Saat berkunjung ke Bantul, Yogyakarta pastikan untuk menjelajah wisata baharinya yang memesona. Inilah rekomendasi wisata pantai hits di Bantu yang sangat indah dan eksotis diyakini mampu memanjakan mata siapapun yang berkunjung.

Bantul adalah salah satu kabupaten yang berada di Selatan Jogja. Daerah yang satu ini memang terkenal akan keindahan pantainya yang memukau. Oleh karena itu, ketika Anda sedang berada disini tak ada salahnya untuk mampir dan menikmati keindahan pantainya secara langsung. Bahkan Anda pun bisa menghabiskan waktu seharian untuk mengelilingi pantai yang sangat menawan dan memanjakan mata. Berikut rekomendasi pantai terindah di Bantul yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Trisik

Pantai Trisik
Image Credit: Twitter.com @narulity

Deretan pertama, Anda bisa mengunjungi Pantai Trisik. Pantai satu ini memiliki pemandangan yang mungkin tidak bisa Anda temukan di tempat lain. Hal ini dikarenakan saat berada disini, Anda pun akan disuguhkan dengan warga yang sedang mengeringkan tanaman eceng gondok.

Pantai satu ini dikenal dengan pasirnya yang memiliki warna hitam. Selain itu, semilir angin pantai yang segar juga menjadi salah satu hal yang bisa Anda dapatkan ketika berada di lokasi satu ini. Apabila Anda sedang beruntung, Anda juga bisa menyaksikan kegiatan warga sekitar yakni sedekah laut.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Banaran, Galur, Area Pantai, Karangsewu, Kec. Galur, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

2. Pantai Baros

Pantai Baros
Image Credit: Google Maps (Lia Wulandari)

Pantai Baros juga menjadi salah satu pantai yang wajib Anda kunjungi ketika sedang berada di Bantul. Pasalnya, wisata satu ini memang terkenal sebagai pantai dengan udara yang sangat segar. Hal ini tidak mengherankan lantaran Pantai Baros memiliki letak yakni di tepi Sungai Opak.

Disini, Anda akan disuguhkan dengan hamparan pasirnya yang putih. Tidak hanya itu saja, Anda juga akan bisa melihat gulungan ombak yang indah dan akan memikat wisatawan yang mengunjungi pantai satu ini. Selain itu, Anda pun bisa melihat indahnya panorama hutan mangrove yang menjadi salah satu ekowisata di daerah Bantul.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tirtohargo, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

3. Pantai Pelangi

Pantai Pelangi
Image Credit: Google Maps (Anik Nura)

Wisata bahari lainnya yang sayang untuk Anda lewatkan begitu saja adalah Pantai Pelangi. Destinasi satu ini merupakan wisata pantai sekaligus wisata edukasi. Hal ini dikarenakan Anda bisa menunjukkan kepada si kecil hewan hewan dan juga lingkungan pantai yang sangat indah sekaligus asri.

Saat berada di tempat satu ini, Anda pun akan menemukan penangkaran tukik atau yang dikenal dengan anak penyu. Ketika mengajak si kecil, anak pun pastinya akan bisa melihat secara langsung anak penyu yang sangat menggemaskan secara langsung ketika berada di penangkaran.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

4. Pantai Pandansari

Pantai Pandansari
Image Credit: Google Maps (Latifah Nurul Hidayati)

Berlanjut ke Pantai Pandansari yang masih berada di sekitaran Bantul. Jika Anda ingin mengunjungi wisata ini, maka Anda pun hanya bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan pribadi saja. Hal ini lantaran lokasinya yang masih belum dijangkau dengan angkutan umum.

