Magelang adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah dengan pemandangan yang indah. Tak heran banyak sekali wisata alam yang bisa Anda temukan di daerah ini, mulai dari telaga, candi, pegunungan dan juga berbagai wisata kekinian. Terkenal dengan Candi Borobudur, Magelang ternyata juga menyimpan berbagai destinasi lain yang tak kalah menarik. Simak objek wisata alam hits di Magelang yang bisa Anda kunjungi.

1. Rafting Sungai Elo

Rafting Sungai Elo
Image Credit: Twitter.com @detiktravel

Bagi Anda yang menyukai kegiatan rafting, maka lokasi satu ini memang tak bisa diabaikan begitu saja. olahraga yang memacu adrenalin ini pastinya akan membuat Anda ketagihan. Bagaimana tidak, bermain arung jeram di arus sungai yang aman ini akan membuat Anda betah. Untuk menempuh rute sepanjang 12 km, biasanya Anda akan menempuhnya dalam waktu sekitar 3 jam saja.

Harga Tiket: Rp 750.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sendangsono No.KM. 0.2, Kanden, Progowati, Kec. Mungkid, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

2. Taman Ramandanu

Taman Ramandanu
Image Credit: Instagram.com @mi_gynkgy

Ketika suntuk, pergi ke taman nampaknya akan menjadi solusi yang tepat. Di Magelang sendiri, terdapat salah satu taman yang memiliki pemandangan indah. Salah satunya adalah Taman Ramandanu yang memiliki kincir angin ala Belanda. Disini, Anda juga akan disuguhkan dengan sekitar 15 ribu bunga celosia yang akan menjadi lokasi pas untuk berfoto.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Danurojo, Sambi Roro, Jamuskauman, Kec. Ngluwar, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

3. Jembatan Gantung Mangunsuko

Jembatan Gantung Mangunsuko
Image Credit: Instagram.com @ritacraftt

Berbeda dengan jembatan pada umumnya, jembatan yang memiliki panjang 120 meter untuk menghubungkan Desa Sumber dan Desa Mangunsuko ini memiliki pemandangan yang sangat apik. Disini, Anda pun akan melihat sungai kecil yang berhiaskan air terjun mini. Ditambah lanskap Gunung Merapi yang menjulang akan menjadi keunikan tersendiri yang dimiliki Jembatan Gantung Mangunsuko.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mangunsoko, Kec. Dukun, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

4. Svarga Bumi

Svarga Bumi
Image Credit: Twitter.com @bukantipekamu77

Wisata satu ini memiliki keindahan sawah yang menghampar berwarna hijau. Tidak hanya itu, Anda juga akan menemukan beberapa spot foto instagramable disini. Tak heran, wisata satu ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Mulai dari spot ranjang jaring jaring, ayunan hingga kolam renang yang lengkap dengan floating breakfast plus pemandangan Candi Borobudur, tentunya akan membuat Anda betah.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Borobudur – Ngadiharjo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

5. Bukit Grenden

Bukit Grenden
Image Credit: Google Maps (Aris Widodo)

Saat Anda berada di Magelang, pastikan pula untuk mampir ke Bukit Grenden. Wisata satu ini berdiri di atas bukit yang hijau, sehingga Anda pun akan bisa menikmati pemandangan indah saat berada di sini. Tak hanya itu saja, destinasi ini juga akan menawarkan berbagai spot yang menarik untuk berfoto.

Disini, Anda pun akan bisa mengambil gambar pada spot seperti gardu pandang, rumah kurcaci hingga hammock yang terdapat di bukit satu ini. disini, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah sekaligus udaranya yang sejuk. Pastinya akan membuat Anda betah berada di lokasi satu ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pakis-Ngablak, Kuwiden, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

6. Gereja Ayam Bukit Rhema

Gereja Ayam Bukit Rhema
Image Credit: Google Maps (Sutandi Pakpahan)

