Butuh tempat refreshing di Yogyakarta? Inilah rekomendasi objek wisata alam hits dan terbaru di Jogja yang wajib dikunjungi untuk petualangan liburan yang lebih berkesan.

Jogja tidak hanya dikenal dengan destinasi wisata sejarahnya semata, sebab kota penuh kenangan ini wisatawan akan dimanjakan dengan segudang wisata alam yang siap memanjakan mata. Keindahan yang disuguhkan berhasil membuat wisatawan takjub tiada henti dan berniat kembali berkunjung di lain waktu. Berikut daftar tempat wisata alam populer di Jogja yang menarik untuk dieksplor pesonanya.

1. Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu
Image Credit: Google Maps (Meifi Nandya)

Jogja terkenal dengan segudang wisata bahari yang dimilikinya, salah satunya adalah Pantai Wohkudu. Selain memanjakan kaki dengan pasir putihnya yang bersih, wisatawan juga bisa mencoba merasakan sensasi memancing. Banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan selama berada disana, dijamin Anda tidak akan pernah bosan mengunjunginya kembali di lain waktu.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wiloso, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

2. Pantai Sinden

Pantai Sinden
Image Credit: Google Maps (syadad anwar)

Pantai Sinden dikenal sebagai wisata bahari dengan landscape pantai yang begitu indah dan menyimpan segudang spot keren dan eksotis yang menarik untuk dikulik. Menyaksikan keindahannya saja tidaklah cukup. Oleh sebab itu, cobalah untuk merasakan sensasi mendebarkan ketika berada di jembatan Kalong.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

3. Pantai Nguluran

Pantai Nguluran
Image Credit: Google Maps (Budi Sutrisno)

Pengunjung Pantai Nguluran disuguhkan dengan hamparan laut biru lepas yang bisa disaksikan langsung di atas teras kaca. Selain menyaksikan keindahan deburan ombak lautan dari tebing kaca, para wisatawan juga bisa menjadikannya sebagai lokasi berfoto unik yang tidak bisa ditemukan di lokasi wisata bahari lainnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bolang, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

4. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Image Credit: Google Maps (Farida Rohimawati)

Pantai Parangtritis termasuk wisata bahari yang wajib dikunjungi selama berada di kota Jogja. Pantai yang berhiaskan pasir berwarna hitam eksotis ini berhasil menyita perhatian. Selama berada disana, para pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seru mulai dari menyusuri pantai hingga bersantai sejenak sambil menikmati keindahan senja bisa dilakukan disini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

5. Goa Jomblang

Goa Jomblang
Image Credit: Google Maps (Shin여행로그)

Berbeda dengan goa pada umumnya, karena di dalam Goa Jomblang inilah wisatawan dapat bertemu dengan hutan purba. Sedangkan wisatawan yang datang pada siang hari dapat menyaksikan keindahan alam yang berasal dari sinar mentari yang berhasil menembus goa tersebut bak cahaya surga. Keindahannya tersebut berhasil menarik perhatian wisatawan dari berbagai daerah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jetis, Pacarejo, Kec. Semanu, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

6. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran
Image Credit: Google Maps (haiban najid)

Embung Nglanggeran termasuk salah satu wisata alam yang berlokasi di wilayah Gunung Kidul, Jogja yang terkenal dengan pesona keindahannya. Sejak memasuki kawasan wisata, Anda bisa menyaksikan pesona telaga buatan yang berisi air berwarna biru jernih dan menyegarkan. Keindahanya semakin terpancarkan dari tebing cantik di sekeliling telaga tersebut.

Anda bisa membayangkan betapa sejuk dan nyamannya ketika datang berwisata kesana. Selain dijadikan sebagai objek wisata, ternyata air telaga ini juga dimanfaatkan untuk mengairi kebun buah yang berada di sekitar wilayah Gunung Kidul. Inilah alasan mengapa Embung Nglanggeran begitu menarik perhatian wisatawan untuk datang berkunjung setiap tahunnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

7. Kali Oyo

Kali Oyo
Image Credit: Google Maps (Urwa Khairi)

Kali Oyo adalah tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan alam sekitar dengan cara unik. Dari sekian banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di Kali Oyo, rafting merupakan aktivitas yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Kali Oyo. Selama melakukan rafting seru bersama teman teman, Anda bisa menyaksikan keindahan alam.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Putat, Selopamioro, Kec. Imogiri, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

8. Kalibiru

Kalibiru
Image Credit: Google Maps (m.khalil al-wazir)

Kalibiru termasuk destinasi wisata alam terpopuler di kota Jogja. Anda bisa menyaksikan pesona dari deretan pegunungan serta beningnya air di Waduk Sermo. Bahkan destinasi wisata ini juga kerap dijadikan sebagai lokasi terbaik untuk menyaksikan senja bersama dengan orang terkasih atau beramai ramai dengan sahabat.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

9. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung
Image Credit: Google Maps (Idneh Craft)

Selama bertandang ke kota Jogja, jangan lupa mampir ke Bukit Panguk Kediwung. Destinasi wisata yang akrab disebut sebagai wisata negeri di atas awan ini berhasil mencuri perhatian. Dikatakan negeri di atas awan, karena disinilah wisatawan dapat menyaksikan kabut tebal yang menyelimuti kawasan wisatanya. Selimut kabut tebal inilah yang berhasil membuat sensasi bak berada di atas awan.

