Magelang salah satu kabupaten di Jawa Tengah, dan berada dekat dengan Jogja yang sangat sayang untuk dilewatkan. Tidak hanya menawarkan banyak tempat menarik, kuliner yang dihadirkan juga siap menggoyang lidah Anda. Berikut beberapa tempat wisata kuliner di Magelang yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif tujuan kulineran. Beberapa diantaranya bahkan legendaris dan harus Anda coba.

1. Sop Senerek Pak Parto

Sop Senerek Pak Parto
Image Credit: Google Maps (Anita Setya)

Memulai perjalanan rasa Anda di Magelang, Anda bisa menjadikan Sop Senerek Pak Parto sebagai tujuan pertama. Sop Senerek memang menjadi makanan khas Magelang yang berasal dari akulturasi dari kuliner Belanda. Hingga saat ini bahkan makanan ini masih eksis dan banyak yang penasaran. Sop Senerek terdiri dari bayam, wortel, kacang merah dengan kuah bening.

Biasanya akan ditambahkan dengan irisan daging sapi, jeroan atau ayam. Dan rumah makan Sop Senerek Pak Parto terbilang kondang akan rasanya yang nikmat. Selain sop senerek, Anda juga bisa menjajal menu lainnya yang tak kalah nikmat. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi sop sekitar Rp 14 ribu, cukup ramah kantong dengan rasa yang tak mengecewakan.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Magersari, Kec. Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah.

2. Rumah Makan Sehati Borobudur

Rumah Makan Sehati Borobudur
Image Credit: Google Maps (Meira Elok)

Rumah Makan Sehati Borobudur menawarkan menu utama berupa sajian mangut Beong yang rasanya luar biasa. Sangat cocok untuk Anda yang suka kuliner dengan rasa pedas. Beong sendiri merupakan ikan yang mirip lele tetapi ukurannya lebih besar. Dagingnya juga akan lebih tebal dan memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan lele.

Racikan Mangut Beong yang disajikan di Rumah Makan Sehati ini akan menggoyang lidah Anda. Dengan bumbu racikan turun temurun, rasa yang dihadirkan akan membuat Anda ketagihan. Bagian yang paling laris adalah bagian kepalanya, tetapi Anda juga bisa memesan badan atau ekor. Menu lain yang tidak pedas juga bisa Anda nikmati di warung makan ini.

Lokasi: Bumen, Kembanglimus, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

3. Warung Makan Senerek Bu Atmo

Warung Makan Senerek Bu Atmo
Image Credit: Google Maps (Al Farisy Maulana)

Sudah berdiri sejak tahun 1967, Warung Makan Senerek Bu Atmo menjadi tempat makan legendaris di Magelang yang sayang untuk Anda lewatkan. Nasi putih hangat yang disajikan dengan kuah kaldu segar dan isian daging sapi atau babat. Tidak ketinggalan kacang merah, bayam dan wortel yang menjadi isian khas dari Sop Senerek.

Untuk menikmatinya Anda bisa menjadikan beberapa lauk berikut sebagai pilihan. Mulai dari olahan kikil, sate keong, brongkos, ikan nila hingga babat. Menariknya di warung ini Anda juga bisa menemukan minuman tradisional seperti beras kencur. Untuk satu porsi nasi Sop Senerek yang nikmat, Anda hanya perlu merogoh kocek mulai Rp 13 ribu.

Lokasi: Jl. Sentanu, Dusun IV, Bumiharjo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

4. Sop Empal Bu Haryoko

Sop Empal Bu Haryoko
Image Credit: Google Maps (Yetie Rosika)

Tidak hanya Sop Senerek, Magelang juga masih memiliki kuliner lain yang tak kalah menggoda yakni Sop Empal. Anda bisa singgah di Sop Empal Bu Haryoko yang memang sudah terkenal akan rasa kulinernya. Sop ini akan berbeda dengan sop yang biasanya Anda temukan, letak perbedaannya pada isian yang digunakan.

Untuk Sop Empal hanya berisikan kubis, bihun dan juga potongan empal. Semakin nikmat dengan tambahan sambal tomat yang khas. Walaupun sajian ini terbilang sederhana, namun soal rasa Anda tidak perlu ragu lagi. Wajar jika destinasi wisata kuliner di Magelang ini tak pernah sepi pengunjung. Apalagi satu porsinya hanya dihargai sekitar Rp 25 ribu ke atas.

