Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Berada di Kabupaten Sleman, yakni di depan Museum Merapi, Anda pun akan menemukan Merapi Park. Taman satu ini memiliki konsep yang mengusung miniatur landmark dari berbagai macam ikon dunia. Jika Anda tidak memiliki waktu luang untuk berjalan-jalan di luar negeri, mengunjungi taman unik ini adalah salah satu alternatif yang bisa Anda coba untuk menikmati pemandangan yang apik dan menawarkan berbagai spot untuk berfoto.

Sekilas Tentang Merapi Park Jogja

Sekilas Merapi Park Jogja
Image Credit: Google Maps (Dick Indra)

The World of Landmarks atau yang juga dikenal dengan Merapi Park ini merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki banyak replika atau miniatur mini tentang berbagai ikon terkenal yang ada di seluruh dunia. Sehingga berada disini, Anda pun akan seakan akan sedang mengelilingi dunia.

Bagaimana tidak, disini Anda bisa menemukan Patung Liberty, Menara Pisa, Menara Eiffel hingga Big Ben dan juga Telepon umum yang biasanya ada di London. Kemudian, miniatur yang indah tersebut dikelilingi oleh taman bunga yang berwarna warni. Tentunya hal ini akan membuat wisata satu ini semakin diminati oleh wisatawan yang datang.

Bagi Anda yang memiliki hobi berfoto, berkunjung kesini adalah hal yang pasti akan sangat Anda sukai. Bagaimana tidak, setiap sudut yang ada akan memiliki kesan yang sangat indah. Dan Anda pun akan bisa menambah koleksi foto yang Anda miliki ketika berada di lokasi satu ini.

Dengan adanya taman bunga yang ditata sangat apik dan memiliki warna yang beragam, akan menjadi salah satu latar belakang foto yang bagus. Kombinasi warna yang menarik tersebut akan membuat siapa saja menjadi ingin untuk berlama lama mengabadikan momen di lokasi satu ini.

Daya Tarik Wisata Merapi Park

Daya Tarik Merapi Park
Image Credit: Instagram.com @kharafirafi

1. Memiliki Miniatur dari Berbagai Ikon yang Ada di Dunia

Salah satu daya tarik yang membuat pengunjung ingin berwisata ke destinasi satu ini adalah adanya miniatur yang bisa Anda temui di Merapi Park. Disini, terdapat 9 miniatur ikonik yang terkenal dari berbagai kota yang ada di belahan dunia. Tentunya miniatur landmarks tersebut akan menjadi foto yang menarik.

Memasuki destinasi wisata satu ini, Anda pun akan disambut dengan Brandenburg Gate yang berasal dari Jerman. Pilar raksasa ini akan mengawali perjalanan Anda untuk menjelajahi dunia tanpa perlu menggunakan pesawat terbang. Selanjutnya, Anda pun bisa memasuki area taman yang sangat luas.

Disini, pepohonan yang berjejer dengan rapi akan menjadi pagar dari taman bunga satu ini. dengan adanya taman bunga tematik tersebut, akan menjadi salah satu tempat wisata yang pas untuk Anda jadikan background untuk berfoto. Kemudian, Anda pun akan menemukan Kincir Angin yang khas dari Belanda pada sisi kiri.

Selanjutnya, jika Anda menengok ke kanan Anda pun akan menemukan menara miring Pisa yang ada di Italia. Ketika Anda berada di depan kincir angin, Anda pun akan mendapati banyak bunga tulip yang ditanam pada area tersebut. Tentunya akan membuat Anda seolah olah sedang berada di Belanda.

Perjalanan akan dilanjutkan dengan mengunjungi Menara Eiffel yang ada di Perancis dan juga menjadi spot yang sangat popular di Merapi Park. Apabila Anda tidak ingin berfoto karena ramai, Anda pun bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Menara Big Ben London yang tepat berada di depan Menara Eiffel.

