Pesona K-Pop dan Drakor memang masih begitu kuat bagi masyarakat Indonesia. Bahkan semua hal yang berbau Korea pun masih banyak diburu. Bagi anda yang sedang terkena demam hallyu wave, tidak perlu jauh-jauh berkunjung untuk bisa merasakan nuansa negeri gingseng tersebut. Karena dengan budget minim, anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata hits di Jogja yang menghadirkan nuasa ala Korea berikut ini.

1. Heha Sky View

Heha Sky View jogja
Photo by Twitter IG : @AGENDASOLO

Ingin mengajak pasangan atau keluarga tercinta menikmati makan malam romantis ala drama Korea ? Maka jangan lewatkan untuk berkunjung ke Heha Sky View selama berada di kota Jogja. Karena tempat satu ini menghadirkan konsep wisata kekinian yakni wisata selfie dengan spot foto bak drakor.

Tidak sedikit anak muda yang datang kemari kemudian memamerkan hasil berburu fotonya ke media sosial. Sebab tempat wisata satu ini memang mampu menawarkan banyak spot foto instagramable yang begitu epic. Yang mana di sini anda setidaknya dapat menemukan 3 spot foto favorit pengunjung, yaitu sky bridge, balon udara, dan teras kaca.

Sky bridge sesuai dengan namanya, berupa jembatan yang berada di ketinggian daerah Gunungkidul, yaitu kawasan Heha Sky View tersebut dibangun. Selain dijadikan sebagai spot foto, sky bridge di Heha Sky View ini merupakan tempat terbaik untuk menikmati pemandangan kota Jogja dari ketinggian.

Sementara balon udara yang menjadi salah satu spot foto favorit wisatawan adalah sebuah replika dari balon udara yang sebenarnya. Meski hanya replika, bukan berarti pesona dari balon udara ini lantas menurun. Karena dengan angle tertentu, anda akan terlihat seolah terbang di atas kota Jogja saat mengambil foto di spot satu ini.

Sedangkan untuk teras kaca merupakan salah satu spot foto yang paling tampak ala restoran di drama Korea. Spot satu ini ditempatkan di ketinggian dengan bentuk full kaca, sesuai dengan namanya. Karena dibuat dari kaca, maka pengunjung harus bergantian jika ingin mengambil gambar di teras kaca tersebut.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dlingo Patuk, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

2. Teras Kaca Pantai Nguluran

Teras Kaca Pantai Nguluran
Photo by Google Maps Budi Sutrisno

Tidak perlu jauh jauh ke Busan, untuk menikmati keindahan pantai nan eksotis ala Korea Selatan. Karena tempat hits di Jogja dengan nuansa Korea bisa anda dapatkan dengan berkunjung ke Pantai Nguluran. Teras kacanya sendiri berada di atas tebing pantai, dan kabarnya teras kaca yang langsung menghadap laut lepas tersebut hanya ada satu satunya di Jogja, bahkan di Indonesia.

Teras yang terbuat dari kaca bening ini sejatinya merupakan milik perseorangan. Namun karena keindahannya, teras kaca tersebut kemudian viral di media sosial. Banyak orang yang tertarik untuk uji nyala di ketinggian teras kaca sembari menikmati pemandangan laut lepas yang membentang.

Karena sudah terlanjur viral dan banyak yang datang, si empu teras kaca ini membukanya untuk umum. Hingga saat ini, treas kaca di Pantai Nguluran terus didatangi oleh pengunjung. Tidak jarang ada pula wisatawan yang ke sini untuk melakukan sesi foto pre wedding, sebab latar belakang lautnya memberi kesan yang begitu apik nan eksotis.

Jika tidak memiliki nyali cukup, mungkin akan merasa ngeri ngeri sedap saat menginjakkan kaki di atas teras kaca ini. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena selama tidak bertindak di luar batas dan berperilaku sewajarnya, maka teras kaca di Pantai Nguluran ini terbilang cukup aman untuk dijajaki.

Tentunya Pantai Nguluran sendiri tidak hanya menawarkan keunikan teras kaca untuk para pengunjung. Melainkan banyak pula wahana lain yang bisa anda jajal untuk menikmati liburan selama berada di pantai tersebut. Mulai dari wahana becak terbang, fly gliding, Jogjawa swing, glass boat, giant chair, dan masih banyak lagi lainnya.

Harga Tiket: Rp 168.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bolang, Desa Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

3. Teddy Bear World

Teddy Bear World
Photo by Facebook Yonz

Kesengsem dengan Teddy Bear Museum yang ada di Pulau Jeju, Korea Selatan, tapi terhalang karena budget terbatas ? Gunakan saja dana anda yang anda miliki untuk berkunjung ke Teddy Bear World yang ada di kota Yogyakarta. Sebelas dua belas, di sini anda juga bisa mendapatkan sensasi yang hampir mirip.

Bahkan dari pintu masuk Teddy Bear World, anda akan langsung disambut oleh teddy bear lucu yang super menggemaskan. Sementara di dalamnya anda akan menemukan berbagai ruangan yang mengusung anek macam tema berbeda, yang tentunya juga dipenuhi dengan boneka teddy bear dengan bulu lembut.

Beberapa tema yang diterapkan pada ruangan ruangan di dalam Teddy Bear World di antaranya yaitu tema bajak laut, tema musim semi, tema musim dingin, sampai tema yang bernuansa layaknya rumah dengan kesan homey begitu kental. Dari banyaknya koleksi boneka teddy bear yang ada, anda pun bisa menemukan teddy bear yang berpakaian hanbok khas Korea.

