang hits di kota Gudeg adalah Taman Watu Amben yang berada di Kabupaten Bantul. Kini, lokawisata ini sering menjadi tempat singgah untuk sementara sebelum melanjutkan perjalanan menelusuri tempat wisata lain di Bantul.

Tidak hanya itu, wisatawan pun tidak akan segan untuk menjadikannya sebagai tujuan utama ketika liburan karena memang ada banyak daya tarik yang ditawarkan oleh tempat wisata yang sangat indah ini. Bagi wisatawan yang penasaran, berikut informasi lengkap tentang Taman Watu Amben.

Daya Tarik Wisata Taman Watu Amben

Daya Tarik Taman Watu Amben
Photo by Google Maps Wijatmoko Adventure

1. Mitos Masa Lalu

Bantul memang dikenal sebagai salah satu kabupaten yang memiliki cerita tersendiri. Tidak hanya tentang tempat wisata yang melimpah dan sangat indah, beberapa tempat di kabupaten ini juga memiliki cerita masa lalu. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya spot-spot yang masih memiliki kaitan erat dengan sejarah. Seperti tempat wisata lainnya, Watu Amben juga memiliki mitos yang sampai saat ini ceritanya bisa kita dengar dari penuturan warga sekitar.

Ada yang menyebut bahwa taman merupakan salah satu situs sakral karena dulunya, ini merupakan tempat singgah bagi pasukan kerajaan Mataram. Nama Watu Amben sendiri memiliki arti batu yang menyerupai tempat tidur. Raja Yogyakarta di masa lampau pun menggunakan tempat ini sebagai tempat untuk beristirahat ketika melakukan perjalanan.

Dengan kata lain, pesona dan keindahan pemandangan di tempat ini memang sudah terkenal sejak jaman kerajaan. Kita memang bisa melihat pemandangan yang sangat indah terhampar luas di depan mata.

2. Tempat Nongkrong yang Asik

Kini kondisi taman ini terlihat lebih baik karena sudah memiliki pengurus dan pengelola. Wisatawan pun bisa melihat pemandangan yang sangat indah dari berbagai sudut. Tidak hanya itu saja, tempat ini kini telah menjelma menjadi tempat yang sangat ramah bagi para wisatawan. Apalagi sejak dikelola oleh manajemen, kini wisatawan bisa rehat di tempat-tempat yang sudah disediakan.

Watu Amben menjadi salah satu tempat nongkrong yang paling asik di kota Yogyakarta. Para muda mudi kota Yogyakarta pun banyak yang sengaja datang untuk sekedar melihat pemandangan sekaligus nongkrong bersama teman-teman.

Wisatawan kini bisa menikmati keindahan alam dengan bersantai di bean bag, atau memilh tempat lesehan yang lebih dekat ke arah jurang. Area bebatuan yang dulu menjadi tempat singgah pasukan kerajaan Mataram pun kini menjadi spot foto dengan latar belakang pemandangan yang indah.

3. Jarak yang Tidak Terlalu Jauh

Daya Tarik Dimiliki Taman Watu Amben
Photo by Google Maps Iunike Ribka

Daya tarik lain yang membuat wisatawan ingin datang ke Taman Watu Amben adalah jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta. Selama ini tempat wisata di kawasan Bantul terkenal menguras tenaga karena wisatawan harus rela menempuh perjalanan yang sangat jauh dari pusat kota.

Seperti ketika ingin datang ke Pantai Baron atau Pantai Indrayanti, wisatawan harus berkendara selama 2 jam perjalanan. Untuk beberapa orang hal ini sangat melelahkan, terutama mereka yang tidak membawa kendaraan pribadi.

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam di Watu Amben hanya perlu menempuh perjalanan 30 menit. Itupun melalui jalan yang sudah baik dan dilewati kendaraan umum. Dengan kata lain, destinasi alam ini menjadi salah satu alternatif wisata di kota Yogyakarta. Hanya dengan menempuh perjalanan singkat, wisatawan sudah bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa.

