Mengunjungi Jogja tak lengkap jika tidak menjelajah kulinernya yang lezat. Inilah rekomendasi tempat wisata kuliner di Jogja yang sudah terkenal, mulai dari makanan tradisional hingga jajanan yang unik.

Jogja yang mendapatkan julukan sebagai kota Pelajar tak hanya memiliki jajaran kampus bergengsi. Kota satu ini juga menjadi surga bagi para pecinta kuliner karena ada banyak makanan yang luar biasa enak. Bagi Anda yang sedang singgah di kota Jogja dan berniat untuk kulineran, berikut tempat wisata kuliner di Jogja yang murah dan terkenal.

1. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon
Image Credit: Google Maps (Muhammad Mustain)

Gudeg memang menjadi menu makanan khas Jogja yang wajib untuk dicicipi. Dan salah satu tempat yang akan membuat lidah Anda dimanjakan adalah Gudeg Pawon. Sudah ada sejak tahun 1958, sudah dipastikan jika rasanya tak akan mengecewakan Anda. jika biasanya Anda akan menikmati gudeg di sebuah tempat makan, Anda bisa langsung mencicipinya di dapur.

Pawon sendiri dalam bahasa Jawa memang berarti dapur. Dengan begitu Anda bisa mengetahui peralatan memasak yang digunakan mengolah gudeg ini. Walaupun tempatnya terbilang sederhana, Anda tak perlu meragukan rasanya. Bahkan warung yang berada di kawasan Umbulharjo ini selalu memiliki antrian pengunjung yang panjang.

Lokasi: Jl. Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

2. House Of Raminten

House Of Raminten
Image Credit: Google Maps (Erry Putri .A)

Tempat kuliner di Jogja yang bisa Anda kunjungi selanjutnya adalah House Of Raminten. Tempat makan satu ini memang menjadi favorit dan tak boleh Anda lewatkan. Menu yang disajikan merupakan menu tradisional, tetapi tempatnya didesain dengan sangat berkelas. Menu tersebut mulai dari brongkos, nasi kucing, cundhuk hingga wedang serai.

Sebenarnya, rumah makan satu ini memiliki beberapa cabang. Yang membuat rumah makan satu ini unik adalah nuansa khas Jawanya yang begitu kental. Anda bisa menemukan para pelayan menggunakan pakaian tradisional. Untuk memanggil pelayan, juga bisa menggunakan kentungan. Restoran ini buka 24 jam, sehingga Anda bisa datang kapan saja.

Lokasi: Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

3. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong
Image Credit: Google Maps (Michaela Meme)

Anda yang menyukai olahan sate, wajib untuk mencicipi sate Klathak. Dan tempat yang pas untuk mencicipinya adalah Sate Klathak Pak Pong. Sate akan dibakar dengan menggunakan jeruji sepeda sehingga akan lebih cepat matang. Bumbu yang digunakan juga berbeda dengan bumbu pada umumnya. Hanya perlu menggunakan garam saja di bagian dagingnya.

Kemudian akan disajikan dengan kuah gulai, tengkleng ataupun tongseng. Sate Klatak Pang Pong terkenal dengan cita rasanya yang begitu khas. Daging kambingnya juga sangat lembut dengan rasa rempah yang nikmat. Untuk menjangkau tempat makan satu ini juga tidaklah susah. Anda hanya perlu menuju Terminal Jogja, mengambil ke selatan dan belok kanan di perempatan.

Lokasi: Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Kec. Pleret, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

4. Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man
Image Credit: Google Maps (A Yusuf Hakim)

Angkringan yang merupakan tempat makan sekaligus nongkrong juga bisa Anda jadikan tujuan kulineran Anda. Ada banyak sekali angkringan di kota satu ini bahkan seperti ciri khas. Salah satunya yang begitu terkenal adalah Angkringan Lik Man. Lokasinya dekat dengan Stasiun Tugu dan juga Jalan Malioboro sehingga sangat mudah untuk Anda jangkau.

