Salah satu daya tarik Kulon Progo, Jogja adalah pesona alam berupa deretan pantai yang indah terbentang di sepanjang pantai selatan. Inilah rekomendasi wisata pantai hits di Kulon Progo yang memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing.

Kulon Progo dikenal dengan tempat wisata Kalibiru meskipun banyak sekali jenis destinasi wisata yang dapat dijumpai di sini, salah satunya pantai. Sebagian besar pantai di Kulon Progo masih jarang dijamah oleh para wisatawan, sehingga kondisinya masih terjaga dengan baik dan suasananya cenderung lebih tenang. Berikut beberapa wisata pantai populer di Kulon Progo yang bisa Anda kunjungi.

1. Pantai Torohudan

Pantai Torohudan
Image Credit: Google Maps (sri handayani Uniba)

Pantai ini termasuk pantai yang tersembunyi dan tidak dibuka untuk tempat wisata. Pantai Torohudan berada di sebelah timur Pantai Ngrenehan Gunung Kidul yang cukup sempit dan diapit oleh dua tebing di kedua sisinya. Selain tidak dibuka untuk tempat wisata, pantai ini juga tidak berpenghuni, namun sering dijadikan sebagai tempat camping atau berkemah.

Biasanya, para pecinta alam juga melakukan penjelajahan pantai di sini. Karena kondisinya yang masih sangat alami dan tidak terjamah oleh manusia, Anda bisa menjumpai ragam jenis biota laut, seperti terumbu karang, ikan kecil, dan rumput laut. Salah satu daya tarik tersendiri dari Pantai Torohudan adalah rute yang harus ditempuh untuk menuju lokasi.

Di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan dengan panorama alam yang luar biasa indah, berpadu dengan pasir putih yang lembut dan debur ombak yang tenang ketika Anda tiba di pantai ini. Saat menuju ke sini, Anda harus berhati-hati karena akses yang tersedia masih sepi dan dalam tahap pengembangan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kanigoro, Kec. Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

2. Pantai Pasir Kadilangu

Pantai Pasir Kadilangu
Image Credit: Google Maps (Ragil)

Meskipun namanya pantai pasir, namun Anda tidak akan menjumpai pasir di pantai ini. Berbeda dengan kebanyakan penampakan pantai dengan hamparan pasir putih atau pasir hitamnya, di sini Anda disuguhkan dengan hamparan hutan mangrove yang menarik untuk dijelajahi. Pantai Pasir Kadilangu menyediakan beragam fasilitas yang bisa Anda gunakan untuk mengelilingi pantai.

Salah satu daya tarik yang disuguhkan oleh pantai yang terkenal ini adalah adanya bermacam-macam bangunan unik yang terbuat dari bambu. Ada yang berbentuk jembatan, menara Eiffel, hingga spot foto berbentuk hati yang banyak menyita perhatian wisatawan.

Bangunan dari bambu ini memang sengaja dibuat untuk menarik minat para wisatawan, terutama generasi milenial yang lebih suka dengan tempat wisata yang menyediakan spot foto unik. Oleh sebab itu, Pantai Pasir Kadilangu melakukan penyesuaian dengan menghadirkan bangunan dari bambu sebagai spot foto yang unik dan hanya bisa dijumpai di pantai ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasir Kadilango, Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

3. Pantai Trisik

Pantai Trisik
Image Credit: Twitter.com @narulity

Wisata pantai yang tidak boleh untuk Anda lewatkan adalah Pantai Trisik. Anda bisa dengan mudah mengakses pantai ini karena keberadaannya sudah dikenal luas oleh para wisatawan. Di sini, Anda akan disuguhi dengan pemandangan khas pantai dengan kampung nelayan yang ada di sekitar pantai.

Di bagian tepi pantai banyak tumbuh pohon cemara udang yang berfungsi untuk mencegah terjadinya abrasi. Selain itu, kehadiran pohon ini juga menambah indah pemandangan Pantai Trisik. Pantai ini masih tergolong pantai baru, tapi Anda akan merasakan fasilitas yang cukup lengkap, sehingga membuat Anda betah untuk berlama-lama di sini.

