Pantai masih menjadi tujuan liburan yang mengasyikkan. Berkunjung ke Jogja, Anda bisa menjelajah berbagai wisata pantai eksotis yang terkenal dan mampu membuat liburan Anda menjadi lebih seru dan berkesan.

Jogja memang selalu berhasil menyita perhatian, baik wisatawan dari dalam negeri hingga luar negeri. Potensi wisata yang dimiliki memang akan membuat siapapun terkesima. Salah satunya adalah jajaran wisata pantainya yang akan siap untuk memanjakan mata Anda. Deretan wisata pantai di Jogja dari yang paling terkenal hingga yang masih tersembunyi, bisa Anda intip pada ulasan berikut ini.

1. Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput
Image Credit: Google Maps (RINNAPS)

Pantai Ngrumput bisa Anda jadikan sebagai tujuan wisata bahari ketika Anda singgah di Jogja. Pantai satu ini seringkali dijadikan sebagai tujuan para backpacker untuk mendirikan tenda. Karena suasana yang dihadirkan di pantai ini tidak hanya gulungan ombak dan air laut jernih. Melainkan juga suasana asri lengkap dengan kicau burung yang menenangkan.

Di pantai Ngrumput, Anda bisa menyaksikan ombak yang menembus lubang di tengah batu karang. Tak heran jika pantai ini juga dikenal dengan karang bolong. Di pantai cantik ini Anda juga bisa merasakan lembutnya pasir putih yang menyapa kaki Anda. Jika ingin berpetualang, Anda bisa mendaki Bukit Kosakora untuk menyaksikan keindahan pantai dari ketinggian.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Banjarejo, Tanjungsari, Area Hutan, Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

2. Pantai Timang

Pantai Timang
Image Credit: Google Maps (Bernard Rouhi)

Nama Pantai Timang tidak lagi asing di telinga pecinta bahari, terutama untuk Anda yang gemar menjajal kegiatan menantang adrenalin. Karena Anda akan diajak untuk menaiki kereta gantung yang di antara kedua tebing dan membelah ombak. Begitu Anda tiba, Anda memang akan disuguhkan dengan pemandangan ombak yang menghantam bebatuan karang.

Menyaksikannya, dijamin Anda akan sangat terkesan. Anda bisa menguji nyali dengan menyeberang menuju Pulau Watu Panjang. Kereta gantung ini akan meluncur di atas tali tambak biasa. Karena memang gondola ini dijadikan transportasi nelayan untuk mencari lobster. Anda bisa mendapatkan pengalaman tak terlupakan dengan mencoba aktivitas ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Selatan Jawa, Pantai, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

3. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Image Credit: Google Maps (Farida Rohimawati)

Walaupun sudah begitu kondang, rasanya memang belum lengkap jika menjelajah Pantai tapi tidak ke Parangtritis. Pantai satu ini sangat kental dengan cerita mistis Nyai Roro Kidul. Selain itu, Parangtritis juga terkenal dengan ombak yang ganas. Terlepas dari semua itu, pantai satu ini menyimpan banyak pesona alam dan cocok untuk habiskan liburan.

Anda bisa menjajal berbagai kegiatan menarik ketika singgah di pantai satu ini. Dan di sekitar pantai ini, Anda bisa mengunjungi spot yang sangat naik daun. Bukit Parangndog akan menjadi tujuan yang membuat Anda bisa melihat pemandangan menakjubkan. Bukit ini menjadi landasan pacu olahraga udara. Dan menjadi spot untuk menikmati sunset Parangtritis yang luar biasa.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

4. Pantai Nglambor

Image Credit: Google Maps (rini pratiwi)

Hampir keseluruhan pantai yang ada di Yogyakarta merupakan pesisir selatan Pulau Jawa. Dengan begitu semuanya berhadapan dengan Samudra Hindia, sehingga wajar jika ombaknya besar. Namun, Anda tetap bisa menemukan pantai dengan ombak yang tenang yakni Pantai Nglambor. Hal ini dikarenakan pantai ini memiliki pulau karang yang mirip dua ekor kura kura.