Warung satu ini sudah ada sejak tahun 1969 dan hingga saat ini masih menjadi tempat favorit hingga kini. Ketika singgah di tempat satu ini, pastikan Anda menjajal Kopi Jossnya. Untuk makanannya memang tak jauh berbeda dengan makanan lainnya. Tapi hadirnya kopi joss menjadikan Angkringan Lik Man menjadi tujuan kuliner yang wajib dikunjungi.

Lokasi: Jl. Ps. Kembang, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

5. Jadah Tempe Mbah Carik

Jadah Tempe Mbah Carik
Image Credit: Google Maps (Chef Ramarta)

Kuliner khas Jogja yang tak boleh Anda lewatkan adalah Jadah Tempe. Jadah ketan yang dinikmati bersama tempa ini memang begitu terkenal. Makanan sederhana ini masih diburu oleh wisatawan maupun masyarakat sekitar. Walaupun terlihat sederhana, siapa yang menyangka jika makanan ini menjadi favorit Sri Sultan Hamengkubuwono 9.

Dan dari semua penjual jadah tempe yang ada, Jadah Tempe Mbah Carik dinilai yang paling terkenal dan nikmat. Anda bisa mengunjungi tempat satu ini di sekitaran Jalan Kaliurang. Perpaduan rasa gurih pada jadah yang dipadu dengan manisnya tempe akan jadi perpaduan yang luar biasa. Harga yang ditawarkan juga terbilang ramah kantong.

Lokasi: Jl. Kaliurang No.KM/12.5, Legolan, Umbulmartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

6. Nasi Goreng Beringharjo

Nasi Goreng Beringharjo
Image Credit: Instagram.com @hungrycouplee

Ketika menginjakkan kaki di Jogja, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan legendarisnya. Untuk jadi tujuan perjalanan rasa selanjutnya, Anda bisa menjadikan Nasi Goreng Beringharjo sebagai tujuan. Warung nasi Goreng ini sudah berdiri sejak tahun 1960 hingga saat ini masih tujuan kulineran yang begitu ramai.

Di tempat makan ini, Anda bisa memilih dua menu nasi goreng yakni nasi goreng babi dan nasi goreng ayam. Tak perlu khawatir, peralatan memasak kedua menu ini tentu akan dibedakan. Walaupun pengunjungnya tak pernah sepi, pelayanannya sangat cepat. Selain menu nasi goreng, Anda juga bisa memilih bihun goreng dan bakmi goreng.

Lokasi: Jl. Limaran, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

7. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto
Image Credit: Google Maps (Mangut Lele Mbah Marto)

Mangut Lele menjadi menu makanan khas yang sebaiknya tidak Anda lewatkan. Menu satu ini memang dimasak dengan bumbu mangut yang terlihat menggiurkan. Bumbunya berwarna kuning kemerahan terlihat pedas tapi juga menggugah. Ikan lele yang akan dimasak dengan bumbu mangut akan diasap terlebih dahulu.

Yang membuat mangut mbah Marto begitu unik, karena lokasi tempatnya yang berada di tengah perkampungan. Bahkan terbilang tersembunyi, tapi tetap saja pengunjungnya tak pernah berkurang. Soal rasa, Anda tak perlu khawatir, karena memang Mangut Lele Mbah Marto sudah terkenal dengan rasanya yang menggoyang lidah.

Lokasi: Jl. Sewon Indah, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

8. Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Mercon Bu Narti
Image Credit: Google Maps (Bang Awak)

Nama kuliner satu ini cukup terkenal di kalangan wisatawan maupun masyarakat lokal. Terutama untuk mereka yang gemar makanan pedas. Oseng Mercon Bu Narti sudah berdiri lebih dari 10 tahun lalu, dan hingga kini tetap menjadi jujugan. Dinamakan dengan oseng mercon karena memang memiliki rasa yang begitu pedas seakan meledak di mulut.