Tidak hanya sebagai objek wisata, Pantai Trisik ini juga dinobatkan sebagai tempat penangkaran penyu. Anda tidak perlu heran jika menjumpai banyak anakan penyu di tepi pantai. Oleh karena itu, Anda harus tetap berhati-hati dan menjaga ekosistem penyu tersebut.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Banaran, Galur, Area Pantai, Karangsewu, Kec. Galur, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

4. Pantai Mlarangan Asri

Pantai Mlarangan Asri
Image Credit: Google Maps (Ismi Setya)

Pantai Mlarangan Asri termasuk ke dalam salah satu pantai yang masih baru di Kulon Progo, sehingga belum banyak orang yang mengetahui keberadaan pantai ini. Pantai ini terletak di sebelah timur Pantai Glagah dan di sebelah barat Pantai Bugel. Karena masih jarang diketahui oleh wisatawan, suasananya cenderung sepi dan tenang.

Selain sepi dan nyaman, pantai ini juga sangat bersih dari adanya sampah-sampah plastik yang biasa dijumpai di pantai yang sudah dikenal wisatawan. Di sini, Anda bisa menikmati indahnya pantai sembari melepas penat dan me-refresh ulang pikiran. Namun, Anda tidak disarankan untuk berenang karena ombak di Pantai Mlarangan Sari cukup tinggi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pangeran Diponegoro, Dusun I, Pleret, Kec. Panjatan, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

5. Pantai Congot

Pantai Congot
Image Credit: Google Maps (Partho Djojodihardjo)

Selain Pantai Pasir Kadilangu, di pantai ini Anda juga akan menjumpai hijaunya hamparan hutan mangrove yang bisa Anda jelajahi. Pasir di pantai ini juga berwarna hitam, berbeda dengan kebanyakan pasir pantai di Indonesia yang berwarna putih. Salah satu hal yang menarik dari pantai ini adalah menjadi pelabuhan bagi kapal-kapal nelayan setelah melaut.

Anda bisa langsung membeli ikan segar yang dibawa oleh nelayan. Di sini juga tersedia banyak warung atau rumah makan yang menyajikan hidangan dari olahan hewan laut yang bisa Anda nikmati secara langsung. Selain menikmati keindahan pantai dan menikmati masakan khas pantai, Anda juga bisa membeli souvenir yang dibuat oleh warga setempat.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Loasi
Alamat: Dusun Pasir Mendit, Kec. Jetis, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

6.  Pantai Glagah

Pantai Glagah
Image Credit: Google Maps (Rj Sadmoko)

Pantai Glagah menjadi salah satu destinasi wisata di Kulon Progo yang hits dan populer di kalangan para pelancong. Salah satu keindahan yang tidak bisa lepas dari pantai ini adalah keberadaan laguna di sepanjang pantai yang dimanfaatkan untuk kegiatan air, seperti bermain sampan kecil atau perahu kayuh.

Sebagai salah satu pantai kebanggaan Kulon Progo, Pantai Glagah selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah dan dari segala usia. Jika Anda ingin menikmati pantai dalam keadaan tenang, Anda bisa berkunjung saat jam kerja di hari aktif. Sebab, saat weekend tiba, wisatawan yang berkunjung di sini sangat membludak untuk menikmati akhir pekan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Glagah, Glagah, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

7. Pantai Bugel

Pantai Bugel
Image Credit: Google Maps (Ranti Safi’ah)

Wisata pantai selanjutnya yang bisa Anda kunjungi di Kulon Progo adalah Pantai Bugel. Pemandangan yang disajikan oleh pantai ini sungguh mempesona dan memanjakan mata. Tidak hanya itu, Anda akan dibuat betah berlama-lama karena udara yang segar dan suasana kampung yang menyejukkan. Di sepanjang pantai, Anda bisa menjumpai banyak pohon cemara udang.

