Pesona wisata di Jogja memang tidak pernah ada habisnya. Bisa dikatakan hampir semua jenis destinasi menarik bisa ditemukan, mulai dari wisata alam, sejarah dan budaya, kuliner hingga wisata yang dengan konsep kekinian.

Bagi para pemburu wisata kekinian, tentu sudah tidak asing dengan beberapa destinasi yang menghadirkan nuansa ala Jepang. Anda tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke negeri Sakura untuk merasakan sensasi wisatanya, karena di Jogja yang kental dengan budaya Jawanya memiliki beberapa tempat wisata yang menghadirkan suasana khas Jepang.

1. The Lost World Castle

The Lost World Castle
Photo by Google Maps Isti Rahmawati

Objek wisata yang satu ini pasti sudah tidak asing bagi kalangan milenial yang gemar berburu spot foto keren di wilayah Jogja. The Lost World Castle adalah sebuah benteng atau bisa disebut dengan kastil yang terletak di kaki Gunung Merapi. Akan tetapi, kastil ini telah disulap dengan sangat indah, sehingga mirip dengan benteng Takeshi yang dipenuhi dengan spot foto keren.

Tempat keren ini berlokasi di tengah pemandangan gunung yang hijau dan eksotik. Di sini terdapat semacam pohon sakura yang menjadikan The Lost World Castle menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang lekat dengan suasana di Jepang. Awalnya, lokasi ini adalah bekas daerah yang terdampak letusan Gunung Merapi.

Akan tetapi, saat ini The Lost World Castle telah resmi menjadi destinasi wisata dan banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan dari benteng Takeshi dari Jogja ini. Dengan berkunjung ke sini, anda bisa menikmati liburan ke tempat ini dengan low budget ditambah banyak spot foto yang menarik untuk dicoba.

Menariknya lagi, di sini juga terdapat replika dari Stonehenge seperti yang terdapat di Inggris. Tidak hanya itu, wahana kapal Black Pearl juga ada di sini, sehingga sangat cocok untuk anda yang mengidolakan Jack Sparrow. Anda cukup membayar biasa masuk sekitar Rp 25 ribu saja di hari aktif atau weekdays dan Rp 30 ribuan saat weekend. Sangat murah, bukan?

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Petung Merapi, Petung, Desa Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

2. Kalinampu Natural Park

Kalinampu Natural Park
Photo by Twitter Jogja Istimewa

Kalinampu Natural Park bisa menjadi alternatif pilihan wisata di Jogja yang meghadirkan nuansa Jepang. Daya tarik utama yang dimiliki oleh tempat wisata yang satu ini tentu saja adalah suasananya yang sangat khas dengan Jepang. Alhasil, banyak wisatawan yang berkunjung ke sini untuk menikmati keindahan dari Kalinampu Natural Park sekaligus berburu spot foto.

Saat tiba di sini, anda akan disuguhi dengan pemandangan sungai dan tanaman eceng gondok. Tepat di samping sungai terdapat sebuah gerban dengan warna merah mencolok yang sangat khas dengan bangunan Jepang. Destinasi hits yang terletak di Kabupaten Bantul ini adalah sebuah sungai yang dikelola menjadi tempat berswafoto dengan konsep Jepang.

Untuk menunjang hasil foto yang khas Negeri Sakura, pihak pengelola wisata juga menyewakan baju khas Jepang, yaitu yukata atau kimono. Tidak hanya itu, anda juga bisa menyewa payung lukis khas Jepang untuk menambah kesempurnaan foto. Meskipun daya tarik utamanya adalah spot foto, anda juga berkeliling sungai Opak dengan naik perahu.

Untuk tiket masuknya sangat murah, yaitu hanya Rp 3 ribu saja dan jika anda ingin menyewa baju kimono bisa membayar Rp 25 ribu per 30 menit sekali pakai. Sementara itu, payung lukis khas Jepang bisa anda bayar seikhlasnya. Jika anda berangkat dari Kota Jogja, anda bisa mengarahkan kendaraan ke arah Pantai Parangtritis, kemudian ikuti arahan dari Google Maps.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kalinampu, Desa Seloharjo, Kec. Pundong, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

3. Little Tokyo Takoyaki

Little Tokyo Takoyaki
Photo by Twitter Jogja Istimewa

Destinasi satu ini merupakan tempat kulineran yang bisa anda temui di Jogja. Wisata kuliner yang satu ini sudah sangat terkenal di wilayah Jogja, terutama bagi para pemuda yang sudah dengan jajanan kekinian. Little Tokyo Takoyaki ini menyediakan beragam menu khas Jepang yang bisa anda cicipi hanya dengan Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu.

Beberapa menu yang ada di sini adalah takoyaki, mini mantou, dan ebi crispy. Ebi crispy adalah udang tempura atau udang yang dibalut dengan tepung, kemudian digoreng hingga membentuk tekstur yang kripsi. Jajanan ini sangat cocok untuk teman ngemil sambil mengerjakan tugas atau menonton film. Soal rasa tentu tidak perlu dipertanyakan lagi, dijamin enak dan nagih.

Menus selanjutnya ada mini mantou yang tersedia dalam beberapa varian rasa, seperti ayam, cokelat, dan kacang hijau. Tekstur mantou yang garing di luar dan lembut di dalam menghadirkan paduan yang pas di dalam mulut. Terlebih untuk isian ayam, cokelat, dan kacang hijau yang semakin menambah lezat rasa makanan ini. Anda tertarik mencoba?