Gereja ayam ini menjadi terkenal karena film Ada Apa Dengan Cinta 2. Disini, Anda pun akan bisa menikmati pemandangan sunrise yang sangat mempesona dengan latar belakang pegunungan. Selain itu, di dalam gedung pengunjung juga akan disuguhkan dengan beragam koleksi lukisan yang bisa untuk Anda nikmati saat menjelajah area ini.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karangrejo Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

7. Punthuk Mongkrong

Punthuk Mongkrong
Image Credit: Google Maps (Agung Portal Nugroho)

Destinasi berikutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Punthuk Mongkrong. Berada di kawasan Bukit Menoreh dan berdekatan dari Candi Borobudur, Anda pun bisa mengunjungi dua tempat sekaligus. Disini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah yakni berupa pegunungan yang mempesona.

Namun tak hanya berhenti sampai disini saja, panorama matahari terbit yang Anda jumpai di lokasi satu ini pun akan membuat Anda terkagum. Oleh karena itu, pastikan untuk mampir ke Punthuk Mongkrong ketika Anda melakukan perjalanan ke Magelang. Pasalnya pemandangan yang ada disini akan membuat Anda terkagum.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Giritengah, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

8. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu
Image Credit: Google Maps (Yofan Indriyanto)

Selain Punthuk Mongkrong, Punthuk Setumbu juga menjadi salah satu destinasi indah yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. pasalnya, ketika Anda berada di lokasi satu ini, Anda pun akan melihat pemandangan matahari terbit yang sangat mempesona. Berada di ketinggian 1300 mdpl, pesona indahnya kota Magelang juga akan menjadi hal yang tak luput dari perhatian Anda.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kurahan, Karangrejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

9. Telaga Bleder

Telaga Bleder
Image Credit: Google Maps (Sun Chaser Magelang)

Wisata alam selanjutnya di Magelang yang terbentuk secara alami ini bersumber dari mata air Gunung andong. Dengan pemandangannya yang indah dan udaranya yang segar, Anda pun pastinya tidak boleh melewatkan destinasi wisata satu ini. disini, Anda pun akan disuguhkan dengan panorama indahnya Gunung Andong lengkap dengan hamparan sawah hijau yang membentang.

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di tempat satu ini. sebut saja bermain wahana air yakni speedboat hingga becak air dan perahu dayung. Berada di Telaga Bleder ini tentunya akan membuat Anda menjadi lupa waktu. Selain memiliki pemandangan indah, tempat satu ini juga kerap kali digelar berbagai festival dan juga lomba.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bleder, Ngasinan, Kec. Grabag, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

10. Air Terjun Grenjengan Kembar

Air Terjun Grenjengan Kembar
Image Credit: Twitter.com @alannobita

Berada di Magelang, kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Air Terjun Grenjengan Kembar. Air terjun satu ini memiliki dua aliran yang bersebelahan sehingga seperti memiliki kembaran. Berada di kawasan Gunung Merbabu, maka air terjun satu ini pun memiliki sumber dari mata air Gunung Merbabu.

Ketika Anda berada disini, suasana asri yang akan langsung Anda rasakan. Bagaimana tidak, pemandangan alamnya yang masih natural dan memiliki latar belakang pohon pinus akan mampu menjernihkan pikiran Anda. Selain itu, airnya yang jernih berpadu dengan perpaduan akan membuat Anda betah untuk menghabiskan waktu di lokasi ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Citren, Desa Munewarang, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

11. Curug Silawe

Curug Silawe
Image Credit: Twitter.com @teguh_bgt

Belum puas bermain di Air Terjun Grenjengan Kembar, maka saatnya Anda mengunjungi Curug Silawe. Destinasi wisata satu ini memiliki ketinggian air yang mencapai 60 meter. Tentunya dari kejauhan Anda pun telah bisa melihat indahnya air terjun satu ini. Semakin dekat Anda menjelajah, maka suara air terjun akan semakin terdengar.