Selain berfungsi untuk memperindah tampilan pantai, pohon cemara udang ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya abrasi pantai. Di sini, Anda bisa melakukan wisata kuliner di tempat makan atau warung yang berada di sisi pantai. Banyak ragam hidangan yang terbuat dari hasil laut. Beberapa oleh-oleh khas Pantai Bugel juga dapat Anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gumuk Waru, Bugel, Kec. Panjatan, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

8. Pantai Imorenggo

Pantai Imorenggo
Image Credit: Google Maps (Sumarni Nasa)

Pantai Imorenggo menjadi salah satu pantai berpasir hitam yang bisa Anda temukan di Kulon Progo. Pantai ini masih dalam masa pengembangan agar dapat menarik minat para wisatawan, baik lokal maupun asing. Pantai yang terletak di Desa Karangsewu ini memiliki daya tarik yang bisa membuat Anda betah berlama-lama di sini.

Tidak hanya pemandangan yang indah dengan hamparan pasir yang luas, berbagai jenis kebudayaan yang ada di sekitar pantai juga masih dilestarikan dengan baik. Pantai yang terletak di sebelah barat Pantai Trisik ini memiliki potensi ikan yang bagus, sehingga cocok untuk dijadikan lokasi memancing bagi Anda yang memiliki hobi memancing.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Area Pantai, Karangsewu, Kec. Galur, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

9. Pantai Bidara

Pantai Bidara
Image Credit: Google Maps (Kaleng Konguan Isi Rengginan)

Pantai Bidara merupakan pantai baru yang dibuka dengan konsep budaya kemaritiman. Konsep ini mengusung Pantai Bidara sebagai wisata edukasi dalam pembuatan garam. Meskipun usianya masih baru, pembangunan dan pengembangan pantai ini dilakukan dengan serius untuk dapat menggaet para wisatawan dengan menyuguhkan pemandangan dan lingkungan yang bersih.

Sebagai salah satu pantai yang berada di jalur pantai selatan, Pantai Bidara ditumbuhkan dengan ciri khasnya sendiri, yaitu menjadi pusat budaya maritim dan pembuatan garam. Dengan ciri khas yang berbeda-beda, maka para wisatawan bisa menentukan sendiri pantai mana yang harus dituju sesuai dengan ketertarikan.

Pantai Bidara memiliki banyak sejarah dan nilai-nilai edukasi yang bisa dikembangkan dengan baik. Terlebih, di sini terdapat petani garam yang dapat diangkat menjadi daya tarik tersendiri. Pengembangan pantai ini memiliki tujuan untuk menjadikan Pantai Bidara sebagai objek wisata terpadu yang berkolaborasi dengan unsur lain, seperti perikanan atau pertanian.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Bugel, Gumuk Waru, Bugel, Kec. Panjatan, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

10. Pantai Pleret 3

Pantai Pleret 3
Image Credit: Google Maps (ELKA FEBIAN)

Pantai ini masuk sebagai salah satu daftar pantai tersembunyi yang ada di Kulon Progo. Pantai yang terletak di Kecamatan Panjatan ini belum diketahui oleh banyak orang, sehingga kondisinya masih alami dan asri terjaga. Selain menyuguhkan keindahan pasir hitam yang berbeda dengan pasir pantai pada umumnya, Pantai Pleret 3 juga memiliki ombak yang tidak terlalu besar.

Anda bisa menikmati keindahan matahari terbenam dalam suasana yang tenang. Pantai Pleter 3 bisa menjadi salah satu alternatif pilihan untuk destinasi wisata pantai yang masih jarang dijamah orang dan memiliki keindahan yang masih asri. Udara di pantai ini juga sangat sejuk dan menyegarkan, sehingga sangat cocok sebagai tempat melepas penat dan menikmati keindahan alam.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pangeran Diponegoro, Kec. Panjatan, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Pesona Kulon Progo memang selalu memikat hati, khususnya wisata pantai yang bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata untuk mengisi waktu libur. Deretan pantai yang berada di pantai selatan dapat menjadi pilihan wisata sesuai dengan ketertarikan Anda. Sebab, pantai-pantai ini memiliki daya tarik dan fokus pengembangan yang berbeda-beda.

Give a Comment