Berbicara tentang pesona wisata di Gunung Kidul, Jogja memang tak ada habisnya, terutama wisata bahari yang begitu mempesona seperti pantai di Gunung Kidul. Panorama alam yang menawan ini membuat siapapun enggan beranjak pulang.

Gunung Kidul dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki destinasi wisata alam yang begitu eksotis, khusus pada destinasi pantainya. Ada banyak keunikan yang bisa ditemukan di pantai tersebut. Tak heran jika banyak para pelancong yang datang dari berbagai daerah untuk berlibur disini. Untuk lebih lanjut, yuk simak rekomendasi pantai terindah di Gunung Kidul berikut ini!

1. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor
Image Credit: Google Maps (rini pratiwi)

Pantai Nglambor adalah destinasi wisata pantai yang cukup populer di kalangan para pecinta keindahan bawah laut. Salah satu daya tarik utama dari wisata yang satu ini pesona dari biota laut seperti ikan ikan kecil dan juga dan bebatuan karang di perairannya yang cukup dangkal. Karena alasan tersebut kawasan wisata ini sering digunakan untuk snorkeling.

Selain menikmati keindahan laut yang ada, para travellers juga akan disuguhkan dengan nuansa perbukitan yang menawan. Mengingat potensi wisata yang cukup menjanjikan, pihak pengelola sudah membangun perbukitan ini menjadi lebih menarik. Anda bisa mencoba trekking di bukit untuk menikmati keindahan pantai dari ketinggian.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

2. Pantai Sundak Gunung Kidul

Pantai Sundak
Image Credit: Google Maps (Sany Holic)

Pantai Sundak Gunung Kidul merupakan alternatif lainnya jika ingin berwisata seru di pantai. Karena lokasinya yang cukup dari pusat kota, tak heran jika pantai ini menjadi destinasi tepat bagi pengunjung yang kurang menyukai keramaian. Jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya, pantai ini masih tergolong sepi dan membuat pengunjung nyaman ketika berlama lama di sini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

3. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti
Image Credit: Google Maps (Suranto)

Pantai Indrayanti juga dikenal sebagai pantai yang paling populer di Gunung Kidul. Untuk menjangkaunya, Anda akan ditawarkan dengan akses jalan yang mudah untuk dijangkau. Hal inilah yang membuat para wisatawan lebih mudah mencapai lokasi pantai. Setibanya di pantai, Anda akan disuguhi dengan kontur pantai yang cukup landai dengan garis pantai yang panjang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngasem, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

4. Pantai Muncar

Pantai Muncar
Image Credit: Google Maps (Benjamin Kufa)

Pantai yang berada di Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul ini memiliki pasir yang berwarna putih. Hal inilah yang menjadikan alasan kenapa banyak wisatawan lokal maupun mancanegara datang ke lokasi ini. Kontur pantai yang unik menambah keeksotisan pantai yang satu ini. Selain itu, Anda bisa menemukan keunikan lainnya yaitu tebing tebing tinggi yang mengelilingi pantai.

Hal menarik lainnya di pantai ini yaitu ombaknya yang begitu tenang. Karena alasan tersebut, pantai ini sangat aman digunakan untuk berenang maupun sekedar bermain air. Ombak tenang ini memberikan kebebasan bagi para pengunjung untuk melakukan aktivitas di air. Tentu akan semakin berkesan jika dihabiskan bersama dengan orang tercinta atau keluarga.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

5. Pantai Siung Gunung Kidul

Pantai Siung
Image Credit: Google Maps (Felisitas Brillianti)

Pantai Siung ini menjadi salah satu hidden beach yang masih belum banyak dikunjungi bagi para pelancong. Sebab, lokasinya memang cukup jauh dari pusat kota dan sedikit tersembunyi. Namun setibanya di lokasi, Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam menakjubkan yaitu pasir putih yang lembut, bebatuan karang khas, dan ombak yang begitu deras.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

6. Pantai Krakal

Pantai Krakal
Image Credit: Google Maps (Zulfi Faizati Nurunnimah)

Tak kalah menarik dengan pantai sebelumnya, Pantai Krakal juga memiliki ciri khas yang menawan. Pasalnya, pantai ini memiliki pemandangan khas yang melengkung dan memiliki garis panjang yang terbilang cukup panjang. Meskipun begitu bebatuan yang ada di sekita pantai tergolong tidak terlalu tinggi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

7. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran
Image Credit: Google Maps (Real Gusday)

Pantai Ngobaran merupakan salah satu destinasi wisata yang identik dengan pemandangan batu karang. Pesona pantai ini semakin memikat dikarenakan adanya bangunan candi yang eksotis. Tak ayal jika pecinta fotografi sering kali mengunjungi destinasi wisata pantai yang satu ini. Sebab, ada banyak spot foto terbaik untuk diabadikan melalui jepretan kamera.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ngobaran, Ngrenehan, Kanigoro, Kec. Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

8. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo
Image Credit: Google Maps (Manifesto 666)

Satu lagi wisata pantai yang menyajikan berbagai keindahan menawan yaitu Pantai Wediombo. Pantai ini memiliki pesona dari matahari terbenam yang menakjubkan. Oleh sebab itu, waktu yang direkomendasikan untuk menghabiskan waktu di pantai yaitu menjelang sore hari atau sebelum sunset. Sehingga, Anda bisa bermain sekaligus menikmati keindahan sunset.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

9. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang
Image Credit: Google Maps (Rifky Zulfa)

Pantai yang berada di Desa Kemadang, Tanjungsari ini memiliki daya tarik yang jarang ditemukan. Pantai Sepanjang identik dengan pasir pantainya yang lembut dengan warna putih. Hal ini semakin menawan dengan adanya deretan karang karang di sekitar pantai. Selain itu, ada juga pemandangan dari perahu kapal nelayan yang cukup unik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Nglolang, Sanglen, Ngalos, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

10. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan
Image Credit: Google Maps (Wisata Jogja)

Berbeda dengan pantai sebelumnya, ciri khas Pantai Sadranan adalah memiliki pasir berwarna putih membentang sepanjang garis pantai. Untuk menambah kenyamanan pengunjung, pihak pengelola menyediakan gazebo buatan yang dapat menjadi tempat bersantai, berteduh, atau sekedar melepas penat sejenak setelah beraktivitas di sekitar pantai.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pule Gundes II, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

11. Pantai Slili

Pantai Slili
Image Credit: Google Maps (Lukas Setiawan)

Pantai Slili termasuk destinasi wisata dari Gunung Kidul yang banyak dikunjungi oleh para pelancong dari berbagai daerah. Hal ini karena fasilitas dari pihak pengelola cukup baik. Selain itu, Pantai Slili juga disuguhi dengan pemandangan alam yang begitu menawan. Sambil bersantai di sekitar pantai, Anda juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya.

Anda bisa melakukan permainan, piknik, berenang, dan menikmati keindahan alam sekitar. Hal inilah yang membuat fasilitas di Pantai Sili cukup lengkap. Terdapat fasilitas memadai, seperti toilet, mushola, penginapan di sepanjang pantai dan lain sebagainya. Setelah asyik melakukan aktivitas, Anda juga bisa menyantap kuliner lezat seafood yang membuat ketagihan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Krakal, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

12. Pantai Timang

Pantai Timang
Image Credit: Google Maps (Bernard Rouhi)

Bagi Anda yang mencari referensi liburan di pantai yang sedikit berbeda, maka jangan lewatkan Pantai Timang. Pantai ini terbilang unik untuk wisata pantai yang ada di Gunung Kidul. Yang biasanya Anda melihat hamparan pasir dan juga air laut, maka akan berbeda ketika berada di kawasan pantai ini karena akan disuguhi oleh pemandangan batu karang yang indah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Selatan Jawa, Pantai, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

13. Pantai Ngondo

Pantai Ngondo
Image Credit: Google Maps (Peter Chong)

Pemandangan batu karang juga bisa Anda temukan ketika menginjakkan kaki di Pantai Ngondo. Pantai yang unik ini memiliki keindahan alam yang begitu menawan. Di sebut sebut, lokasi ini memiliki batu karang yang berbentuk perahu dan mirip seperti brown canyon yang terletak di pinggir pantai.

Tebing yang cukup menarik ini langsung menghadap ke laut dan menjadi tempat akhir dari ombak yang datang. Keunikan dari pantai ini juga bisa dilihat dari jumlah pengunjung yang datang karena lokasinya yang cukup tersembunyi. Sehingga wisata ini bisa dibilang masih cukup sepi dan suasananya masih tenang serta nyaman.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DIYogyakarta.

14. Pantai Baron

Pantai Baron
Image Credit: Google Maps (Chandra P1)

Pantai Baron menawarkan pemandangan batu karang yang menjulang cukup tinggi jika dilihat dari sekitar pantai. Hal menarik lainnya yang bisa Anda temukan yaitu kapal milik nelayan yang berjajar rapi. Pantai Baron biasanya penuhi oleh wisatawan pada waktu waktu tertentu seperti weekend maupun hari libur.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

15. Pantai Ngetun

Pantai Ngetun
Image Credit: Google Maps (Haruyuki)

Pantai Ngetun menjadi destinasi yang memiliki pemandangan eksotis. Anda bisa melihat pantai ini dengan diapit dua bukit yang tinggi. Untuk menikmati keindahan pemandangan pantai dari atas ketinggian di bukit karang tersebut, maka diperlukan nyali yang cukup besar. Pasalnya kondisi jalan menuju ke pantai cukup terjal, sehingga dibutuhkan kesabaran untuk mencapainya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sureng, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