Kabut tebal tidak menyurutkan minat wisatawan untuk menyaksikan keindahan alam sekitar sambil melakukan berbagai aktivitas menarik. Justru disinilah Anda bisa menemukan gardu pandang yang tampak menjorok ke arah tebing. Ketika berada disana, Anda bisa merasakan kabut tebal bak sedang berdiri di atas awan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kediwung, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

10. Bukit Nglanggeran

Bukit Nglanggeran
Image Credit: Google Maps (Bagus Reza Erlangga)

Bertandang ke kota Jogja tidak akan pernah memuaskan jika belum mengunjungi Bukit Nglanggeran. Sebab disinilah Anda bisa menyaksikan keindahan danau dengan latar belakang Gunung Api Purba Nglanggeran yang siap memanjakan mata. Bahkan kawasan wisata memancarkan nuansa romantis ketika malam telah tiba.

Alhasil lokasi wisata ini pun semakin ramai dikunjungi menjelang senja tiba. Kesan romantis tersebut berasal dari pesona danau cantiknya yang berada di atas bukit dan berbaurkan dengan citylight yang menambah keindahannya. Masih di tempat yang sama, Anda bisa menyaksikan kemegahan dari Gunung Bongos dan Gunung Kelir tampak menyapa dari kejauhan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nglanggeran Kulon, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

11. Curug Luweng Sampang

Curug Luweng Sampang
Image Credit: Google Maps (sotographer jalan jalan)

Luweng dalam bahasa Jawa diartikan sebagai lubang. Sesuai dengan pemberian namanya. wisata air satu ini menyuguhkan air terjun dengan pesona eksotisme yang berasal dari batuan cadas yang mengapit air terjun hingga membentuk lubang menganga. Justru batuan cadas bergaris tersebut menambah kesan eksotis dari Curug Luweng Sampang.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Juminahan, Kayen, Sampang, Kec. Gedang Sari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

12. Tebing Breksi

Tebing Breksi
Image Credit: Google Maps (Theodorus Aji Baruno)

Tebing Breksi menambah daftar objek wisata yang sayang dilewatkan. Wisata alam dengan pesona tiada dua ini berada tepat di kawasan Candi Ijo yang merupakan wisata sejarah di kota Jogja. Alhasil wisatawan diajak untuk belajar sejarah sekaligus menikmati sajian alamnya yang begitu menawan hati sejak pandangan pertama.

Selain menikmati sajian alamnya, para wisatawan juga diperbolehkan mengabadikan momen berlibur kesana. Bahkan ada beberapa spot foto terpopuler untuk menghasilkan jepretan kece dan kekinian. Senja adalah waktu terbaik mengunjungi Tebing Breksi, karena pada saat itulah Anda bisa menyaksikan matahari tenggelam di ufuk barat dengan segudang keindahannya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

13. Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo
Image Credit: Google Maps (Irfan Setiaji)

Anda bisa mendapatkan pemandangan dari sudut baru tentang Jogja ketika berkunjung ke Hutan Mangrove Kulon Progo. Sebab hutan ini cocok dikunjungi saat senja mulai terlihat. Ketika memasuki waktu senja, Anda bisa menyaksikan pesona alam sekitar yang mengagumkan. Tidak heran jika wisatawan berlomba lomba mendapatkan hasil jepretan memukau disini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasir Mendit, Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

14. Hutan Mangrove Pasir Mendit Temon

Hutan Mangrove Pasir Mendit Temon
Image Credit: Google Maps (Muhammad Imamudin)

Hutan Mangrove Pasir Mendit Temon cocok dikunjungi bagi Anda yang sudah merindukan tempat bersantai ideal sambil menyaksikan pemandangan serba hijau segar di setiap mata memandang. Wisata alam yang sudah didirikan sejak tahun 1989 ini semakin dikenal berkat kekuatan media sosial. Inilah alasan mengapa tempat wisata ini semakin ramai dikunjungi wisatawan.