Kemudian, jika Anda melangkahkan kaki ke depan, Anda akan menemukan Patung Liberty. Di sisi lain Anda juga bisa berfoto dengan telepon box berwarna merah khas London lengkap dengan post bx juga bisa Anda temukan di tempat tersebut. Lalu Anda pun akan diajak berjalan jalan ke Burj Al Arab Dubai dan juga Temple of Heaven yang ada di Beijing.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Merapi Park

Alamat Merapi Park
Image Credit: Facebook.com @kevin.andreano.58

Lokasi wisata satu ini berada di Jalan Kaliurang km 22, tepatnya berada di Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman. Akses menuju ke lokasi satu ini pun terbilang cukup bagus. Pasalnya lokasi menuju wisata satu ini memang telah didukung dengan akses yang sangat bagus.

Sehingga Anda pun akan lebih mudah untuk bisa sampai tempat wisata satu ini dengan mudah. Untuk rutenya sendir, Anda bisa jalan dari pusat kota Yogyakarta ke Wisata Merapi Park. Jarak yang Anda tempuh tidak terlalu jauh, karena hanya sekitar 22.6 kilometer saja. sehingga Anda bisa menempuhnya hanya dalam waktu satu jam saja.

Rutenya, Anda bisa berangkat dari pusat kota Jogja, kemudian Anda bisa melewati Jalan Abu Bakar Ali. Selanjutnya, Anda bisa melewati Jalan cik Di tiro hingga sampai ke Bundaran UGM. Lalu, Anda pun bisa mengambil rute ke arah barat hingga sampai ke perempatan. Barulah Anda jalan ke arah utara hingga ke Jalan Persatuan sampai melewati Jalan Kaliurang.

Sesampainya di pertigaan, Anda jalan ke arah barat dan lurus hingga bertemu perempatan menuju ke Jalan Boyong. Setelah Anda menemukan jalan Museum Gunung Merap, Anda bisa mengikuti jalan tersebut hingga sampai ke Merapi Park. Apabila Anda masih bingung, maka aplikasi Google Maps akan sangat membantu.

Harga Tiket dan Jam Operasional Merapi Park

Harga Tiket Merapi Park
Image Credit: Facebook.com @sindi.rahmani.3

Apabila Anda ingin mengunjungi destinasi wisata satu ini, maka Anda bisa datang dari hari Senin sampai Minggu. Namun, untuk waktunya sendiri, wisata ini akan buka dari jam 9 pagi hingga jam 4.30 sore saat hari Senin – Jumat. Sedangkan untuk akhir pekan, Merapi Park buka mulai dari jam 8. 30 pagi hingga 5 sore.

Sedangkan untuk tiket masuk menuju kawasan wisata ini adalah tidak terlalu mahal. Anda pun nantinya akan dipungut biaya yang relatif murah dan tidak menguras kantong. Untuk perorang, Anda hanya akan dikenakan biaya yakni sekitar 20 ribu rupiah. Biaya tersebut dibayarkan ketika Anda memasuki area The World Landmarks.

Apabila Anda mengajak si kecil dan ingin memasuki kawasan Kids Waterpark, maka Anda pun akan dipungut biaya tambahan yakni sekitar 10 ribu rupiah. Untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi, maka akan dikenakan biaya parkir yang tidak mahal. Kendaraan mobil akan dikenakan biaya yakni sekitar 5 ribu rupiah dan untuk sepeda motor yakni 2 ribu rupiah.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Merapi Park

Aktivitas di Merapi Park
Image Credit: Google Maps (The World Landmarks-Merapi Park Yogyakarta)

1. Berenang

Jika Anda membawa si kecil dan ingin berenang, maka di Merapi Park Anda bisa sekaligus melakukannya. Hal ini dikarenakan wisata yang memiliki area cukup luas ini juga memiliki fasilitas berupa waterpark yang akan membuat Anda betah untuk berada di wisata satu ini. disini, Anda pun bisa mengajak si kecil untuk berenang dan bermain air.

Sebab, kolam renang ini bukanlah sekedar kolam biasa. Melainkan, terdapat pula wahana bermain air lain yang akan membuat si kecil menjadi betah. Saat berada disini, Anda pun akan bisa merasakan serunya wahana ember tumpah. Kurang puas? Anda bisa mencoba wahana perosotan bersama dengan si kecil.