Dalam sajian oseng mercon, Anda akan menemukan kikil, jeroan, daging, tulang muda hingga gajih dari sapi. Semua bahan tersebut kemudian di masak dengan tambahan cabai rawit yang banyak. Disajikan dengan nasi hangat, sudah pasti Anda akan gobyos. Lokasi warung ini di daerah Ngampilan, dengan harga per porsi mulai Rp 15 ribu.

Lokasi: Jl. Padokan No.16, Padokan Kidul, Tirtonirmolo, Kec. Kasihan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

9. Bakmi Mbah Mo

Bakmi Mbah Mo
Image Credit: Google Maps (bagus painting)

Menemukan warung bakmi di Jogja bukanlah hal yang sulit. Ada banyak warung bakmi Jawa yang akan memanjakan lidah Anda. Namun rasanya tidak afdol jika Anda tidak mengunjungi Bakmi Mbah Mo. Warung bakmi ini termasuk yang legendaris karena sudah berdiri lebih dari 30 tahun lalu. Lokasinya ada di daerah Bantul dan tidak ada cabang di manapun.

Setiap malam datang, pembeli olahan mie satu ini tak pernah sedikit. Yang membuat rasanya istimewa, bakmi ini dimasak satu per satu. Memasaknya juga masih menggunakan tungku di atas bara arang. Bakmi akan disajikan dengan telur bebek ataupun ayam kampung yang rasanya juara. Bersabarlah ketika Anda harus mengantri di tempat makan satu ini.

Lokasi: Jl. Parangtritis No.Km.11, Code, Trirenggo, Kec. Bantul, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

10. Ayam Goreng Mbah Cemplung

Ayam Goreng Mbah Cemplung
Image Credit: Google Maps (ayunda mafud)

Apakah Anda pecinta ayam goreng? Jika iya maka Anda harus mencicipi nikmatnya Ayam Goreng Mbah Cemplung di Jogja. Warung ayam goreng satu ini tidak hanya terkenal, tetapi juga legendaris. Rasa daging ayam yang gurih dan lembut membuat warung ini tak pernah sepi. Ayam yang dimasak merupakan ayam kampung, lokasinya ada di kawasan Bantul.

Lokasi: Jl. Sembungan No.05, Sembungan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

11. Sambel Welut Pak Sabar

Sambel Welut Pak Sabar
Image Credit: Google Maps (Nugrahaeni PuspitaSari)

Warung Sambal Belut milik Pak Sabar menjadi wisata kuliner di Jogja yang juara jika masakan belut. Warung satu ini menyajikan belut dengan sambal bawang pedas yang mantap. Tak pernah sepi pengunjung, Anda juga bisa mencicipi masakan lainnya seperti olahan ikan gabus. Sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu, rasanya tak pernah mengecewakan.

Lokasi: Glagah Kidul, Tamanan, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

12. Kalimilk Yogyakarta

Kalimilk Yogyakarta
Image Credit: Google Maps (Fahmila Ilma)

Untuk Anda yang gemar mengkonsumsi susu, pastikan untuk tidak melewatkan tempat makan satu ini. Di jogja memang ada banyak tempat yang menawarkan kafe susu. Seperti halnya Kalimilk yang sudah begitu kondang di Jogja. Bahkan tempat ini memiliki sebutan unik bagi para pelanggannya yakni Neneners.

Dan Anda bisa mencicipi banyak sekali rasa susu yang beragam. Mulai dari rasa coklat, strawberry, cookies hingga rasa durian. Untuk menemani nikmati kesegaran susunya, Anda juga bisa memesan aneka snack yang ditawarkan. Porsinya, Anda bisa memilih yang porsi gajah atau medium. Lokasi kafe susu ini berada di daerah Kaliurang.

Lokasi: Jl. Nglempong Sari Jl. Monjali No.251, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

13. Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu

Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu
Image Credit: Google Maps (hendi basuki)

Salah satu tempat menikmati mie ayam paling enak di Jogja adalah di Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu. Pengunjung tempat makan satu ini tak pernah sepi, setiap hari selalu bejubel. Apalagi ketika memasuki waktu makan siang, siap siap untuk mengantri. Kabarnya, warung mie ayam ini sudah buka dari tahun 1990 an.