Tidak lupa ada takoyaki yang sudah sangat terkenal sebagai makanan Jepang dengan rasa yang gurih dan nikmat. Takoyaki dengan isian keju akan membuat lidah anda bergoyang dengan sensasi gurih dari takoyaki dan keju yang melting di mulut. Bagi anda yang tertarik untuk mencoba makanan unik ini bisa datang ke kompleks toko buku seberang UKDW.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Petung, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

4. Waza-Waza Angkringan Bento

Waza-Waza Angkringan Bento
Photo by Facebook GeraiBuana.com

Masih sama seperti sebelumnya, tempat wisata yang satu ini juga termasuk wisata kuliner ala Jepang yang bisa anda temui di Jogja. Keunikan dari Waza-Waza Angkringan Bento adalah konsep kedai yang digunakan. Kedai ini terbentuk dari rumah Joglo yang didesain dengan dekorasi khas Jepang. Tidak hanya tempatnya saja yang unik, makanan yang dijual di sini juga unik.

Pasalnya, sajian yang ada di sini merupakan hasil perpaduan antara sajian Jepang dengan makanan khas Jawa atau yang biasa disebut dengan angkringan. Anda tidak perlu heran jika atmosfer yang ada di sini terasa campur aduk antara Negeri Sakura dan Jawa. Gerobak dari Waza-Waza Angkringan Bento ini juga dicat dengan warna bendera Indonesia dan Jepang.

Jika biasanya anda akan mendapatkan sajian nasi kucing saat berkunjung ke angkringan, nasi yang ada di sini berbeda. Terdapat dua macam nasi yang ada di sini, yaitu nasi isi cincang sapi teriyaki dan cincang ayam teriyaki. Hal ini juga berlaku untuk gorengan yang disajikan di sini. Gorengan yang terkenal di angkringan adalah aneka sate, tahu, dan tempe.

Anda tidak akan menemui gorengan itu di sini karena gorengan yang ada di sini diganti dengan gorengan khas Jepang, seperti ebi furai, fish katsu, ekkado, chicken katsu, dan lain-lain. Unik bukan? Angkringan Jepang ini juga menyediakan paket hemat dan paket royal untuk anda yang ingin makan dengan menu yang lengkap. Apa anda tertarik untuk mencoba?

Harga Tiket: Rp 75.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Manggis, Klebengan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

5. Restoran Hayaku Steamboat and Yakiniku

Restoran Hayaku Steamboat and Yakiniku
Photo by Google Maps Annissa Saputri

Anda pecinta makanan Jepang? Restoran Hayaku Steamboat and Yakiniku ini wajib untuk anda kunjungi. Restoran ini menjual menu utama khas Jepang berupa steamboat yang direbus dan yakiniku panggang. Selain kedua menu ini sebetulnya masih banyak jenis menu lainnya, seperti udang, tempura, dan lain-lain. Akan tetapi, steamboat dan yakiniku adalah menu utama.

Restoran ini memiliki dua cabang, yaitu di Taman Siswa Jogja dan daerah Babarsari. Saat masuk ke dalam restoran, anda akan disambut dengan banyak meja yang tertata rapi lengkap dengan kompor dan alat pemanggang. Selain menu yang dijual secara terpisah, di sini juga tersedia beberapa menu paket yang bisa dipesan secara langsung.

Umumnya, menu paket ini dipesan oleh orang-orang yang makan secara bersama-sama, sehingga bisa lebih hemat. Restoran ini tidak terlalu luas, tapi tempatnya yang rapi khas restoran Jepang akan membuat anda betah untuk berlama-lama di sini. Selain itu, restoran ini juga bisa menampung banyak orang, sehingga anda tidak perlu khawatir.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Babarsari, Kledokan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

6. Rumah Makan Jepang Tora-Tora

Rumah Makan Tora-Tora
Photo by Google Maps Anggit Nursasmito

Satu lagi tempat kulineran yang memanjakan para pecinta Japanese Food di Kota Jogja. Rumah makan ini didesain dengan sangat sederhana, bahkan tidak jauh berbeda dengan warung makan pada umumnya yang sering ditemui di Jogja dan terletak di pinggir jalan.

Akan tetapi, rumah makan Jepang sederhana ini sangat populer di kalangan masyarakat Jogja. Tidak heran jika Tora-Tora selalu ramai pengunjung karena menu yang disajikan pun dibandrol dengan harga yang terjangkau. Soal rasa tidak perlu ditanya lagi karena sudah pasti enak dan wajib dicoba.

Di sini tersedia beragam menu dari daging sapi, daging ayam, cumi-cumi, yakishoba atau mie goreng, udang, menu tambahan, dan tentunya minuman. Beef teriyaki dan beef yakiniku dibandrol dengan harga Rp 26.500,00 sementara beef katsu dan beef wafuyaki dibandrol dengan harga Rp 28.500,00.

Chicken teriyaki dan yakiniku diberi harga Rp 23.000,00, lalu untuk chicken katsu dan wafuyaki dibandrol dengan harga Rp 24.000,00. Menu cumi-cumi terdiri dari cumi ikayaki dan cumi tempura dengan harga Rp 26.000,00. Untuk udang tempura, teriyaki, dan yakiniku diberi harga Rp 28.000,00 lalu yakishoba Rp 18.000,00 dan yakishoba komplit Rp 19.000,00. Tertarik mencoba?

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Senolowo, Desa Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Objek wisata di Jogja ala Jepang memang didominasi dengan wisata kuliner yang beragam, mulai dari kedai, angkringan, hingga restoran. Anda bisa memilih mana yang lebih cocok dengan selera anda. Sementara itu, untuk berburu spot foto bisa berkunjung ke The Lost World Castle dan Kalinampu Natural Park.

Give a Comment