Ditambah lagi dengan airnya yang jernih dan juga egar akan membuat suasana semakin alami. Disini, Anda pun juga akan disuguhkan dengan berbagai macam jenis pepohonan yang berwarna hijau. Sepanjang perjalanan hingga mencapai air terjun, Anda pun bisa berfoto karena pemandangan yang ditawarkan sungguh sangat mempesona.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sutopati, Kec. Kajoran, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

12. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang
Image Credit: Instagram.com @rubiatul_a14

Berbeda dengan air terjun yang lain, wisata satu ini mengalir di antara kaki gunung Merapi dan juga Gunung Merbabu. Sehingga berada disini, Anda pun akan langsung disuguhkan dua pemandangan indah dari gunung tersebut. Saat berada di Air Terjun Kedung Kayang, pengunjung juga bisa menikmati indahnya curug dari atas.

Sebab, dengan adanya gardu pandang di area ini akan membuat Anda bisa melihat air terjun dari sudut pandang yang berbeda. Dengan memiliki latar belakang pegunungan Merapi yang kokoh tentunya akan menjadi latar belakang foto yang sangat indah. Pastikan untuk singgah sejenak di tempat satu ini saat sedang berada di Magelang.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Wonolelo, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

13. Ketep Pass

Ketep Pass
Image Credit: Google Maps (Bintang Kejora)

Berada di ketinggian 1200 mdpl, di sini pengunjung akan bisa menikmati keindahan pemandangan gunung yang ada di sekitar Magelang. Mulai dari Gunung sindoro, Gunung sumbing, Gunung Merapi dan juga Gunung Merbabu. Pemandangan indah ini tentunya akan membuat Anda bisa menjernihkan pikiran.

Selain menyajikan pemandangan yang apik, disini Anda pun bisa sekaligus mengunjungi Museum Vulkanologi yakni Ketep Volcano Centre. Disini, Anda pun akan bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang berkaitan dengan Gunung Merapi. Selain itu, untuk Anda yang doyan berwisata kuliner, menyantap sajian makanan di lokasi yang apik akan membuat Anda lebih lahap.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Blabak-Boyolali No.KM. 16, Ketep, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

14. Silancur Highland

Silancur Highland
Image Credit: Google Maps (Eko Purwadi)

Wisata selanjutnya yang menyuguhkan pemandangan memukau adalah Silancur Highland. Destinasi satu ini memiliki panorama indah khas pegunungan dan menjadi tempat yang pas untuk bersantai menikmati hari. Dengan pepohonan hijau berpadu dengan langit biru yang cerah akan mampu mencerahkan hari yang Anda jalani sekaligus.

Disini, Anda bisa melihat indahnya fenomena matahari terbit dan pemandangan di sekitar Kota Magelang di malam hari sangatlah mempesona. Sehingga, tak ayal banyak wisatawan yang datang untuk berlibur. Banyak spot foto menarik yang bisa Anda dapatkan disini, mulai dari gardu pandang hingga berfoto dengan pemandangan gunung yang sangat indah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dadapan, Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

15. Mangli Sky View

Mangli Sky View
Image Credit: Twitter.com @fndhia

Berada di sebelah timur Gunung Sumbing, disini Anda pun akan disuguhkan pemandangan berupa hamparan awan yang membentang di langit. Selain indahnya langit dan awan, Anda pun juga akan disuguhkan dengan pemandangan indah perkebunan sayuran hijau yang ada di sekitar wisata ini.

Kebun sayuran tersebut akan menambah kesan hijau dari destinasi satu ini. bagi Anda yang ingin menginap, terdapat pula area camping ground dengan fasilitas penunjang yang lengkap. Di pagi hari, Anda pun akan bisa melihat indahnya matahari terbit yang mempesona. Pastikan untuk memasukkan Mangli Sky View menjadi destinasi wisata Anda saat di Magelang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Berada di kota Magelang, banyak sekali kegiatan dan wisata alam yang bisa Anda jelajahi untuk liburan yang berkesan. Pasalnya, kawasan satu ini diapit oleh beberapa gunung sekaligus. Sehingga tidak mengherankan jika pemandangan indah akan sangat mudah untuk Anda jumpai ketika berada di lokasi satu ini.

Give a Comment