Hadirnya pulau karang inilah yang membuat ombaknya tak terlalu besar. Pantai Nglambor juga lebih dangkal juga tenang. Menginjakkan kaki di pantai ini sebaiknya tidak melewatkan kegiatan snorkeling. Airnya yang jernih, dengan pemandangan bawah laut mengagumkan bisa Anda nikmati. Hanya semua membutuhkan perjuangan yang tak mudah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

5. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti
Image Credit: Google Maps (Suranto)

Nama pantai Indrayanti begitu kondang di kalangan wisatawan, tak heran selalu jadi tujuan habiskan waktu liburan. Pantai satu ini memang memiliki pemandangan yang luar biasa, wajar jika terkenal hingga mancanegara. Anda bisa menikmati bentangan pasir putih dengan air yang jernih. Perbukitan karang di sekitarnya juga turut memperindah Pantai Indrayanti.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngasem, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

6. Pantai Siung

Pantai Siung
Image Credit: Google Maps (Felisitas Brillianti)

Pantai berikutnya yang juga bisa Anda kunjungi adalah Pantai Siung. Pantai satu ini cocok untuk Anda yang ingin berpetualang dengan panjat tebing. Karena pantai ini kaya dengan bebatuan karang yang cocok untuk menantang adrenalin. Air lautnya jernih dengan hamparan pasi putih yang lembut. Pantai Siung seringkali jadi tujuan untuk mendirikan tenda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

7. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran
Image Credit: Google Maps (Real Gusday)

Wisata bahari di Jogja masih belum berakhir, Anda bisa mengunjungi Pantai Ngobaran. Pantai satu ini menawarkan pesona yang mengundang decak kagum, terutama ketika air laut sedang surut. Hamparan ganggang hijau di sela sela batu karang tampak seperti karpet hijau. Tidak ketinggalan berbagai jenis biota laut yang bisa Anda jumpai seperti ikan, bulu babi atau kerang.

Ombak yang dimiliki Pantai Ngobaran termasuk tenang sehingga Anda tetap bisa berenang. Terutama di salah satu cekungan yang ada di pinggir pantai yang mirip kolam alami. Yang membuat pantai ini lebih unik, ada beberapa bangunan peribadatan untuk Hindu, Buddha dan Kejawen. Tak jauh juga ada masjid terbuka yang langsung menghadap ke laut lepas.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ngobaran, Ngrenehan, Kanigoro, Kec. Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

8. Pantai Watulawang

Pantai Watulawang
Image Credit: Google Maps (atika choirunnashoha)

Pantai satu ini terletak di antara Pantai Pok Tunggal dan Pantai Indrayanti. Kendati tidak setenar kedua pengapitnya, namun pesonanya akan membuat kagum. Pantai ini masih terbilang sepi, ketika liburan di sini seakan Anda sedang ada di pantai pribadi. Menawarkan hamparan laut luas lengkap dengan air jernih yang segar.

Pantai ini juga memiliki gua batu yang panoramanya luar biasa jika berhasil mencapai puncak. Di gua batu ini juga ada pintu batu yang membuat nama pantainya menjadi Pantai Watulawang. Menyusuri bibir pantai, Anda akan menemukan cekungan cekungan yang mirip kolam pribadi. Dan tentunya Anda bisa berendam dengan guyuran ombak yang menerpa.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pantai, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

9. Pantai Kukup

Pantai Kukup
Image Credit: Twitter.com @gembel_motret

Pantai Kukup disebut sebut mirip dengan Tanah Lot yang ada di Bali. Karena pada sisi timurnya ada pulau karang kokoh yang dinamakan dengan Pulau Jumino. Pantai satu ini terbilang kondang di Jogja. Begitu datang, Anda akan disuguhkan hamparan pasir luas, membuat siapapun tak sabar untuk berlarian di atasnya.

Selain itu, indera penglihatan Anda juga akan dimanjakan dengan gugusan terumbu karang yang jaraknya sekitar 100 meter dari bibir pantai. Wajar jika pantai ini memiliki ombak yang terbilang tenang. Berbagai kegiatan menarik bisa Anda lakukan, salah satunya menyeberangi ke Pulau Jumino dengan jembatan penghubung. Pemandangan dari pulau ini akan tampak double indah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

10. Pantai Jogan

Pantai Jogan
Image Credit: Google Maps (Njoman Widiada)

Jogja masih memiliki banyak pantai eksotis yang cocok dijadikan lokasi liburan. Seperti Pantai Jogan misalnya, pantai ini tersembunyi di antara perbukitan kapur di Gunung Sewu. Pengunjung akan disihir dengan pemandangan yang langka. Sebab Anda akan menemukan air terjun yang langsung jatuh ke bibir pantai. Sangat cocok untuk Anda yang gemar berpetualang.

Untuk sampai di Pantai Jogan, Anda memang membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki dari Pantai Siung. Menjadikan Pantai Jogan sering terlewat oleh wisatawan, padahal pemandangannya luar biasa. Jika Anda bernyali, Anda juga bisa menjajal canyoning. Tapi harus menggunakan peralatan yang begitu memadai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pantai, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

11. Pantai Nguluran

Pantai Nguluran
Image Credit: Google Maps (Budi Sutrisno)

Pantai Nguluran belakangan menjadi pantai yang begitu hits di kalangan wisatawan. Terutama kawula muda, karena menyimpan banyak spot yang instagramable. Berliburan di Nguluran, Anda akan disuguhkan pemandangan cantik dari atas tebing. Yang membuatnya istimewa, Anda akan menemukan kaca tembus pandang yang menjorok ke laut.