Ketika Anda berkunjung kesini, Anda pun akan bisa melihat indahnya pemandangan antai dari mercusuar yang sangat tinggi. Untuk bisa sampai ke mercusuar tersebut, Anda pun diharuskan untuk mendaki sekaligus melewati anak tangga yang cukup banyak. Namun, kelelahan mendaki tangga akan terbayarkan dengan panorama pantai yang sangat indah.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wonoroto, Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

5. Pantai Parangendog

Pantai Parangendog
Image Credit: Google Maps (Desta Triwibowo)

Pantai satu ini memiliki bentuk yang sangat unik yakni dengan adanya batu yang menyerupai telur. Untuk itu, tak heran jika pantai satu ini dinamakan Pantai Parangendog, dimana endog dalam bahasa Jawa memiliki arti yakni telur. Saat berada disini, Anda akan disuguhkan dengan pantai yang berwarna coklat kehitaman menambah unsur eksotis dari wisata bahari satu ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Parang Reja, Girijati, Kec. Purwosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

6. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo
Image Credit: Google Maps (Fajar Akhmadi)

Bagi Anda yang sering mengunjungi Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo menjadi salah satu destinasi yang tak asing. Disini, Anda akan disajikan pemandangan berupa tebing tebing yang tinggi dan dilengkapi dengan pasir berwarna putih yang menghampar. Pastinya sangat apik dan menjadi latar belakang foto yang sangat instagramable.

Pantai satu ini pun juga dirasa cukup mistis bagi sebagian orang. Hal tersebut lantaran sering kali diadakan upacara adat pada wilayah satu ini. Namun, jangan salah sangka pantai ini tetap memiliki keindahan. Terutama pesona sunset dan sunrisenya yang sangat indah. Pastikan Anda untuk mampir dan mengunjungi destinasi wisata satu ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

7. Pantai Cemara Sewu

Pantai Cemara Sewu
Image Credit: Google Maps (Albert Ghana Pratama)

Pantai indah lain yang bisa Anda temukan adalah Pantai Cemara Sewu. Sama seperti dengan namanya, Anda pun akan menemukan banyak pohon cemara di daerah satu ini. Namun, pemandangan yang ada disini pun cukup berbeda dengan pantai lain yang Anda temukan di Jogja.

Sebab di lokasi ini, Anda pun akan disuguhkan dengan panorama pantai yang sangat sejuk, teduh sekaligus asri. Hal ini tentu saja dikarenakan adanya pohon cemara di sekitar pantai. Kegiatan wajib yang bisa Anda lakukan disini adalah outbond dan juga hunting foto. Karena pantai ini cukup instagramable dan sangat cocok sebagai latar belakang foto Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

8. Pantai Samas

Pantai Samas
Image Credit: Google Maps (Tommy Suryaputra)

Pantai yang ada di pesisir selatan memang identik dengan ombaknya yang besar dan juga anginnya yang kencang. Hal ini pula yang bisa Anda temukan ketika berwisata di Pantai Samas. Disini, Anda pun akan disambut dengan pasir pantainya yang berwarna hitam. Uniknya lagi, disini juga terdapat palung palung yang bagus untuk dijadikan lokasi berfoto.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sogo Sanden, Srigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

9. Pantai Pandansari

Pantai Pandansari
Image Credit: Google Maps (Latifah Nurul Hidayati)

Pantai lain yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Pandansari. Wisata bahari ini cukup populer di kalangan masyarakat karena memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Ditambah lagi, pengunjung juga bisa menaiki mercusuar dan melihat keindahan pantai dari ketinggian.

Akan tetapi, bagi Anda yang ingin naik ke mercusuar tersebut pastikan untuk menaiki ratusan anak tangga yang cukup sempit. Namun, semua halangan, rintangan dan rasa lelah yang Anda derita pastinya akan terbayar dengan pemandangan pantai yang indah. Pastikan untuk mampir ke Pantai Pandansari sebagai destinasi wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wonoroto, Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

10. Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara
Image Credit: Google Maps (Frozen Cold)

Wisata bahari satu ini juga memiliki pemandangan yang unik lengkap dengan deretan pohon cemara yang membuatnya semakin teduh. Hal yang bisa Anda lakukan disini adalah berbelanja ikan segar hasil tangkapan nelayan. Selain itu, bagi Anda yang menyukai kegiatan berkemah, jangan sampai melewatkan destinasi satu ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

11. Pantai Kuwaru

Pantai Kuwaru
Image Credit: Google Maps (Rudi Setyawan)

Destinasi wisata indah lainnya yang bisa Anda temukan di Bantul adalah Pantai Kuwaru. Wisata ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan adanya pohon cemara di sepanjang pantai membuatnya menjadi terlihat lebih asri. Bahkan Anda pun bisa menikmati pantai tanpa perlu kepanasan karena ciri khas wisata bahari ini adalah suasananya yang rindang.