Dalam sehari, tempat kulineran ini bisa menghabiskan sekitar 700 porsi mie ayam. Yang membuatnya mie ini unik adalah mie yang dibuat sendiri. Sehingga ukurannya lebih besar dengan tekstur yang lebih kenyal. Kuahnya kecoklatan dengan rasa manis dan juga gurih. Dijamin Anda tak akan menyesal mencicipi kuliner yang kondang satu ini.

Lokasi: Jl. Imogiri Tim. No.187, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

14. Soto Kadipiro

Soto Kadipiro
Image Credit: Google Maps (Agus Purnama)

Tempat makan di kota Pelajar yang bisa Anda kunjungi berikutnya adalah Soto Kadipiro. Tempat makan satu ini menawarkan soto dengan rasa yang luar biasa nikmat. Soto ayam yang disajikan dengan kol, seledri, tauge juga bawang goreng ini memang luar biasa. Kuahnya bening dengan rasa yang gurih dan lezat, Anda juga bisa memilih lauk yang banyak pilihan.

Lokasi: Kadipiro, Jl. Wates No.33, Kdipiro, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

15. Moelih Ndeso

Moelih Ndeso
Image Credit: Google Maps (Yohana Ipsita)

Jika Anda ingin menikmati kuliner lezat dengan suasana yang seperti di desa, Moelih Ndeso bisa dijadikan pilihan. Rasa masakan yang dihadirkan menggoyang lidah, dengan suasana yang cocok jadi penawar rindu. Pengunjung akan ditawarkan suasana pedesaan, dimana Anda bisa memilih makan dengan piringan atau bancakan.

Alat masak dan alat makan masih berupa tradisional, seakan membawa Anda ke masa lampau. Memasaknya juga masih menggunakan arang, sehingga rasanya begitu khas.Menu yang bisa Anda pesan sangat beragam, mulai dari gurame bakar, patin bumbu rempah ijo dan telur crispy. Menu lainnya seperti jantung pisang, tomyam patin hingga bakmi jawanya juga juara.

Lokasi: Jl. Beringin 1 Garan, Denokan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

16. Pondok Makan Pelem Golek

Pondok Makan Pelem Golek
Image Credit: Google Maps (Nur Laeli)

Diantara restoran atau tempat makan yang ada di Jogja, ada satu tempat yang berhasil memikat dengan rasa sekaligus desain tempatnya. Tempat satu ini dikenal dengan nama Pondok Makan Pelem Golek. Anda akan dihadirkan suasana yang begitu asri dan pemandangan yang menyejukkan mata.

Lokasi tempat makan ini berada di pinggir sungai dengan bangunan gazebo, hampir semuanya menggunakan kayu. Untuk menu yang disajikan begitu beragam, Anda bisa menikmati menu Gurami Mutiara hitam sampai dengan menu kepiting. Lokasinya di daerah Sariharjo dan mudah untuk jangkau serta cocok untuk kulineran bersama keluarga.

Lokasi: Jl. Palagan Tentara Pelajar KM.7 No.99, Mudal, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

17. Bakso Klenger Ratu Sari

Bakso Klenger Ratu Sari
Image Credit: Google Maps (Nafa FM)

Bakso memang terlihat seperti menu makanan yang biasa saja. karena dimanapun Anda bisa menemukan kuliner dari daging ini. Namun ketika Anda menginjakkan kaki di Jogja, wajib mengunjungi warung bakso satu ini. Bakso Klenger Ratu sari memiliki ukuran yang begitu beragam. Mulai dari yang ukuran biasa hingga yang beratnya mencapai 20 kg.

Tentu saja dengan porsi sebanyak itu Anda bisa sangat puas menikmati bakso. Dan pantas aja jika kedai satu ini memiliki nama klenger. Mengingat menunya bisa membuat orang pingsan, klenger dalam bahasa Jawa berarti klenger. Di dalam bakso besar ini ada isian yang beragam, mulai dari yang pedas hingga yang biasa. Kedai bakso ini berada di kawasan Sleman, Jogja.