Adanya teras kaca inilah yang berhasil menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Selain menakjubkan, teras ini juga menantang adrenalin. Tak banyak yang berani berdiri di atas teras kaca ini walaupun sudah terjamin aman. Dari spot ini, Anda bisa memandang hamparan laut biru yang cantik. Mengunjungi pantai ini pastikan membawa kamera terbaik Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bolang, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

12. Pantai Watu Nene

Pantai Watu Nene
Image Credit: Google Maps (Nova Ariyanto)

Jika ingin menghempas penat Anda, Pantai Watu Nene akan jadi tujuan yang tepat. Pantai ini diapit oleh tebing kokoh yang membuat banyak wisatawan berdecak kagum. Pantai Watu Nene cocok untuk Anda yang ingin mencari ketenangan. Karena pantai ini memang masih terbilang sepi dan belum banyak dikunjungi, sehingga suasananya masih sangat asri.

Anda akan disuguhkan pemandangan air laut jernih lengkap dengan pasir putih lembut. Mendirikan tenda sembari berburu matahari tenggelam sangat cocok. Hanya saja, untuk sampai di pantai ini Anda harus menempuh perjalanan yang tidak mudah. Perjalanan dimulai dengan menuruni tebing yang cukup curam, sehingga harus selalu berhati hati.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngasem, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

13. Pantai Greweng

Image Credit: Google Maps (Dicky Darmawan)

Bagi Anda yang belum puas berburu pantai di Jogja, Wisata Pantai Greweng bisa jadi pilihan. Terutama bagi Anda yang ingin menikmati wisata pantai yang ombaknya tenang. Hal ini dikarenakan pantai Greweng berada di teluk kecil yang membuat ombaknya tenang. Anda juga akan bertemu dengan kawasan hutan bakau yang membuat suasananya semakin asri.

Pantai Greweng bisa disebut sebagai pantai yang masih perawan. Pemandangan yang ditawarkan akan membuat siapapun terpesona. Di area pantainya, Anda akan menemukan muara sungai kecil yang jernih. Gemericik air sungai ini jika berpadu dengan deburan ombak akan jadi alunan yang menyejukkan. Menuju Pantai Greweng Anda harus mengerahkan semua usaha Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pendowo, Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

14. Pantai Sedahan

Pantai Sedahan
Image Credit: Google Maps (Yoga Pratama)

Memiliki panjang sekitar 100 meter di balik dua tebing, menjadikan Pantai Sedahan memiliki air yang jernih juga tenang. Masih termasuk pantai Perawan, Anda akan dibuat terkagum kagum dengan pantai ini. Ketika air surut, Anda bisa menemukan biota laut secara langsung. Pantai Sedahan juga menjadi tujuan para penyu untuk menyimpan telur mereka.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

15. Pantai Ngrawah

Pantai Ngrawah
Image Credit: Google Maps (Taufik Setyawan)

Siapa yang mengira jika di balik perkebunan penduduk ada pantai yang begitu cantik? Pantai Ngrawah ini memang begitu pantai bersembunyi. Lokasinya memang dibalik perkebunan penduduk, dan Anda akan dibuat takjub dengan pesonanya. Pantai satu ini cocok untuk Anda yang suka berburu sunset, karena sangat luar biasa.

Pantainya sendiri berpasir putih dan terbilang landai. Udaranya malam cukup bersahabat, sehingga cocok jika ingin mendirikan tenda. Beberapa kegiatan menarik juga bisa dilakukan di pantai ini. Yang jelas, Anda tak akan menyesal sudah mengunjungi pantai satu ini. Apalagi dengan latar belakang perkebunan yang membuat pantai ini begitu unik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kanigoro, Kec. Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

16. Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu
Image Credit: Google Maps (Meifi Nandya)

Pesina yang ditawarkan di pantai satu ini berbeda dengan pantai pantai di Jogja lainnya. Lokasinya masih terbilang tersembunyi, cocok bagi Anda yang mencari ketenangan. Medannya memang menantang, tapi sebanding dengan panorama yang dihadirkan. Pantainya berpasir putih dan berada di antara tebing kokoh yang menawan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wiloso, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

17. Pantai Pandansari

Pantai Pandansari
Image Credit: Google Maps (Latifah Nurul Hidayati)