Lokasi: Jl. Veteran No.9, Sayangan, Muntilan, Kec. Muntilan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

5. Joglo Ndeso Restoran dan Kebun Hidroponik

Joglo Ndeso Restoran dan Kebun Hidroponik
Image Credit: Google Maps (Nika Mutiasari)

Tidak hanya menawarkan kuliner legendaris, beberapa tempat makan yang ada di Magelang menawarkan suasana yang berbeda. Seperti misalnya Joglo Ndeso Restoran dan Kebun Hidroponik yang suasananya kental pedesaan. Sebelum sampai di tempat makannya, Anda akan disambut dengan area permainan anak seperti jungkat jungkit maupun ayunan.

Rumah makan berbentuk joglo ini juga dikelilingi oleh kolam dan kebun hidroponik. Tak hanya menawarkan suasana yang asri, Anda juga bisa menikmati kuliner yang menggoyang lidah. Apalagi menu diolah dari hasil kebun yang merupakan bahan organik dan segar. Menu yang ditawarkan juga sangat beragam, didominasi dari sayuran maupun ikan.

Lokasi: Jl. Dukun, Dusun Kuthan, Desa Sedayu, Kec. Muntilan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

6. Warung Makan Purnama

Warung Makan Purnama
Image Credit: Google Maps (Farid Nugroho)

Mangut Lele menjadi kuliner di Jogja yang kondang, selain di Bantul Anda juga bisa menemukannya di Magelang. Datang saja ke Warung Makan Purnama yang memiliki sajian mangut lele nikmat. Perpaduan rasa gurih, pedas dan juga manisnya akan membuat Anda ketagihan. Tak hanya mangut lele, menu lainnya di tempat ini juga akan membuat Anda ketagihan.

Lokasi: Jl. Magelang – Yogyakarta No.KM. 13, Tangkilan, Pabelan, Kec. Mungkid, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

7. Bakmi Pak Naryo Rindam Magelang

Bakmi Pak Naryo Rindam Magelang
Image Credit: Google Maps (Dilian’s Crew)

Tentu Anda tahu jika olahan Bakmi Magelang menjadi primadona dan harus Anda jajal. Untuk menikmati nikmatnya Bakmi, Anda bisa menjadikan Bakmi Pak Naryo Rindam Magelang. Selain bakmi goreng, Anda juga bisa mencicipi nasi godog, magelangan sampai nasi goreng. Perpaduan rasa manis, asin dan juga gurih membuat kuliner ini sangat khas.

Lokasi: Gelangan, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

8. Nasi Goreng Pak Kadis Menayu

Nasi Goreng Pak Kadis Menayu
Image Credit: Google Maps (Afiqulatief Firdaus)

Walaupun nasi goreng termasuk makanan yang sangat sederhana, tetapi kuliner satu ini memiliki banyak penggemar. Anda bisa melanjutkan perjalanan rasa Anda menuju Nasi Goreng Pak Kadis Menayu. Menu andalan tempat ini adalah nasi goreng dan juga bakmi gorengnya. Keduanya memiliki cita rasa khas dan membuat siapapun akan ketagihan.

Inilah yang menjadikan tempat makan satu ini tidak pernah sepi pengunjung. Memasaknya masih menggunakan anglo, membuat aroma harumnya sangat khas. Anda bisa mencicipi berbagai menu di tempat ini, mulai dari nasi goreng, bakmi goreng, bebek goreng, nasi godog, hingga olahan tongseng daging bebek ataupun daging ayam.

Lokasi: Kapanjen, Menayu, Kec. Muntilan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

9. Rumah Makan Balekambang

Rumah Makan Balekambang
Image Credit: Google Maps (Trisno Ary Budi)

Lokasi rumah makan ini tidak terlalu jauh dari Borobudur, cocok untuk Anda yang ingin kulineran setelah puas jalan jalan. Rumah Makan Balekambang, menawarkan suasana kulineran yang nyaman dan juga harga yang masih ramah kantong. Menu yang ditawarkan juga sangat beragam, dijamin akan membangkitkan selera makan Anda.

Saung saung yang berjajar rapi di tepi kolam ikan membuat suasananya begitu asri. Menikmati hidangan bersama keluarga atau tempat tempat tentu memberikan pengalaman yang berbeda. Anda bisa menikmati nikmatnya olahan ikan tawar seperti Patin Rica rica sampai Nila Bakar. Tak ketinggalan aneka tumis sayuran dan sajian sambal nikmat.