Namun, saat berada disini ada baiknya Anda tidak berenang. Hal ini dikarenakan Pantai Kuwaru termasuk salah satu jenis pantai yang memiliki palung dan ombak yang besar. Sehingga akan sangat berbahaya untuk berenang. Jangan khawatir, Anda tetap bisa melakukan banyak aktivitas menarik lainnya, sebut saja seperti berkuda dan juga bermain ATV.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kawaru, Poncosari, Kec. Srandakan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

12. Pantai Depok

Pantai Depok
Image Credit: Google Maps (Arum 10mei)

Pantai Depok memiliki lokasi di sebelah utara Pantai Parangtritis. Disini, Anda pun akan bisa menikmati lezatnya kuliner khas yakni olahan laut yang masih sangat segar. Bahkan berbagai macam hasil laut tersebut dapat Anda jadikan oleh oleh untuk keluarga di rumah. Adapun kegiatan yang bisa Anda lakukan di lokasi ini antara lain seperti memancing, bermain layang layang dan lain sebagainya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

13. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Image Credit: Google Maps (Farida Rohimawati)

Siapa yang tidak kenal dengan pantai populer yang ada di Jogja ini. pantai satu ini memiliki akses yang sangat mudah dilalui. Sehingga tak mengherankan banyak wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara yang datang untuk menikmati indahnya pantai yang ada di Bantul ini.

Meskipun tergolong wisata bahari yang memiliki ombak berbahaya, namun Anda jangan khawatir sebab banyak kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di tempat satu ini. Sebut saja seperti bermain ATV, menaiki kuda dan juga bermain layang layang. Bahkan fasilitas yang ada di pantai ini pun cukup lengkap sehingga mampu menunjang liburan Anda bersama dengan keluarga.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

14. Pantai Pandansimo

Pantai Pandansimo
Image Credit: Google Maps (Isna Chanel)

Pantai ini memiliki keunikan tersendiri, diantaranya adalah adanya kincir angin sejumlah 34 buah. Kincir angin tersebut merupakan kolaborasi dari UGM dengan Menristek yang mampu menghasilkan energi sebesar 2.5 kw hingga 10 kw. Menarik bukan? Pastikan Anda mampir dan berkunjung untuk menikmati keindahan destinasi satu ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngentak, Poncosari, Kec. Srandakan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

15. Pantai Pengklik

Pantai Pengklik
Image Credit: Google Maps (Rochmat Purwanto)

Wisata bahari yang masih menjadi satu kawasan dengan Pantai Samas ini memang wajib untuk Anda kunjungi. Hal tersebut dikarenakan pantai ini terbilang cukup unik. Salah satunya yaitu karena adanya laguna air yang terbentuk secara alami akibat dari pertemuan dua sungai yang ada di lokasi tersebut.

Tak hanya menyajikan pemandangan yang indah, saat berwisata disini Anda pun juga akan dimanjakan dengan berbagai macam fasilitas penunjang yang akan membuat berlibur menjadi lebih menyenangkan. Sebab, disini Anda bisa menyantap kuliner di restoran apung hingga berbagai macam wahana untuk bermain.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sogo Sanden, Srigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

Berlibur ke pantai yang menawan di Bantul memang menjadi daya tarik tersendiri yang bisa Anda dapatkan ketika berada di Jogja. Hal ini dikarenakan destinasi yang ada di lokasi ini memiliki suasana yang unik dan berbeda beda. Sehingga Anda pun tidak akan bosan mengunjungi wisata yang ada di Bantul.

Give a Comment