4. Spot Sunset dan Malam Penuh Bintang

Tips bagi wisatawan yang ingin datang ke Taman Watu Amben, mulailah perjalanan di sore hari dari pusat kota Yogyakarta. Perjalanan singkat pun terasa menyenangkan karena setelah memasuki jalan Jogja-Wonosari kita bisa melihat pemandangan yang sangat indah. Di sore hari, cuaca di kota Yogyakarta pun tidak terlalu panas, justru terasa menyenangkan karena angin sepoi-sepoi.

Pun demikian ketika sudah sampai disini, wisatawan bisa merasa lebih rileks karena suasana yang damai. Tidak lama kemudian, kita bisa menyaksikan pemandangan alam yang sangat indah karena dari atas bukit, kita bisa melihat sunset yang indah.

Setelah disuguhi dengan keindahan langit kota Yogyakarta yang merekah di sore hari, alam seolah tidak ingin berhenti memperlihatkan kemegahannya. Saat cuaca cerah dan tidak hujan, langit malam di pinggir kota Yogyakarta terlihat amat mempesona karena dihiasi dengan ribuan bintang yang berkilau mewarnai malam. Apalagi dengan lampu remang-remang di area makan membuat sinar bintang terlihat lebih jelas.

Semakin malam, suasana di Watu Amben terlihat lebih indah dengan cahaya lampu dari rumah-rumah warga yang seolah tidak ingin kalah dengan cahaya bintang. Hamparan cahaya yang indah di darat dan langit menciptakan perpaduan yang bisa membuat kita takjub akan keindahannya. Tidak salah memang jika banyak wisatawan yang kini lebih memilih tempat ini untuk melihat bintang di langit.

Alamat & Cara Menuju Lokasi

Alamat Taman Watu Amben
Photo by Google Maps zulistya adi

Taman Watu Amben berada di kecamatan Piyungan, tepatnya ada di jl. Dlingo-Patuk area kebun Srimulyo. Meski untuk datang ke lokasi wisata ini harus melalui jalur menuju Gunung Kidul, ternyata tempat wisata yang populer ini masih masuk dalam kabupaten Bantul.

Dari pusat kota Yogyakarta wisatawan bisa langsung mengarah ke Banguntapan dan mengambil jalan Jogja-Wonosari hingga terus naik ke jalan berkelok Bukit Bintang. Setelah tanjakan belok ke kanan arah ke Koramil Patuk. Selanjutnya, wisatawan hanya perlu mengikuti jalan yang melewati HeHa Sky View sampai akhirnya tiba di Watu Amben.

Harga Tiket Masuk Taman Watu Amben

Photo by Google Maps Widi Nur https://www.google.com/maps/contrib/100459202979041077017

Meski sudah dikelola oleh warga setempat, namun untuk memasuki Watu Amben wisatawan tidak dikenakan tiket masuk, melainkan hanya dikenakan tarif parkir kendaraan. Tempat ini sendiri tidak pernah tutup sehingga bisa didatangi kapan saja.

Hanya saja jika wisatawan ingin menikmati aneka sajian kuliner di warung sekitar bisa datang lebih cepat dan sebelum tengah malam.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Ragam Aktivitas Menarik Taman Watu Amben
Photo by Google Maps Yulia Meirani

1. Wisata Kuliner

Di sekitar Taman Watu Amben ada banyak tempat makan yang merupakan kedai milik warga sekitar. Wisatawan paling suka menikmati keindahan alam dengan bersantai dari area warung-warung tersebut. Apalagi beberapa warung juga memiliki desain yang aestetik dengan aneka ragam ornamen kayu dan gardu pandang. Kita juga bisa memilih tempat duduk sesuai dengan keinginan. Jika datang beramai-ramai paling enak menikmati aneka sajian dengan lesehan ditemani lampu kecil yang temaram.

Gardu pandang yang berada di warung milik warga juga menjadi spot yang cocok untuk menikmati malam sembari mencicipi aneka sajian kuliner tradisional yang lezat. Apalagi kota Yogyakarta dikenal sebagai salah satu kota yang ramah bagi wisatawan karena menyajikan makanan enak dengan harga terjangkau.