Lokasi: Jl. Wahid Hasyim No.296, Nologaten, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

18. Brongkos Bu Padmo

Brongkos Bu Padmo
Image Credit: Google Maps (agung pirsada)

Brongkos adalah makanan khas kota pelajar yang warnanya kecoklatan layaknya rawon. Menu satu ini merupakan favorit dari sang Sultan. Anda bisa mencicipi brongkos di Brongkos Bu Padmo. Lokasinya di daerah alun alun selatan dan sangat mudah untuk dijangkau. Anda juga bisa memilih berbagai macam isian di dalamnya.

Lokasi: Jl. Magelang No.12, Jlegingan, Margorejo, Kec. Tempel, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

19. Bong Kopitown

Bong Kopitown
Image Credit: Google Maps (djeto catur)

Bong Kopitown memberikan suasana makan yang berbeda, yakni serasa di dalam penjara. Penjaranya tentu bukanlah penjara sungguhan, hanya desainnya mirip dengan penjara. Ada banyak menu yang bisa Anda coba, salah satunya Beef Rice Claypot, Penang Fried Noodle hingga Singapore Laksa Noodle. Untuk minumannya jangan lewatkan teh tariknya.

Lokasi: Jl. Sagan Kidul No.4, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

20. Cilok Gajahan

Cilok Gajahan
Image Credit: Google Maps (sri handayani Uniba)

Cilok memang dikenal sebagai kuliner khas kota Kembang dan cocok untuk camilan. Tapi bukan berarti Anda tak bisa menemukan cilok mantap di kota lainnya. Di Jogja, Anda bisa mencicipi nikmatnya Cilok Gajahan. Cilok satu ini ada di daerah Kadipaten Kulon. Pembelinya tak pernah sepi dan rasanya tidak akan mengecewakan.

Lokasi: Jl. Kadipaten Kulon No.97, Kadipaten, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

21. Rujak Es Krim Pak Nardi

Rujak Es Krim Pak Nardi
Image Credit: Google Maps (Ihsan Ash Shiddiqi)

Di Jogja, Anda tidak hanya bisa mencicipi nikmatnya makanan beratnya. Anda juga bisa sekalian mencicipi dessertnya yang unik. Rujak es krim Pak Nardi salah satunya, kedai rujak satu ini sudah terkenal sebagai rujak es krim paling enak. Walaupun menggunakan gerobak dan dijual kaki lima, makanan ini sudah ada sejak tahun 1978.

Bisa dikatakan juga jika Rujak Es Krim Pak Nardi adalah pioner pertama rujak es krim di jogja. beraneka buah akan diseret, kemudian di atasnya akan diberikan dengan es krim. Perpaduan rasa manis dari es krim dengan sambal pada rujak sangat nikmat. Rasa dingin juga segar dari buahnya akan menggoyang lidah Anda.

Lokasi: Jl. Harjowinatan, RT.44/RW.10, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

22. Tempo Del Gelato

Tempo Del Gelato
Image Credit: Google Maps (Elizabeth W.)

Untuk membuat perjalanan rasa Anda di Jogja semakin lengkap, Anda bisa mengunjungi Tempo Del Gelato. Tempat untuk menikmati gelato di Jogja ini memang sangat hits di kalangan pecinta kuliner. Bahkan banyak kawula muda yang menjadikan tempat ini sebagai tempat nongkrong. Untuk gelatonya, Anda bisa memilih banyak rasa mulai dari nutella hingga red dragon.

Lokasi: Jl. Prawirotaman No.38B, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

Itulah beberapa tempat wisata kuliner yang bisa Anda jadikan jujugan ketika di Jogja. beberapa diantaranya merupakan tempat makan yang sudah melegenda dan terkenal. Sehingga Anda tak perlu khawatir soal rasa yang dihadirkan nantinya. Begitu juga harganya, masih terbilang terjangkau serta sesuai dengan rasanya.

Give a Comment