Lokasi: Jl. Raya Borobudur No.Km. 2, Pabelan, Kec. Mungkid, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

10. Kupat Tahu Pojok Magelang

Kupat Tahu Pojok Magelang
Image Credit: Google Maps (Yuanita Dewi)

Kupat Tahu menjadi salah satu panganan khas Magelang yang juga populer. Baik masyarakat lokal maupun wisatawan banyak yang gemar mencicipi kuliner ini. Rasanya memang belum lengkap jika ke Magelang belum mencicipi Kupat Tahunya. Salah satu tempat yang terkenal adalah Kupat Tahu Pojok. Tempat satu ini tidak pernah sepi pengunjung dan terkenal rasanya yang nikmat.

Dalam satu porsi kupat tahu, Anda akan menemukan potongan ketupat, irisan kol, tahu, tauge dan bumbu dari saus kacang. Di atasnya ditambahkan dengan seledri dan juga bawang goreng. Perpaduan rasa manis dan gurihnya membuat Anda ingin nambah porsi. Sudah berdiri sejak tahun 1942, pengunjung tempat makan ini sudah sampai pejabat dan presiden.

Lokasi: Jl. Tentara Pelajar Kios No.14, Cacaban, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

11. Warung Makan Roda Tiga Pak No

Warung Makan Roda Tiga Pak No
Image Credit: Google Maps (Ikhtiarno Widi)

Tempat makan satu ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai kuliner berbahan kambing. Anda bisa mencicipi aneka menu seperti sate kambing, tongseng, tengkleng, nasi godog kambing sampai dengan nasi goreng kambing. Selain olahan kambing, Anda juga bisa memilih menggunakan daging sapi. Semua menunya memiliki rasa yang akan membuat Anda ketagihan.

Lokasi: Jl. Tentara Pelajar Kios No.14, Cacaban, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

12. Rumah Makan Seafood & Jamuan Joglo Tanjung

Rumah Makan Seafood & Jamuan Joglo Tanjung
Image Credit: Google Maps (Yudha)

Di Magelang, Anda juga bisa mencicipi kuliner seafood yang beragam tepatnya di Rumah Makan Seafood & Jamuran Joglo Tanjung. Tempat makan yang menawarkan gazebo dengan gaya joglo ini sangat asri. Menunya juga beragam, dari olahan ikan dan seafood, menu jamur hingga menu tahu tempe. Tempat kulineran di Magelang ini sangat cocok dikunjungi ramai ramai.

Lokasi: Gang Merah Putih Tanjung Anom No.Km.7, Bringis, Banjarnegoro, Kec. Mertoyudan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

13. Pawon Joglo Kopi Ndeso

Pawon Joglo Kopi Ndeso
Image Credit: Google Maps (Rey Tanjung)

Kini ngopi menjadi kebiasaan yang menyentuh semua lapisan masyarakat dari muda hingga dewasa. Di Magelang Anda bisa menemukan tempat kopi sekaligus kulineran yang dikenal dengan nama Pawon Joglo Kopi Ndeso. Aneka kopi lokal sampai makanan berat dan snacknya siap menggoyang lidah Anda. Apalagi suasana lokasinya sangat nyaman untuk kulineran.

Lokasi: Jl. Balaputradewa Brojonalan No.12, Dusun 1, Wanurejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

14. Terracotta Resto Borobudur

Terracotta Resto Borobudur
Image Credit: Google Maps (Ichaa Zara)

Menyuguhkan tempat nyaman dan menu yang sangat beragam, Terracotta Resto bisa Anda jadikan tujuan. Singgah di tempat ini seakan akan Anda sedang pulang kampung, Menu Nusantara seperti magelangan, nasi goreng hingga olahan ayam dan ikan bisa Anda nikmati. Atau olahan western seperti chicken cordon bleu maupun spaghettinya juga nikmat.

Lokasi: Jl. Mayor Kusen No.8, Citran, Paremono, Kec. Mungkid, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

15. Ronde Miroso

Ronde Miroso
Image Credit: Google Maps (Iin Kurniawati)

Tidak hanya makanan berat, ketika ke Magelang Anda juga harus mencicipi hangatnya Ronde. Ronde yang kondang dan bisa Anda jadikan pilihan adalah Ronde Miroso. Sudah berdiri sejak puluhan tahun, hingga kini warung ronde ini tetap eksis. Tak hanya wedang ronde, Anda juga bisa mencicipi sate pisangnya yang tak kalah nikmat dan banyak penggemar.

Lokasi: Jl. Medang No.6A, Rejowinangun Utara, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Itulah beberapa destinasi wisata kulineran yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Magelang. Berbagai olahan nikmat bisa Anda cicipi, dan belum tentu Anda bisa menemukannya di daerah lainnya. Apalagi beberapa diantaranya sudah melegenda dan menawarkan rasa otentik. Dari warung makan hingga resto semuanya akan memanjakan lidah Anda.

Give a Comment