Aneka jenis kuliner yang dijajakan di tempat ini juga relatif murah. Selain makanan tradisional juga terdapat menu lain yang menggugah selera dan wajib untuk dicoba. Wisata kuliner di Taman Watu Amben jelas akan menjadi pengalaman yang menyenangkan ketika liburan di kota Jogja.

2. Foto-Foto

Alasan lain wisatawan berkunjung yang pasti adalah untuk foto-foto. Pemandangan alam di sekitarnya begitu luar biasa. Kapanpun Anda datang, Anda akan melihat keindahan alam dengan penampilan yang memukau.

Di pagi dan siang hari, pemandangan hijau terhampar di depan mata berpadu dengan langit biru dengan awan putih yang indah. Wisatawan bisa melihat dengan jelas karena tidak ada pabrik yang menyebabkan polusi udara. Sedangkan di sore dan malam hari, wisatawan masih berkesempatan menyaksikan pemandangan yang tiada duanya.

Dengan aneka bentuk pemandangan alam yang ada di Taman Watu Amben, wisatawan pun bisa mendapatkan hasil foto yang mencengangkan. Kapanpun Anda datang, hasil foto tetap terlihat menakjubkan ketika ditangkap layar kamera. Untuk mendapatkan hasil foto yang tidak biasa, datanglah di malam hari dan gunakan kamera dengan pencahayaan yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Reuni

Datang ke Taman Watu Amben akan lebih menyenangkan jika mengajak teman-teman. Semakin banyak teman yang datang, semakin ramai suasana yang tercipta. Beberapa wisatawan yang datang biasanya bersama dengan rombongan keluarga. Bahkan tidak jarang mereka mengadakan reuni kecil-kecilan untuk menikmati nostalgia bersama teman-teman.

Taman Watu Amben tentu menjadi spot yang tepat karena selain bisa sekalian melihat pemandangan alam, wisatawan juga bisa menikmati aneka jenis sajian kuliner yang lezat.

Sejak beberapa tahun terakhir, banyak orang yang mengadakan acara seperti reuni. Mereka datang bersama teman-teman untuk bercengkerama menikmati sore hari yang syahdu. Acara lalu dilanjutkan dengan foto-foto dengan latar langit penuh bintang. Pemandangan seperti ini tentu akan membuat momen spesial seperti reuni sangat berkesan.

Fasilitas Wisata di Taman Watu Amben

Fasilitas Taman Watu Amben
Photo by Google Maps Business Development

Meski tidak dikenakan tiket masuk untuk menyaksikan pemandangan alam yang mempesona, pengelola tetap memperhatikan keamanan dan kenyamanan wisata. Kini ada banyak fasilitas penunjang yang siap memanjakan wisatawan.

Selain memiliki lahan parkir luas, terdapat toilet bersih yang bisa digunakan oleh pengunjung. Gazebo kayu berbentuk rumah Joglo mini juga menjadi hiasan yang wajib di sekitar area Watu Amben.

Gazebo kayu yang terlihat seperti miniatur rumah Joglo sering menjadi tempat rehat bagi wisatawan sembari menikmati perbekalan. Jika Anda ingin wisata kuliner, terdapat beberapa warung yang menyajikan aneka jenis kudapan.

Warung-warung milik warga juga memiliki hiasan yang indah seperti lampu gantung warna-warni, gubuk kecil, bean bag, hingga area makan luas menghadap ke hamparan pemandangan indah di bawah perbukitan.

Melihat segala hal yang kini sudah jauh lebih baik, tidak heran jika Watu Amben menjadi salah satu destinasi wisata baru di kota Yogyakarta. Wisatawan bisa menikmati pemandangan indah sekaligus mencicipi aneka makanan dan minuman yang enak.

Kawasan wisata ini juga menawarkan momen berharga di sore dan malam hari, dimana wisatawan bisa bercengkerama di bawah langit indah penuh bintang. Selain itu, dengan jarak yang sangat dekat dengan pusat kota, tempat ini bisa menjadi tujuan utama untuk liburan singkat di akhir pekan.

Itulah berbagai hal menarik yang bisa ditemukan saat berada di Taman Watu Amben yang hits di Kabupaten Bantul, Jogja. Berada di bukit indah sembari menikmati kuliner tentu membuat kunjungan Anda lebih berkesan.