16. Pantai Ngandong

Pantai Ngandong
Image Credit: Google Maps (LKD)

Selain Pantai Ngetun, pengunjung juga bisa mengunjungi Pantai Ngandong. Tempat wisata yang satu ini memiliki keunikan tersendiri. Sebab, ada banyak kapal kapal bersandar miliki para melayan. Pengunjung juga bisa menyewa perahu nelayan sekitar untuk berputar putar dalam mengelilingi laut yang ada di sekitar Pantai Ngandong.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Selatan Jawa, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

17. Pantai Seruni

Pantai Seruni
Image Credit: Google Maps (Daniel Dicky)

Pantai yang terletak di Desa Tepus ini memiliki pesona yang menakjubkan dibandingkan dengan pantai lainnya. Sebab, Pantai Seruni mempunyai goa yang berpadu langsung dengan pantai. Karena alasan tersebut, banyak pasangan yang menjadikan pantai ini sebagai spot pengambilan foto yang begitu menawan.

Tak hanya itu saja, ada juga spot foto menarik lainnya yaitu berupa tulisan selamat datang di Pantai Seruni. Agar dapat mengabadikan foto dengan baik dan maksimal. Ada baiknya jika Anda berkunjung saat hari biasa atau weekday. Sebab, tempat ini biasanya akan dipadati oleh wisatawan saat hari libur karena lingkungan dan udara masih sangat asri.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pantai, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

18. Pantai Greweng

Pantai Greweng
Image Credit: Google Maps (Dicky Darmawan)

Pantai Greweng menjadi pantai yang cukup menantang di Gunung Kidul karena lokasinya yang sulit dijangkau. Pengunjung harus melewati beberapa trek yang cukup terjal dan harus berjalan kaki karena tidak bisa dilalui oleh kendaraan apa pun. Hal inilah yang membuat Anda harus berhati hati ketika melakukan perjalanan menuju lokasi pantai.

Namun, hal ini akan berbeda jika Anda memiliki jiwa berpetualang dan juga suka trekking. Sepanjang perjalanan Anda harus melalui pematang sawah dan lain sebagainya. Beruntungnya, rasa lelah akan segera terbayarkan begitu sampai di sana. Anda akan merasa seolah olah memiliki pantai pribadi karena wisatawan jarang berkunjung ke sana.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pendowo, Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

19. Pantai Gesing

Pantai Gesing
Image Credit: Google Maps (alextangkeallo official)

Pantai selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan begitu saja yaitu Pantai Gesing. Terletak di Desa Girikarto, pantai ini memiliki ciri khas khusus yaitu pantai yang bersih dengan hiasan deretan perahu nelayan yang unik. Selain itu, Pantai Gesing menarik banyak perhatian bagi para pelancong karena menawarkan banyak spot foto yang bagus.

Ketika berkunjung ke wisata ini, Anda bisa melihat para nelayan yang beraktivitas atau warga sekitar melakukan kegiatan sehari hari. Hal inilah yang membuat Pantai Gesing menjadi idaman bagi para pengunjung. Apalagi perairan air di pantai ini juga menyimpan keindahan tersembunyi, mulai dari pasir pantai, air laut, sampai dengan pemandangan bebatuan karang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bolang, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

20. Pantai Langkap

Pantai Langkap
Image Credit: Google Maps (reza prisma)

Pantai terakhir yang menjadi rekomendasi liburan seru bareng keluarnya yaitu Pantai Langkap. Pantai ini termasuk salah satu hidden beach atau pantai tersembunyi yang ada di Gunung Kidul. Mengingat lokasinya yang cukup tersembunyi, sama pemandangan yang disuguhkan di sana cukup asri. Selain itu, terdapat hamparan pantai dengan batu karang berbentuk unik.

Destinasi yang satu ini sangat pas dikunjungi bagi Anda yang ingin mencari referensi liburan yang menyegarkan. Sebab, masih belum banyak pengunjung yang datang ke wisata pantai ini. Suasana pantai yang lumayan sepi ini disertai deburan ombak lembut. Hal inilah yang akan membuat para pengunjung serasa berlibur ke pantai pribadi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krambil Sawit, Kec. Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Demikian deretan objek wisata pantai yang ada di Gunung Kidul yang menarik untuk Anda jelajahi saat liburan. Terdapat banyak tujuan wisata yang begitu menawan dan cukup asri. Hal ini karena lokasi pantai yang masih tersembunyi dan sulit dijangkau oleh para pengunjung. Namun ada juga beberapa di antaranya yang menyuguhkan pemandangan indah tanpa harus melewati trek yang sulit.

Give a Comment