Ketika memasuki kawasan wisata, para pengunjung akan disambut dengan pepohonan rindang yang tersusun rapi. Anda bisa menyusuri kawasan wisata dengan mengikuti alur yang ditunjukkan oleh jembatan bambu. Rasa letih di tengah kehidupan perkotaan seakan lenyap seketika ketika berjalan jalan santai di kawasan wisata tersebut.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasir Mendit, Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

15. Grojogan Lepo Dlingo

Grojogan Lepo Dlingo
Image Credit: Google Maps (Sigit Ariyanto)

Wisatawan dapat merasakan sensasi menenangkan dan damai selama berada di kawasan wisata Grojogan Lepo Dlingo. Sensasi menenangkan didapatkan dari suasana sekitar dan suara gemericik air yang dihasilkan oleh empat air terjun. Selain menyaksikan keindahannya dari kejauhan, cobalah untuk menikmati kesegaran airnya sebagai pelengkapnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Pokoh I, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

16. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan
Image Credit: Google Maps (arie Interdesign)

Pernahkah Anda mengunjungi Hutan Pinus Mangunan? Sejak pertama kali menginjakkan kaki di kawasan wisata, dijamin Anda tidak ingin segera pergi berkat keindahan alam yang disuguhkannya. Selain menemukan sekumpulan pohon pinus berjajar dengan rapi, di tempat ini pula terlihat bangku istirahat yang terbuat dari kayu alami.

Rindangnya pepohonan pinus berhasil menghasilkan udara sejuk dan menenangkan, sehingga tidak heran jika objek wisata ini semakin ramai dikunjungi terutama memasuki libur panjang. Selain dijadikan sebagai objek wisata, ternyata Hutan Pinus Mangunan juga kerap dijadikan sebagai lokasi prewedding.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

17. Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal
Image Credit: Google Maps (wisata dan taksi jogja solikin Solikin)

Taman Sungai Mudal berhasil menjadi salah satu wisata yang tidak akan pernah membuat wisatawan merasa bosan. Karena disinilah Anda bisa menikmati suasana damai dan tenang berkat suara yang dikeluarkan oleh gemericik aliran sungainya. Lokasinya sendiri jauh dari pusat kota, sehingga sempurna sebagai tempat menenangkan diri sejenak.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

18. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut
Image Credit: Google Maps (Febry Fidelia)

Air Terjun Kedung Pedut adalah tempat terbaik untuk melepaskan penat dari hiruk pikuk keramaian kota. Selama berada disana, Anda bisa merasakan suasana nyaman dan tentram yang berpadu dengan atmosfer di sekitar lokasi air terjun yang terasa menenangkan. Bahkan para warga sekitar sangat ramah kepada para pengunjung Air Terjun Kedung Pedut.

Lokasinya memang sedikit tersembunyi dan berada di daerah pedesaan. Namun wisatawan sudah bisa menikmati berbagai fasilitas memadai ketika berlibur kesana. Mulai dari toilet umum, tempat ibadah, hingga gazebo yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat beristirahat sejenak sudah tersedia disana dengan lengkap.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

19. Kaliadem

Kaliadem
Image Credit: Google Maps (sebastian friedrich)

Kaliadem termasuk wisata alam yang sayang dilewatkan. Destinasi wisata ini sempat menjadi perbincangan hangat di media sosial, karena suguhan pesona alamnya yang begitu menawan. Bahkan sudah banyak wisatawan yang mencoba mengambil gambar di tempat tersebut sambil berpose keren untuk mendapatkan hasil jepretan kekinian.

Selain menyaksikan kegagahan Gunung Merapi, wisatawan juga bisa belajar sejarah letusan Gunung Merapi dan inner peace. Sebab disinilah Anda bisa merasakan hawa sejuk dan suasana damai, yang membuatnya cocok dijadikan sebagai tempat melepaskan penat sejenak dari hiruk pikuk keramaian jalan perkotaan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kinarejo, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

20. Bukit Kali Kuning

Bukit Kali Kuning
Image Credit: Google Maps (ARS Outdoor)

Siapa yang tidak mengenal Bukit Kali Kuning? Destinasi wisata yang kece untuk dijadikan sebagai spot foto ini berhasil menarik perhatian masyarakat. Sebenarnya Bukit Kali Kuning sempat menjadi pembicaraan hangat sebelum terjadinya letusan Gunung Merapi yang terjadi pada 2010 lalu. Namun pada tahun 2017 lalu, wisata ini hangat diperbincangkan kembali.

Selain berburu foto kekinian, para wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas seru untuk menghabiskan waktu berliburnya disana. Anda bisa menikmati hari libur dengan duduk santai sambil menyaksikan pesona alam yang disuguhkan oleh Gunung Merapi berhiaskan pepohonan rindang dari hutan sekitarnya.

Acara duduk santai semakin terasa nikmat ketika menyeruput teh hangat atau kopi panas yang disajikan di tempat tersebut. Ditambah lagi dengan suasana damai dan tentram yang dibawa oleh alam sekitar seakan membuat pengunjung enggan pulang dari tempat tersebut. Tidak heran jika wisata alam ini tidak pernah sepi dikunjungi setiap harinya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bebeng, Pangukrejo, Palemsari, Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Jogja tidak akan pernah membosankan dikunjungi, mengingat banyaknya objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan tiada dua. Secara tidak langsung, berwisata ke Jogja akan terasa lebih menyenangkan apabila bermalam selama beberapa hari. Selama berkunjung ke kota ini, jangan lupa mencicipi aneka kuliner khasnya dan membawa buah tangan bagi keluarga dan kerabat terdekat.

Give a Comment