Pantai Pandansari menjadi satu satunya pantai yang memiliki mercusuar yang tinggi menjulang. Mercusuarnya sendiri ada sejak tahun 1997 dan masih berdiri kokoh. Dari atas mercusuar, Anda akan menikmati pemandangan pantai yang menakjubkan. Pantai satu ini berada di Bantul dan akan memberikan pengalaman wisata bahari yang tak terlupakan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wonoroto, Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

18. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo
Image Credit: Google Maps (Manifesto 666)

Bersantai di kolam alami yang terbentuk di antara karang memang luar biasa. Pengalaman inilah yang akan Anda dapatkan ketika mengunjungi Pantai Wediombo. Walaupun terlihat aman, Anda tetap harus berhati hati. Mengingat ombak bisa menghantam dan masuk ke kolam alami yang ada. Tapi Pantai Wediombo sangat direkomendasikan untuk yang suka berpetualang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

19. Pantai Drini

Pantai Drini
Image Credit: Google Maps (Setyo Aji)

Pantai Drini juga menjadi salah satu pantai yang cocok untuk melepas penat. Pantai ini memiliki area pasir putih yang luas. Panorama sekitarnya juga begitu eksotis dan membuat Anda betah berlama lama. Pantai Drini sendiri terkenal dengan pemandangan sunset yang begitu indah. Walaupun sudah populer, pantai ini masih terbilang sepi dan cocok untuk menenangkan diri.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

20. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang
Image Credit: Google Maps (Rifky Zulfa)

Bila ingin nostalgia menikmati Pantai Kuta jaman dulu, maka Anda bisa menjadikan objek wisata pantai ini sebagai tujuan. Pantai Sepanjang memang memiliki garis pantai panjang layaknya namanya. Pasirnya yang berwarna putih dengan ombak yang tidak terlalu besar menjadi daya tariknya. Berbagai kegiatan menarik bisa Anda lakukan saat di Pantai Sepanjang ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Nglolang, Sanglen, Ngalos, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

21. Pantai Sundak

Pantai Sundak
Image Credit: Google Maps (Sany Holic)

Melanjutkan petualangan menjelajah bahari Jogja, Anda bisa menjadikan Pantai Sundak tujuan berikutnya. Pantai satu ini menyimpan berbagai cerita menarik disamping alamnya yang membentang indah. Pantai ini memiliki pasir putih lembut dan air yang begitu jernih. Ada sebuah gua juga yang di dalamnya terdapat sumber air bersih dan dimanfaatkan warga hingga saat ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

22. Pantai Pok Tunggal

Image Credit: Google Maps (Rahman Hilmy Nugroho)

Nama pantai Pok Tunggal memang tidak asing di kalangan pecinta bahari, dan termasuk pantai tersembunyi. Karena perjalanan menuju pantai ini membutuhkan tidaklah mudah. Namun semua lelah akan dibayar lunas akan keindahan pantai ini. Anda bisa berkemah untuk menikmati keindahan pantainya lebih lama.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pok Tunggal, Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

23. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan
Image Credit: Google Maps (Wisata Jogja)

Di deretan pantai di Gunung Kidul, Anda bisa menemukan pantai cantik yang dikenal dengan Pantai Sadranan. Pantai satu ini sangat cocok untuk Anda yang suka berburu foto foto keren. Karena Sadranan memang menyimpan pesona yang luar biasa. Selain bisa menikmati keindahan alamnya, Anda juga bisa snorkeling di pantai cantik satu ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pule Gundes II, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

24. Pantai Kadilangu

Pantai Kadilangu
Image Credit: Google Maps (Ragil)

Pantai Kadilangu termasuk pantai yang unik dan berbeda dari pantai di Jogja pada umumnya. Hal ini dikarenakan pantai Kadilangu memiliki hutan mangrove yang menjadi daya tariknya. Selain bisa bermain air atau bermain pasir putih lembutnya, Anda juga bisa menjelajah hutan mangrovenya. Suasananya yang asri akan membuat Anda betah berlama lama.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasir Kadilango, Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

25. Pantai Krakal

Pantai Krakal
Image Credit: Google Maps (Zulfi Faizati Nurunnimah)

Pantai Krakal termasuk pantai yang bagus di Jogja dan wajib Anda jadikan tujuan liburan. Pantai satu ini sebenarnya sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan. Hempasan ombak dan pasir putih yang berpadu memang memanjakan setiap mata. Selain menawarkan panorama yang eksotis, Anda juga bisa surfing di pantai Krakal ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Ada banyak wisata pantai hits di Jogja yang siap untuk Anda jadikan lokasi liburan. Dari pantai yang begitu kondang hingga pantai yang masih tersembunyi keberadaannya bisa Anda temukan. Setiap pantai juga memiliki ciri khas tersendiri yang akan memikat pengunjungnya. Jadi sudah siap menjelajah pantai terindah di Jogja?

Give a Comment