Di Teddy Bear World tersebut anda bebas berpose dengan setiap teddy bear yang ada. Bahkan anda diperbolehkan untuk memeluk teddy bear yang berukuran sebesar orang dewasa. Bayangkan bagaimana hangatnya memeluk si menggemaskan teddy bear yang tingginya mungkin lebih dari anda, tentu tidak ada yang akan menolak pesonanya bukan ?

Teddy Bear World yang merupakan tempat wisata yang memang terinspirasi dari Jeju Teddy Bear Museum. Sehingga anda yang mengaku pecinta drakor atau K-pop, wajib untuk berkunjung kemari saat berada di Jogja. Cukup dengan membayar tiket masuk kurang lebih Rp. 60.000 saja per orangnya, anda sudah bisa menikmati destinasi ini sepuasnya.

Harga Tiket: Rp 60.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Solo, Maguwoharjo, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

4. The Lost World Castle

The Lost World Castle
Photo by Twitter Jogja Istimewa

Meski terkenal dengan julukan Benteng Takesinya Sleman, The Lost World Castle tidak hanya merepresentasikan budaya Jepang. Karena dengan mengenakan kostum hanbok yang bisa disewa di lokasi, anda bak sedang syuting drama kolosal ala Korea. Bentengnya pun mirip seperti kastil yang ada di film-film jika berpadu dengan pakaian yang dikenakan.

Belum lagi dengan tanaman buatan di sepanjang jalan di dalam objek wisata tersebut yang menyerupai bunga sakura. Benar benar sangat cantik sebagai spot untuk berburu berbagai foto instagenis. Selain latar kastil yang disekelilingnya terdapat bunga sakura buatan, ada lagi spot foto instagramable lainnya yang ditawarkan di The Lost World Castle.

Di antaranya yaitu seperti gambar 3 dimensi, perkemahan suku Indian, sampai berfoto dengan pemandangan Gunung Merapi sebagai latar belakangnya. Dan tentunya anda tidak hanya dapat menyewa hanbok atau pakaian tradisional Korea saja untuk berfoto di setiap spot ini. Tapi bisa juga menggunakan kimono, agar memberi variasi pada koleksi foto anda nantinya.

Keunikan The Lost World Castle yang dapat menyatu dengan nuansa Korea maupun Jepang ini bahkan sempat mencuri fokus wisatawan, saat awal mula dibukanya objek wisata tersebut untuk umum. Bahkan destinasi ini sudah diserbu oleh para pengunjung, ketika belum rampung digarap kala itu.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Petung Merapi, Petung, Desa Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

5. Chingu Café

Chingu Café
Photo by Google Maps ida daniati

Mau berwisata sambil mencicipi makanan ala Korea ? Di kota Yogyakarta, semua ini tentu bisa menjadi kenyataan. Coba saja datang ke Chingu Cafe yang letaknya tidak jauh dari pusat kota, atau tepatnya berada di kawasan Jalan Kaliurang. Tempat ini bisa dibilang mampu memberikan pengalaman yang lengkap.

Anda bisa menikmati berbagai sajian kuliner khas yang lezat dan ramah di kantong, mulai dari Korean BBQ, tteokbokki, rabokki, odeng, budae jjigae, jjajangmyeon, bulgogi, mandu, berbagai minuman, dessert, dan masih banyak lainnya. Selain itu, berburu foto tentunya adalah kegiatan wajib yang harus dilakukan di Chingu Cafe.

Sebab Chingu Cafe menghadirkan beberapa spot apik yang terlihat mirip dengan nuansa negeri gingseng. Bila anda jago fotografi, tentunya jepretan yang dihasilkan sudah terlihat seperti di tempat aslinya. Spot foto yang dihadirkan sendiri setidaknya memiliki empat konsep utama, yaitu daerah Seoul, Hongdae, Bukcheon Village, dan Cheongdamdong.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pandega Karya, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

6. Dae Jang Geum

Dae Jang Geum
Photo by Google Maps Budi Sutrisno

Mendengar nama Dae Jang Geum, apa yang akan anda bayangkan ? Pastinya salah satu drama Korea ngehits rilisan tahun 2003 yang menceritakan mengenai kisah dokter wanita pertama yang ada di Dinasti Joseon. Karena kepopuleran drama tersebut, tempat satu ini pada akhirnya dinamakan serupa.

Dae Jang Geum yang ada di kota Yogyakarta sendiri merupakan rumah makan bernuansa kerajaan Korea, yang direpresentasikan dari bentuk bangunannya. Pastinya menu yang ditawarkan pun memiliki nuansa Negeri Gingseng, mulai dari makanan instannya, bibimbap, kimchi, bulgogi, tteokbokki, dan masih banyak lagi.

Rasa makanannya lezat dan begitu otentik, sehingga membuat anda seperti benar benar tengah berada di Korea Selatan. Untuk memperkuat kesannya, anda pun dapat menyewa hanbok atau pakaian tradisional Korea. Tidak perlu khawatir terkait harga, karena harga sewa kostum maupun menu makanan yang ada ditawarkan dengan harga terjangkau.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Palagan Tentara Pelajar, Donoharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Cukup banyak bukan destinasi wisata di Jogja dengan konsel ala Korea? Dengan adanya berbagai tempat keren ini, anda tidak perlu jauh jauh terbang ke luar negeri untuk merasakan sensasi berada di negeri gingseng. Selain dapat menikmati wisata Korea low budget, anda juga dapat sekaligus menikmati indahnya Daerah Istimewa Yogyakarta.

Give a Comment