Kolam air ini pun memang sengaja di desain dengan ketinggian sekitar 30 saja. Sehingga sangat cocok bagi anak anak yang ingin bermain di wahana satu ini. dengan begitu, anak anak pun akan lebih senang untuk menghabiskan waktu bermain di kolam renang sembari bermain berbagai wahana yang ada.

2. Menunggang Kuda

Selanjutnya, Anda juga bisa mencoba permainan lain yang cocok bagi si kecil. Diantaranya adalah area untuk menunggang kuda. Dengan adanya wahana satu ini akan membuat anak menjadi lebih betah untuk berlama lama dan menghabiskan waktu d tepat satu ini. biasanya area tunggang kuda akan menjadi pilihan bagi si kecil.

Hal ini dikarenakan dengan menunggang kuda, anak akan bisa merasakan secara langsung menaiki wahana dan menunggangi kuda. Mereka pun juga bisa secara langsung melakukan interaksi sehingga akan membuatnya menjadi lebih dekat dengan kuda. Beberapa kuda yang ada di lokasi satu ini memang bisa langsung untuk ditunggangi dan mendapatkan pengawasan langsung dari pawangnya.

Aktivitas Seru di Merapi Park
Image Credit: Twitter.com @JogjaEcom

3. Mencoba Jemparingan

Wahana lain yang bisa Anda coba ketika berada di Merapi Park adalah jemparingan. Disini, Anda pun akan merasakan serunya bermain panahan. Namun, berbeda dengan panahan pada umumnya, disini Anda akan memainkan panahan yang merupakan tradisi kuno dari masyarakat Jogja.

Perbedaan dengan panahan yang biasa Anda ketahui adalah pada jemparingan, Anda akan duduk bersila. Sehingga jika Anda ingin mencoba sesuatu yang baru, maka wisata satu ini dapat Anda nikmati. Namun, Anda hanya bisa memainkan permainan ini hanya pada weekend saja dan diharuskan untuk membayar tiket tambahan.

4. Menjelajah Merapi Park

Di wisata satu ini, Anda pun bisa menjelajah berbagai landmark yang ada di dunia. Selain itu, destinasi wisata yang ada di Jogja ini memang menjadi favorit bagi sebagian orang lantaran memiliki banyak spot yang instagramable. tidak hanya itu saja, ketika Anda berada disini, Anda pun akan merasakan sensasi berjalan jalan langsung di ikon ikon terkenal yang ada di dunia.

Pastinya, ketika Anda berada disini pun berfoto akan menjadi kegiatan wajib yang bisa Anda lakukan. Sebaiknya Anda datang kesini ketika sore hari lantaran sina matahari tidak terik teriknya. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin hunting foto, maka bisa langsung datang ke Merapi Park yang ada di Sleman, Jogja.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Merapi Park Jogja

Fasilitas di Merapi Park Jogja
Image Credit: Facebook.com @Merapipark

Dalam Kawasan Merapi Park, Anda akan mendapatkan fasilitas yang mampu menunjang liburan Anda. Mulai dari area parkirnya yang sangat luas sehingga Anda lebih leluasa dalam memarkir kendaraan pribadi yang dibawa. Selain itu, tersedia pula minimarket, cafetaria dan restoran yang akan membuat perut Anda kenyang.

Jika Anda ingin beribadah, kawasan wisata satu ini pun juga menyediakan mushola. Dengan begitu, Anda tidak perlu meninggalkan area ini untuk beribadah. Selanjutnya, ada juga toilet dan juga gazebo gazebo yang bisa digunakan sebagai tempat untuk berteduh dan beristirahat. Pastinya akan membuat Anda betah.

Itulah beberapa destinasi wisata menarik yang bisa kunjungi ketika berada di Jogja. Jogja memang dikenal memiliki wisata yang beragam. salah satunya adalah Merapi Park yang memiliki konsep unik dan akan membuat Anda betah untuk berlama lama berada di sini lantaran banyaknya wahana yang bisa untuk Anda jelajahi.

Give a Comment